Buah Kelengkeng

Buah Kelengkeng

Buah Kelengkeng – Kelengkeng adalah buah sebesar kelereng yang rasanya manis dan banyak disukai.  Buahnya kenyal dan segar saat dikonsumsi.  Buah ini berasal dari daerah Asia Tenggara.

Buah Kelengkeng
Buah Kelengkeng

Nama Latin Kelengkeng

Buah ini memiliki nama latin Dimocarpus longan.  Nama latin ini digunakan sebagai standar nama ilmiah suatu mahluk hidup dan berlaku internasional.

Adanya nama standar ini maka seluruh orang di belahan negara lain pun dapat menemukan buah yang disebutkan dengan sama.

Ini tentu akan berbeda dengan nama daerah atau nama lokal yang bisa saja berbeda antar daerah.  Sebagai contoh, nama di Indonesia kelengkeng ada yang menyebutnya lengkeng, longan, mata kucing, dll.

Klasifikasi Kelengkeng

Selain nama latin ada klasifikasi ilmiah yang juga dimiliki oleh setiap mahluk hidup di dunia ini.  Klasifikasi ini diberikan untuk memudahkan pengelompokan suatu mahluk hidup dengan kesamaan ciri yang dimilikinya.

Dengan adanya pengelompokan ini maka kita dapat dengan mudah mengetahui ciri-ciri umum yang dimilikinya.

Bagaimana dengan tanaman kelengkeng?

Apa nama klasifikasinya?

Sama seperti buah-buah yang lain, tanaman kelengkeng juga memiliki klasifikasi ilmiahnya.  Berikut ini adalah klasifikasi buah kelengkeng.

Buah kelengkeng masuk ke dalam kingdom Plantae, ordo Sapindales, family Sapindaceae, genus Dimocarpus, spesies Dimocarpus longan.

Nama spesies inilah yang kemudian dijadikan sebagai nama ilmiah suatu makhluk hidup.

Tanaman Kelengkeng

Tanaman buah ini sebenarnya seperti apakah?

Untuk lebih mengenal tanaman ini maka akan lebih mudah dengan melihat ciri-ciri dan deskripsi masing-masing bagiannya.

Pohon Kelengkeng

Pohon Kelengkeng
Pohon Kelengkeng

Pohon lengkeng ini memiliki kekhasan yang bisa jadi tidak dimiliki oleh tanaman buah yang lainnya.  Meskipun tentu ada yang sama juga.

Nah untuk bisa membedakannya dengan tanaman buah yang lainnya berikut ini kami sajikan ciri-ciri pohon lengkeng :

Ciri-ciri pohon kelengkeng

Tanaman buah ini berbentuk pohon yang bisa tumbuh tinggi dengan daun yang rimbun.

Dibeberapa tempat, tanaman ini cocok dijadikan sebagai tanaman penghijauan karena kemampuannya untuk mengikat tanah dengan kuat sekaligus tajuknya yang lebar sehingga bisa dijadikan sebagai cover tanah.

Untuk pohon kelengkeng yang sudah berumur tingginya bahkan bisa mencapai 40 meter dengan diameter batangnya mencapai 1 meter.

Namun tentu saja untuk bisa mencapai ukuran tersebut ia mesti tumbuh di daerah yang memiliki lahan yang luas dan mampu menampung pertumbuhannya.

Kayu kelengkeng

Kayu kelengkeng memiliki struktur yang padat dan kuat, sehingga ia juga bagus digunakan sebagai bahan baku bangunan atau perabotan rumah tangga berbasis kayu.

Bahkan ditangan perajin handal, kayu kelengkeng ini bisa dijadikan sebagai furniture yang indah dan memiliki kualitas ekspor.

Buah kelengkeng

Buah kelengkeng ini adalah bagian tanaman yang paling sering digunakan.  Buahnya lezat dikonsumsi secara langsung.

