Apel

Buah Apel

Pengertian Buah Apel

Buah apel merupakan buah yang berwarna merah jika sudah matang, tetapi ada juga yang berwarna hijau dan kuning. Kulit luar dari buah ini lembek dan dagingnya keras.

Apel Adalah

Buah Apel

Apel adalah jenis buah buahan yang memiliki rasa dan tekstur buah yang unik. Rasanya yang manis dan manfaat serta khasiat buah apel ini menjadikan banyak orang gemar mengkonsumsi buah ini.

Buah ini merupakan buah yang banyak dan sering dikonsumsi oleh orang orang di dunia. Buah yang memiliki rasa yang segar ini banyak mengandung vitamin B dan vitamin C yang bagus untuk dimakan dan menjadi primadona.

Sejarah Apel

Apel merupakan buah yang pertama kali ditanam di Asia Tengah, kemudian berkembang luas di wilayah yang dingin.

Kata apel diambil dari bahasa inggris yaitu aeppel, buah ini sudah ada sejak jaman besi sampai dibudidayakan di jasirah Mesir.

Tanaman apel ini ditemukan hidup secara liar di hutan sekitar pegunungan Asia Tengah, Kazakhstan, Kirgiztan, Tajikistan, Xinjiang dan Cina.

Bisa jadi pohon apel ini sebagai tanaman pertanian yang pertama kali dan buahnya mengalami penyempurnaan melalui proses seleksi selama ribuan tahun.

Buah apel ini memiliki nama ilmiah yaitu Malus domestica yang menurut sejarah adalah keturunan dari Malus sieversii dan sebagian genom dari Malus sylvetris atau apel hutan/apel liar yang ditemukan hidup secara liar di pegunungan Asia Tengah.

Pada sekitar tahun 1930 an tanaman buah apel mulai masuk di Indonesia dan dibawa oleh Belanda dari Australia yang kemudian ditanam di daerah Nongkojajar (Kabupaten Pasuruan).

Bagian Perkebunan Rakyat yang sekarang bernama Lembaga Penelitian Holtikultura mendatangkan beberapa jenis buah apel dari luar negeri yaitu termasuk Rome Beauty dan Princess Noble pada tahun 1953.

Sejak tahun 1960 tanaman buah apel sudah banyak ditemukan di daerah Batu sebagai pengganti tanaman jeruk yang waktu itu mati terserag penyakit.

Sejak saat itu tanaman buah apel menjadi terus berkembang sampai Sekarang di dataran tinggi Kota Batu, Poncokusumo (Malang) dan Nongkojajar (Pasuruan). Masa kejayaannya yaitu pada tahun 1970.

Pada zaman sekarang ini buah apel suda tersebar di seluruh daerah yang ada di Indonesua. Banyak orang yang menyukai buah dengan warna merah ini dan harganya pun relative terjangkau.

Ketersediaan buah apel yang melimpah dan tidak tergantung dengan musim membuat masyarakat dapat mengkonsumsi buah apel setiap saat.

Selain itu dengan adanya globalisasi perdagangan atau pasar global menyebabkan kita yang berada di Indonesia dapat merasakan atau mengkonsumsi apel dari Amerika, Australis, Cina ataupun Taiwan.

Adapun apel lokak yang berasal dari Malang dapat kita konsumsi juga.

Pohon Apel

Pohon apel yaitu pohon yang menghasilkan buah apel. Tujuan dari penanaman pohon apel ini pastinya untuk menghasilkan apel yang lebat.

Pohon Apel
Pohon

Pohon Apel Hijau

Pohon buah apel ini memiliki berbagai jenis salah satunya yaitu pohon apel hijau. Apel hijau adalah apel yang memiliki warna kulit berwarna hijau serta memiliki rasa yang asam.

Apel jenis ini mengandung vitamin A dan vitamin C polofenol. Kandungan di dalam apel hijau berfungsi sebagai antioksidan yang berperan dalam pencegahan kerusakan tulang dan dapat mengurangi radang sendi.

Selain vitamin A dan C polofenol ternyata apel hijau memiliki kandungan mineral yang banyak seperti magnesium, fosfor dan kalsium yang berperan sebagai nutrisi sendi dan tulang.

Jadi bagi penderita sendi ataupun gejala radang sendi dapat mengkonsumsi apel hijau secara rutin.

