Buah Mangga

Mangga Alpukat

Deskripsi Buah Mangga

Buah mangga memang sudah terkenal di belahan dunia karena memiliki cita rasa yang manis dan ada juga yang memiliki rasa masam tergantung jenis buahnya. Buah ini disebut juga  mempelam yang merupakan nama jenis buah dan termasuk ke dalam kelompok Mangifera.  Ia terdiri dari 35-40 anggota dari suku Anacardiaceace.

Mangga memiliki nama ilmiah yaitu Mangifera indica yang berarti pohon yang berbuah mangga dan berasal dari India. Pohon mangga termasuk buah yang memiliki tingkatan tinggi karena termasuk pohon  dalam kelompok arboreus. Tinggi pohonnya bisa mencapai 10-40 m. Nama “mangga” berasal dari bahasa Malayam yaitu maanga.

Buah ini memiliki cita rasa yang beraneka ragam, tergantung jenis pohonnya. Ada yang manis dan ada juga yang asam. Perpaduan rasa inilah yang memberikan cita rasa khas buah mangga.

Buah mangga termasuk kelompok buah batu atau buah yang  berdaging tebal.  Bentuknya berbeda-beda tergantung pada jenisnya ada yang bulat, lonjong dan masih banyak lagi.

Ia termasuk tanaman tropis yang cocok ditanam didaerah seperti Indonesia ini.

Asal Usul Buah Mangga

Buah ini bukan asli tanaman Indonesia. Menurut sejarahnya tanaman mangga yang ada di Indonesia berasal dari India.

Mankay atau mangas merupakan istilah mangga yang berasal dari bahasa Tamil dari Negara India yang hampir mirip pengucapannya dalam Bahasa Indonesia.

Di India buah ini bahkan memiliki cerita dongeng tersendiri.  Dimana asal usul buah mangga adalah penjelmaan Dewi Prajapati.

Alexander Agung adalah Orang yang pertama kali melihat kebun mangga yang indah di lembah Indus pada tahun 327 SM.

Huien T’Sang mungkin seorang pertama yang menulis tentang buah mangga.

Rumphius menyatakan bahwa sekitar tahun 632-45 Sebelum Masehi tanaman mangga baru ditanam beberapa abad di Kepulauan Asia.

Mangga telah ditanam lebih dari 4000-6000 ribu tahun yang lalu di India bagian timur yang berbatasan dengan Birma. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mangga berasal dari perbatasan India-Birma.,

Sejarah Penyebaran Buah Mangga Ke Indonesia

Sejarah penyebaran buah mangga ke Indonesia dimulai dari pedagang India yang melakukan pelayaran ke Indonesia. Pada abad ke 4 sampai 5 sebelum Masehi, buah yang asalnya dari India ini mulai menyebar ke Semenanjung Malaysia dan selanjutnya singgah di Indonesia.

Pada awalnya dia mulai di tanam di daerah Kepulauan Maluku pada tahun 1665. Sementara di Negara Filipina pohon buah mangga mulai ditanam dipertama kali di Kepulauan Sulu dan Mindanau sekitar tahun 1400-1450. Sedangkan penanaman pohon mangga di Pulau Luzo dilakukan mulai tahun 1600 sampai 1650an. Semenjak itulah pohon buah mangga mulai banyak ditanam di daerah asia Tenggara.

Iklim di Indonesia sangat cocok untuk membudidayakan buah ini.  Dengan suhu  dan intensitas cahaya yang tepat menjadikan buah mangga yang di tanam di Indonesia memiliki kualitas yang unggul dan super. Penyebaran mangga di hampir seluruh wilayah Indonesia menghasilkan berbagai jenis mangga lokal dengan kualitas yang tidak kalah dengan buah mangga import.

Nama-Nama Buah Mangga

Buah mangga termasuk buah yang penyebarannya luas.  Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki buah mangga yang tumbuh di wilayahnya.

Perbedaan lokasi, kondisi tanah dan lingkungan menjadikan tanaman mangga yang tumbuh di daerah-daerah tersebut memiliki kekhasan sendiri-sendiri.

Berikut ini nama-nama buah mangga yang populer dan memiliki rasa yang lezat :

Mangga Aromanis

Aromanis merupakan mangga yang memiliki rasa manis dengan aroma yang harum. Kulit buahnnya berwarna hijau.  Tekstur buahnya lembut serta daya tahannya lama. Ada juga yang menyebutnya dengan nama mangga gadung, mangga khas asal Porbolinggo dengan bentuk panjang ujung runcing.