Ukurannya lebih besar sedikit dari kelereng dengan warna kulit buah coklat muda, daging buah tebal, berwarna bening, dan di dalamnya ada bijinya yang berwarna coklat tua mengkilat.

Jaman dahulu biji kelengkeng ini sering dijadikan sebagai isi untuk permainan dakon (mainan tradisional tahun 80-an).

Rasa buahnya manis legit dan rasanya segar.  Ini sebabnya untuk anda yang menderita diabetes perlu menjaga jumlah konsumsi buah ini.

Daun kelengkeng

Daun kelengkeng berukuran sedang dengan bentuk lonjong dan runcing dibagian ujungnya.  Warnanya hijau tua yang kemudian akan berubah menjadi kekuningan jika telah tua.

Jenis daun ini tergolong daun majemuk, dengan jumlah 6 pasang daun dalam setiap tangkai daunnya.

Tangkai daunnya ini panjangnya mencapai 20 cm dengan bulu-bulu halus di bagian bawah permukaan daun.

Bentuk daun kelengkeng ini lonjong dengan ujungnya yang runcing di setiap tangkai daunnya.  Panjang helaian daun berkisar antara 3-5 cm.

Bunga kelengkeng

Bunga Kelengkeng
Bunga Kelengkeng

Tanaman buah ini memiliki bunga yang berwarna putih kekuningan.  Jenis bunganya adalah bunga majemuk, artinya dalam setiap tangkai bunga terdapat banyak putih dan benang sari di dalamnya.

Ukuran bunganya kecil-kecil dan jumlahnya banyak.  Kelihatannya akan terlihat seperti payung yang dibuka terbalik.

Perbedaan antara bunga jantan dan bunga betina pada tanaman ini adalah, pada bunga jantan putiknya tidak berkembang.

Tangkai pada bunga jantan juga lebih tinggi sehingga seakan-akan seperti mengelilingi bunga betina.

Jenis kelengkeng

Jenis – jenis tanaman kelengkeng ternyata ada beberapa varian.  Ini yang membedakan ada buah yang ukurannya besar, dan kecil.  Ada juga yang daging buahnya tebal ataupun tipis.

Mengetahu macam-macam kelengkeng yang ada akan memudahkan kita dalam memilih buah yang kita inginkan.

Apa sajakah jenis kelengkeng yang ada ini?

Mari kita lanjutkan membaca tulisan ini.

Jenis kelengkeng terbaru

Jenis kelengkeng super

Kelengkeng matalada

Kelengkeng Matalada
Kelengkeng Matalada

Jenis kelengkeng matalada ini adalah jenis buah yang langka karena memang tidak banyak yang menanamnya.

Selain langka, ternyata ia juga memiliki rasa yang enak, manis dengan daging buah tebal.  Keunggulan lainnya buah jenis ini adalah ukuran bijinya yang kecil sekecil lada.

Ini sebabnya ia disebut dengan jenis kelengkeng matalada.  Ada juga yang menyebutnya dengan nama kelengkeng hawai.

Yang menarik adalah tanaman jenis ini cepat berbuah dengan jumlah buahnya yang banyak.  Itu sebabnya akan sangat cocok untuk dibudidayakan secara massal.

Kelengkeng matalada memiliki rasa dan aroma seperti durian masak.  Sehingga ada juga yang menyebutnya sebagai kelengkeng durian.

Kelengkeng pingpong

Kelengkeng Pingpong
Kelengkeng Pingpong

Ada yang menyebutnya pingpong, ada juga yang mengenalnya dengan nama kelengkeng pimpong.  Perbedaan penyebutan tersebut disebabkan karena perbedaan dialek pengucapannya saja.

Sepertinya namanya, buah jenis ini memiliki ukuran buah yang besar, sebesar bola pingpong yang digunakan untuk olahraga tenis meja.

Ukuran buah yang besar ini ternyata diimbangi dengan rasa manisnya yang wow, menjadikannya lezat dinikmati.