Baca Juga : Cuka Apel

Klasifikasi Apel

Buah ini merupakan buah yang sangat popular di dunia. Tanaman ini memiliki beberapa warna yaitu dari warna hijau sampai merah. Berikut ini merupakan klasifikasi dari buah apel:

Kingdom                 : Plantae atau Tumbuhan

Sub kingdom        : Tracheobionta atau Tumbuhan Berpembuluh

Super divisi            : Spermatophyta atau Tanaman Berbiji

Divisi                        : Magnoliophyta atau Tumbuhan Berbunga

Kelas                        : Magnoliopsida atau Tumbuhan Dikotil

Sub kelas                : Rosidae

Ordo                        : Rosales

Famili                       : Rosaceae

Genus                     : Malus Mill

Spesies                   : Malus Sylvestris Mill

Nama Latin Apel

Pohon apel adalah pohon yang kecil serta berdaun gugur. Pohon ini mencapai ketingggian antara 3 meter sampai 12 meter.

Bunga apel mekar pada musim semi, bersamaan dengan panjangnya dan  perkecambahan daun, bunganya berwarna putih dengan perpaduan kulit berwarna merah jambu yang berangsung pudar.

Pertama kali orang menanam pohon apel di Asia Tengah. Buah apel memiliki nama latin yaitu Malus dosmetica dan Malus sylvestris.

Namun sekarang tanaman apel  banyak di tanam di berbagai tempat yang ada di dunia. Apel di budidayakan dari keturunan Mulus several yang berasal dari Asia Tengah dengan sebagian genom Mulus sylvestris atau apel hutan/apel liar.

Buah Apel

Buah apel merupakan tanaman dikotil dengan buah yang tumbuh tahunan yang berasal dari daerah Asia Barat beriklim subtropics.

Buah Apel Masak
Buah Masak

Buah ini sangat segar saat dimakan secara langsung, tetapi saat ini buah apel sudah dikembangkan menjadi berbagai macam olahan seperti sirup apel, dodol apel, kripik apel dan lain sebagainya.

Ciri-Ciri Buah Apel

Siapa sih yang tidak tahu buah yang satu ini. Buah yang banyak disukai oleh orang ini memiliki banyak manfaat. Buah ini dapat Anda dapatkan di pasar ataupun minimarket di daerah Anda.

Adapun ciri-ciri dari buah ini yaitu sebagai berikut:

  1. Bentuknya bulat sedikit lonjong
  2. Kulitnya berwarna hijau sampai merah mengkilap
  3. Kulitnya tipis namun agak kasar
  4. Daging buahnya berwarna krem
  5. Rasanya manis dan ada yang agak asam serta berair tergantung jenis apelnya
  6. Terdapat sedikit biji di dalamnya
  7. Mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6 dan Vitamin C

Deskripsi Buah Apel

Pohon apel merupakan pohon yang kecil dan berdaun gugur dengan ketinggian pohon antara 3 meter sampai 12 meter serta tajuk yang lebar dan biasanya sangat beranting.

Daun dari pohon apel ini berbentuk lonjong dengan Panjang sekitar 5 – 12 cm dan berdiameter sekitar 3 – 6 cm.

Bunga apel mekar pada musim semi, bersamaan dengan panjangnya dan perkecambahan daun dan bunganya berwarna putih dengan perpaduan kulit berwarna merah jambu yang berangsung pudar.

Kelopak yang terdapat pada bunga ini ada lima kelopak dengan diameter mencapai 2,5 sampai 3,5 cm.

Biasanya buah apel masak pada musim gugur dan berdiameter 5 sampai 9 cm dengan inti buah memiliki lima gynoecium yang tersusun menyerupai bintang. Masing masing dari gynoecium berisi satu sampai tiga biji.

Buah apel memiliki nama latin  Malus dosmetica dan Malus sylvestris.

Selain nama latin apel juga memiliki klasifikasi yaitu kingdom (Plantae atau Tumbuhan), sub kingdom (Tracheobionta atau Tumbuhan Berpembuluh), super divisi (Spermatophyta atau Tanaman Berbiji), divisi (Magnoliophyta atau Tumbuhan Berbunga), kelas (Magnoliopsida atau Tumbuhan Dikotil), sub kelas (Rosidae), ordo (Rosales), family (Rosaceae), genus (Malus Mill), spesies (Malus Sylvestris Mill).

Buah yang satu ini merupakan salah satu buah yang banyak digemari oleh masyarakat di seluruh dunia. Dengan rasa yang segar, manis dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Mengandung berbagai vitamin yaitu A, B1, B2, B3, B5, B6 dan Vitamin C.

