Apel

Buah Apel

Pengertian Buah Apel

Buah apel merupakan buah yang berwarna merah jika sudah matang, tetapi ada juga yang berwarna hijau dan kuning. Kulit luar dari buah ini lembek dan dagingnya keras.

Apel Adalah

Buah Apel

Apel adalah jenis buah buahan yang memiliki rasa dan tekstur buah yang unik. Rasanya yang manis dan manfaat serta khasiat buah apel ini menjadikan banyak orang gemar mengkonsumsi buah ini.

Buah ini merupakan buah yang banyak dan sering dikonsumsi oleh orang orang di dunia. Buah yang memiliki rasa yang segar ini banyak mengandung vitamin B dan vitamin C yang bagus untuk dimakan dan menjadi primadona.

Sejarah Apel

Apel merupakan buah yang pertama kali ditanam di Asia Tengah, kemudian berkembang luas di wilayah yang dingin.

Kata apel diambil dari bahasa inggris yaitu aeppel, buah ini sudah ada sejak jaman besi sampai dibudidayakan di jasirah Mesir.

Tanaman apel ini ditemukan hidup secara liar di hutan sekitar pegunungan Asia Tengah, Kazakhstan, Kirgiztan, Tajikistan, Xinjiang dan Cina.

Bisa jadi pohon apel ini sebagai tanaman pertanian yang pertama kali dan buahnya mengalami penyempurnaan melalui proses seleksi selama ribuan tahun.

Buah apel ini memiliki nama ilmiah yaitu Malus domestica yang menurut sejarah adalah keturunan dari Malus sieversii dan sebagian genom dari Malus sylvetris atau apel hutan/apel liar yang ditemukan hidup secara liar di pegunungan Asia Tengah.

Pada sekitar tahun 1930 an tanaman buah apel mulai masuk di Indonesia dan dibawa oleh Belanda dari Australia yang kemudian ditanam di daerah Nongkojajar (Kabupaten Pasuruan).

Bagian Perkebunan Rakyat yang sekarang bernama Lembaga Penelitian Holtikultura mendatangkan beberapa jenis buah apel dari luar negeri yaitu termasuk Rome Beauty dan Princess Noble pada tahun 1953.

Sejak tahun 1960 tanaman buah apel sudah banyak ditemukan di daerah Batu sebagai pengganti tanaman jeruk yang waktu itu mati terserag penyakit.

Sejak saat itu tanaman buah apel menjadi terus berkembang sampai Sekarang di dataran tinggi Kota Batu, Poncokusumo (Malang) dan Nongkojajar (Pasuruan). Masa kejayaannya yaitu pada tahun 1970.

Pada zaman sekarang ini buah apel suda tersebar di seluruh daerah yang ada di Indonesua. Banyak orang yang menyukai buah dengan warna merah ini dan harganya pun relative terjangkau.

Ketersediaan buah apel yang melimpah dan tidak tergantung dengan musim membuat masyarakat dapat mengkonsumsi buah apel setiap saat.

Selain itu dengan adanya globalisasi perdagangan atau pasar global menyebabkan kita yang berada di Indonesia dapat merasakan atau mengkonsumsi apel dari Amerika, Australis, Cina ataupun Taiwan.

Adapun apel lokak yang berasal dari Malang dapat kita konsumsi juga.

Pohon Apel

Pohon apel yaitu pohon yang menghasilkan buah apel. Tujuan dari penanaman pohon apel ini pastinya untuk menghasilkan apel yang lebat.

Pohon Apel
Pohon