Namun demikian, daging buahnya tipis dan ukuran bijinya besar.

Kelengkeng diamond river

Kelengkeng Diamond River
Kelengkeng Diamond River

Buah jenis ini memiliki karakteristik kandungan airnya yang banyak. Sesuai namanya, river (bahasa Inggris)  yang berarti “sungai”.

Dengan kandungan air yang banyak, ia sangat segar dinikmati di siang hari yang terik.  Rasanya juga manis dan enak.

Namun demikian, karena banyaknya kandungan air ini, menjadikannya mudah busuk dan tidak awet.  Seringkali juga menyebabkan tangan kita menjadi lengket setelah mengupas buah jenis ini.

Tanaman buah ini memiliki tajuk daun yang rimbun dan rapat.  Sehingga akan cocok jika dijadikan tanaman penghijauan atau ditanam di pot yang diletakkan di halaman rumah.

Keunggulan lainnya dari buah jenis ini adalah kemampuan untuk berbuah dengan cepat dan banyak, sehingga menarik untuk di budidayakan.

Kelengkeng merah

Kelengkeng Merah
Kelengkeng Merah

Sesuai namanya, maka buah kelengkeng merah memiliki kulit buah berwarna merah.  Ada juga yang menyebutkan nama buah ini dengan nama Ruby longan.

Daun pohon kelengkeng merah berwana coklat muda.  Ukuran pohonnya pendek dan sering berbuah.  Pohon kelengkeng ini cocok dijadikan sebagai buah kelengkeng tambulampot.

Pohon kelengkeng merah ini termasuk jenis tanaman buah yang langka karena memang belum banyak yang menanamnya.

Meskipun sebenarnya cara memelihara tanaman ini lebih mudah dari kelengkeng jenis yang lainnya.

Hanya karena untuk mendapatkan bibit kelengkeng merah yang agak sulit, maka belum banyak orang yang menanamnya.

Kelengkeng itoh

Kelengkeng Itoh
Kelengkeng Itoh

Adalah jenis kelengkeng baru yang menjadi primadona saat ini.  Ia merupakan perpaduan antara kelengkeng diamond river dengan kelengkeng puang ray.

Keunggulan yang dimilikinya adalah rasanya yang manis, daging buahnya yang tebal, ukuran bijinya yang kecil serta karakterisitiknya yang agak kering.

Kelengkeng kristalin

Kelengkeng kristalin
Kelengkeng kristalin

Kelengkeng kristalin termasuk jenis kelengkeng  yang cepat berbuah.  Jumlah buahnya juga banyak dan lebat.

Kelengkeng unggulan ini memiliki karakteristik buah yang besar, daging buahnya tebal, serta bijinya yang kecil.  Warna daging buahnya bening seperti kristal.  Dari sinilah nama kelengkeng jenis ini diperoleh.

Kandungan airnya tidak sebanyak diamond river, sehingga cenderung kering yang enak dimakan.

Di dalam satu  pohon kelengkeng kristalin, terdapat bunga jantan dan betina sekaligus.  Dengan adanya bunga yang sama di dalam satu tanaman, maka kita bisa hanya memelihara satu tanaman saja. Dan dia sudah akan dapat berbuah.

Jenis kelengkeng yang cepat berbuah

Dari uraian di atas kita dapat menyimpulkan bahwa jenis kelengkeng yang cepat berbuah adalah kelengkeng merah.  Namun untuk jenis kelengkeng yang paling bagus adalah kelengkeng kristalin dan matalada.

Keduanya memiliki rasa yang unik dan berbuah dengan lebat.  Jika anda ingin memilih mana diantara jenis-jenis kelengkeng tersebut untuk di tanam, maka anda dapat memilih sesuai dengan selera.

1 tanggapan pada “Buah Kelengkeng”

  1. Pingback: Bibit Kelengkeng : Kelengkeng Super, Stek, Okulasi, & Menyambung

Tinggalkan Balasan