Selain itu buah apel memiliki ciri ciri :

  1. Bentuk yang bulat sedikit lonjong,
  2. Warna kulit hijau sampai merah mengkilap,
  3. Kulitnya tipis agak kasar,
  4. Daging buahnya berwarna krem atau putih tetapi jika dibiarkan lama akan berubah menjadi coklat, serta
  5. Rasanya manis dan ada juga yang asam tergantung dari jenis apelnya.

Di Indonesia tanaman buah apel masuk sekitar tahun 1930 an dan sampai saat ini. Apel dapat tumbuh dan berbuah dengan baik di daerah dataran tinggi.

Perbanyak tanaman apel lebih baik dilakukan secara vegetative dibandingkan dengan cara generative.

Karena perbanyak tanaman apel dengan cara generative akan memakan waktu yang lama dan sering menghasilkan bibit yang menyimpang dari induknya.

Kandungan Buah Apel

Berbagai kandungan yang ada di dalam buah apel menjadi buah ini memiliki cukup banyak manfaat selain untuk buah tetapi juga untuk obat.

Jadi tidak heran jika banyak orang yang menyukai buah yang satu ini. Buah apel memiliki kandungan unsur dan zat yang sangat diperlukan bagi tubuh untuk membantu menjaga diri, kesehatan dan sebagai pencegahan dari berbagai serangan penyakit.

Berikut beberapa kandungan buah apel.

  1. Mengandung mineral terdiri dari kalsium, magnesium, potassium, zat besi dan zinc
  2. Mengandung fitokimia yaitu zat antioksidan sebagai penangkal radika bebas
  3. Mengandung serat yang baik, cocok untuk yang sedang diet karena dapat mengikat lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh
  4. Mengandung tannin sebagai pembersih dan penyegar mulut
  5. Mengandung baron untuk mempertahankan jumlah hormone estrogen pada wanita
  6. Flavoid, zat yang membantu menurunkan resiko serangan kanker
  7. Asam D-glucaric, untuk menurunkan dan mengendalikan kadar kolesterol yang masuk dalam tubuh
  8. Zat quercetin, zat untuk meningkatkan antoksidan
  9. Asam tartar, zat yang membantu mengoptimalkan pencernaan

Baca Juga : Kandungan Dan Manfaat Buah Apel

Apel Mengandung Vitamin

Apel merupakan buah yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan vitamin dalam buah apel dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Adapun beberapa kandungan vitamin yang ada pada buah apel.

  1. Vitamin A, vitamin A pada apel berfungsi untuk menjaga mata dan mencegah kebutaan. Kandungan vitamin A dalam buah apel 50 % lebih banyak dibandungkan dengan buah jeruk.
  2. Vitamin B, vitamin B ini penting untuk mempertahankan kesehatan saraf.
  3. Vitamin C, penting untuk pembentukan tulang dan gigi.

Jenis Apel

Banyak jenis apel yang beredar di Indonesai mulai dari apel yang asli Indonesia sampai apel yang impor dari luar negeri.

Rasanya yang manis dan segar serta ketersediaannya yang selalu ada membuat buah apel ini banyak diminati oleh banyak orang. Adapun jenis apel yang berasal dari Indonesia yaitu:

  1. Apel manalagi

Apel manalagi merupakan apel yang berasal dari desa Gandon, Kecamatan Batu, Malang. Apel dari Malang ini memiliki rasa yang segar, manis, aromanya kuat dan warna daging putih kekuningan membuat orang menyukai buah ini.

Apel Manalagi
Jenis Manalagi
  1. Apel manalagi ceri

Apel ini sama seperti apel manalagi hanya saja ukurannya kecil sehingga disebut dengan apel manalagi ceri.

Apel Manalagi Ceri
Jenis Manalagi Ceri
  1. Apel rome beauty/apel malang

Apel ini dibudidayakan di Malang, memiliki karakteristik kulit warna hijau dengan semburat warna merah dan rasanya manis.

Apel Rome Beauty
Jenis Rome Beauty
  1. Apel anna

Bentuk dan warnanya kulit yang merah tua serta bisa merata warnanya menjadikan buah ini mirip dengan buah impor.

Apel Anna
Jenis Anna

Jenis-Jenis Apel

Jenis-jenis dari buah apel banyak, berikut merupakan beberapa jenis-jenis buah apel.