Mangga Aromanis
Mangga Aromanis

Mangga Gedong Gincu

Mangga gedong gincu memiliki rasa manis,  warna buahnya kuning kemerahan. Ia memiliki memiliki kulit yang berwarna oranye dan sedikit bercak-bercak kehijauan. Mangga jenis ini berasal dari Cirebon. Namun ia juga terkenal di daerah Indramayu. Ukuran buahnya kecil dan lonjong.

Mangga Gedong Gincu
Mangga Gedong Gincu

Mangga Mana Lagi

Mangga mana lagi memiliki daging buah yang tebal padat serta tekstur buah yang berserat. Ukuran buah ini lebih kecil dibandingkan ukuran buah mangga yang lainnya. Mangga ini termasuk mangga yang tahan lama paska pemetikan dan sesudah pemetikan. Mangga manalagi memiliki warna buah yang hijau serta memiliki rasa buah yang manis.

Mangga manalagi
Mangga manalagi

Mangga Apel

Sudah terbayang kan?  Sesuai namanya, mangga apel memiliki bentuk bulat seperti buah apel. Mangga ini berasal dari Negara Singgapura.  Memiliki kulit yang berwarna hijau, dan jika sudah matang akan berwarna hijau kemerahan.  Jika mangga apel belum matang memiliki rasa masam, sangat cocok sebagai tambahan untuk buah rujak. Sedangkan yang berwarna hijau kemerahan beraroma sangat harum serta bertekstur halus untuk daging buahnya.

Mangga apel
Mangga apel

Mangga Alpukat

Mangga alpukat merupakan mangga khas Pasuruan yang akhir-akhir ini sedang viral. Jika anda mengkonsumsi mangga alpukat anda tidak perlu susah-susah untuk mengkupasnya. Hanya dengan memotong bagian tengahnya, buah mangga akan terbagi dua mirip seperti mengupas alpukat. Rasanya sangat manis karena mangga ini berasal dari pencangkokan antara mangga gadung dan mangga madu.

Mangga Alpukat
Mangga Alpukat

Mangga Golek

Mangga golek  adalah mangga yang popular di kalangan penikmat mangga.  Ia memiliki bentuk yang lonjong. Mangga golek banyak dicari karena rasanya yang manis serta buahnya yang tidak berserat. buah ini berasal dari Porbolinggo, Indramayu dan Pasuruan. Tergolong mangga varientas unggul karena memiliki kulit buah yang tipis dan daging buah yang nikmat.

Mangga golek
Mangga golek

Mangga Madu

Namanya mangga madu tentu saja rasanya seperti madu, sangat manis meski daging buahnya berwarna putih. Mangga madu memiliki ukuran yang hampir sama seperti mangga manalagi. Warna kulitnya kuning cerah saat buah mangga madu akan matang.

Mangga madu
Mangga madu

Nama Latin Buah Mangga

Nama latin buah mangga yaitu Mangifera indica yang berarti pohon yang berbuah mangga dan berasal dari India. Mangga termasuk tanaman yang tergolong Mangifera. Yang memiliki batang pohon yang tinggi dan juga daunnya berwarna hijau.  Daunnya memiliki aroma yang khas.

Pohon mangga merupakan tanaman yang mudah dan cepat berbuah. Dengan struktur batang (habitus) termasuk kelompok tanaman arboerus atau disebut tanaman berkayu. Tinggi  batang sekitar lebih dari 5 m.

Pohon buah mangga berbunga pada musim tertentu dan berbunga sekali dalam setahun. Ia memilki akar tunggang yang sangat panjang. Bentuk daun mangga adalah lonjong dengan ujung daun seperti mata. Ada juga yang berbentuk bulat dengan ujung runcing. Serta segi empat, tetapi ujungnya membulat.

Klasifikasi Buah Mangga

Tanaman ini dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

  1. Kingdom : Plantae yaitu makhluk hidup yang berupa tumbuhan
  2. Subkingdom : Tracheobionta atau tumbuhan yang berpembuluh
  3. Super divisi : Spermatophyta yaitu tumbuhan yang menghasilkan biji
  4. Divisi : Magnoliophyta yaitu tumbuhan yang dapat berbunga
  5. Kelas : Magniliopsida yaitu tanaman yang mempunyai biji berkeping dua atau dikotil
  6. Subkelas : Rosidae yaitu tumbuhan berbiji belah
  7. Ordo : Sapindales
  8. Family : Anacardiaceae
  9. Genus : Mangifera
  10. Spesies : Mangifera indica L.

Berdasarkan klasifikasi di atas, buah mangga berkerabat dekat dengan tanaman seperti Kemang, Kuweni, Embacang, dan Gedebe. Selain itu, dapat disimpulkan bahwa buah mangga dapat diperbanyak dengan menggunakan biji, walaupun dalam pembudidayaannya lebih banyak menggunakan sistem cangkokan.

Tinggalkan Balasan