  1. Apel Red delicious

Berasal dari Amerika dengan rasa manis sedikit asam, warna kulit merah hati tetapi agak tebal dan daging buahnya lunak.

Apel Red Delicious
Apple Red Delicious
  1. Apel Golden delicious

Berasal dari Amerika dengan kulit berwarna kuning. Rasanya sedikit asam, dagingnya agak keras dan berair.

  1. Apel Gala

Berasal dari New Zeland. Daging buah keras dan rasanya manis. Garis berwarna kuning dengan garis berwarna merah muda.

  1. Apel Granny Smith

Berasal dari Australia. Kulitnya berwarna hijau, rasanya asam agak manis serta berair.

  1. Apel Princess Noble

Disebut dengan apel hijau atau apel Australia. Kulit berwarna hijau kekuningan.

  1. Apel Washington

Berasal dari Amerika dengan rasa manis sedikit asam dan kulitnya berwarna merah bergaris-garis. Daging buahnya lunak.

Apel Merah

Apel berwarna merah memiliki rasa yang manis. Apel ini lebih banyak dikonsumsi oleh setiap orang karena rasanya yang manis disbanding dengan apel yang lainnya.

Selain itu apel merah juga memiliki berbagai manfaat yaitu :

  1. dapat menambah energi,
  2. menurunkan kadar kolesterol,
  3. meningkatkan system kekebalan tubuh,
  4. mengurangi resiko diabetes,
  5. melancarkan pencernaan,
  6. menjaga kesehatan mata,
  7. obat diet alami dan
  8. mencegah kanker.

Buah Apel Merah

Buah yang memiliki rasa manis ini selain renyah dan segar tetapi juga memiliki banyak khasiat.

Memakan apel merah ini sebaiknya kulitnya tidak dikupas, padahal banyak sekali orang ketika memakan buah ini dikupas terlebih dahulu.

Kulit apel merah mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh sehingga lebih baik jika makan apel merah tidak dikupas kulitnya.

Buah apel yang berwarna merah bermacam-macam yaitu buah apel fuji, fuji jingle, anna dan Washington.

Apel Hijau

Apel hijau merupakan buah yang dianjurkan karena memiliki kalori yang rendah dan konsentrasi phytonutrisi tinggi yang memberikan manfaat tambahan.

Buah ini juga mengandung sejumlah besar serat makanan, asam amino, vitamin dan mineral.

Buah apel hijau memiliki beberapa manfaat bagi tubuh yaitu :

  1. untuk penurunan berat badan karena mempunyai nutrisi metabolisme tubuh dan dapat membakar kalori lebih mudah,
  2. mencegah diabetes,
  3. kesehatan kordiovaskular,
  4. kesehatan otak, serta
  5. kesehatan kulit.

Buah apel hijau kaya akan vitamin A, C, dan K yang merupakan sumber baik dari zat besi, kalium, kalsium, antioksidan dan flavonoid.

Apel Malang

Malang merupakan daerah yang unggul dalam produk apel. Anda perlu mengetahui ciri-ciri apel local dari Malang. Ada beberapa jenis apel yang asli dari daerah Malang.

  1. Apel Manalagi

Apel jenis ini memiliki aroma yang wangi, buah ini juga merupakan salah satu buah yang digemari oleh masyarakat. ciri-ciri dari apel manalagi yaitu daging buahnya yang rasanya manis, bentuk buah bulat, kulit buah hijau muda kekuningan, teksturnya liat dengan sedikit mengandung air.

  1. Apel Rome Beauty

Jika tanaman apel ini sudah berusia mencapai tujuh tahun ketika panen dapat mencapai 30 – 40 kg. Apel rome beauty ini merupakan bahan dasar dari pembuatan sari apel. Buah apel ini memiliki ciri- ciri bentuk buah yang agak bulat dengan sedikit lekukan pada bagian ujung, warna kulit buah hijau kekuningan, daging keras namun teksturnya lembut dan aromanya kuat.

  1. Apel Anna

Jenis apel ini jika dikonsumsi setelah dipetik maka rasanya akan sedikit asam. Tetapi jika dibiarkan dahulu setelah dipetik selama 3 – 4 hari maka rasanya akan lebih manis dengan aroma buahnya yang tajam.

Bentuk buah ini memanjang dengan pangkal buah seperti bintang serta daging buah yang padat dan cenderung masir.