Buah Matoa

Buah Matoa

Pengertian Buah Matoa

Matoa adalah buah asli Papua yang memiliki rasa yang unik karena seperti perpaduan durian, kelengkeng dan rambutan.

Buah Matoa
Buah Matoa

Dia tumbuh di hutan-hutan pedalaman Papua dan termasuk ke dalam buah langka.  Dengan jumlah yang sedikit dan rasanya yang wow, menjadikan buah ini banyak menjadi buruan orang-orang yang tinggal di luar pulau Papua.

Beberapa orang bahkan menyebutkan sebagai kelengkeng Irian.

Buah Matoa Papua

Seperti apa bentuk buah matoa papua?

Buah matoa papua berbentuk bulat seperti kelengkeng namun ukurannya lebih besar.  Warnanya cokat tua dan tumbuh bergerombol dalam satu tangkai buah.

Tidak hanya berwarna coklat, untuk beberapa jenis matoa kulit buahnya ada yang berwarna hijau muda atau merah marun.

Rasa Buah Matoa

Rasa buah unik ini manis seperti rambutan, namun terdapat tekstur rasa seperti durian dan legit seperti kelengkeng. Kombinasi 3 rasa buah eksotis in sungguh enak dan lezat untuk dinikmati.

Bisa jadi ini adalah buah dengan rasa yang paling unik dan lezat.

Pohon Buah Matoa

Pohon matoa berbentuk tajuk lebar dengan daun yang lebar pula.  Di hutan-hutan Papua, tinggi tanaman ini bahkan bisa mencapai 18 meter dengan diameter batangnya 100 cm.

Pohon Matoa
Pohon Matoa

Terbayang kan bagaimana proses memanen matoa yang tinggi pohonnya wow itu?

Bagaimana pohon matoa ini bisa tumbuh tinggi?

Ternyata , jenis tanah yang cocok untuk pertumbuhan tanaman ini adalah tanah yang subur dengan kondisi air yang kering (seperti di daerah Papua).  Namun jenis tanah yang perlu dihindari untuk menanam pohon buah ini adalah tanah jenis liat dan berpasir.  Karena memang tidak cocok untuk pertumbuhan akarnya.

Itu sebabnya tanaman ini memang tidak bisa tumbuh di sembarangan tempat.  Hanya daerah-daerah tertentu dengan kondisi sesuai habitat aslinya saja yang dapat menjadi tempat tumbuh subur pohon matoa.

Bibit Matoa

Demi memuaskan kegemaran akan buah langka ini, saat ini tidak hanya orang Papua saja yang bisa menanam buah ini.  Mulai banyak orang-orang yang tinggak di luar Papua yang menanam pohon ini di halaman rumahnya.

Untuk itu biasanya diperlukan bibit untuk bisa saja berasal dari cangkok ataupun stek.

Menanam pohon matoa ini dengan bibit yang berasal dari biji juga bisa dilakukan, namun biasanya pertumbuhannya akan lebih lama.

Meskipun nantinya pohon yang didapatkan bisa lebih kuat dan kokoh tumbuhnya, namun masa berbuahnya akan lebih lama bila dibandingkan dengan yang menggunakan bibit dari cangkok.

Manfaat Buah Matoa

Yang menarik adalah, buah matoa ini tidak hanya memiliki rasa yang enak dan unik.  Namun ia juga memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh kita ketika kita mengkonsumsinya.

Manfaat yang didapatkan matoa ini berasal dari kandungan gizi yang ada di dalamnya.  Kandungan buah matoa ini antara lain vitamin C, vitamin E, kalsium, kalium dan glukosa.

Khasiat Buah Matoa

Pastinya donk manfaat itu berhubungan banget dengan khasiat. Nah, ingin tahu apa saja khasiat buah Matoa?

Simak saja uraian di bawah ini ya :

  1. Bisa menjadi anti oksidan

Antioksidan akan sangat membantu untuk mengurangi radikal bebas di dalam tubuh.  Radikal bebas yang ada di dalam tubuh ini membahayakan kesehatan karena bisa menyebabkan kanker.

Kecukupan anti oksidan juga dapat menghindarkan tubuh dari efek radiasi sinar matahari sehingga membuat kulit akan tetap sehat dan bersinar.

  1. Bisa menyuburkan kandungan dengan vitamin E-nya. Vitamin E berfungsi untuk meregenerasi sel-sel di dalam tubuh.

Dengan jumlah vitamin E yang cukup untuk tubuh, maka proses peremajaan sel akan berlangsung dengan baik.

Efeknya pada wanita adalah dapat meningkatkan kesuburan.

  1. Membantu tubuh untuk meningkatkan daya tahan.

Vitamin C bisa membantu tubuh untuk menjaga daya tahan tubuh.  Melalui peningkatan imunitas, maka tubuh kita akan lebih sehat.  Serta tidak mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus.

  1. Glukosanya bisa untuk menambah energi

Glukosa diperlukan tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi.  Dengan mengkonsumsi buah matoa, maka tubuh yang lemas bisa lebih bersemangat.

  1. Kalsium yang ada dalam buah matoa akan membantu menguatkan tulang di dalam tubuh kita, membantu kerja jantung serta pembuluh darah.

Buah Matoa Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil ternyata dapat mengkonsumsi buah matoa dengan aman.  Bahkan dapat memberikanefek positif bagi kehamilan bunda.

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh ibu hamil yang mengkonsumsi matoa adalah :

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh bunda

Daya tahan tubuh ibu hamil akan sangat penting untuk dijaga.  Karena kesehatan bunda, tentu saja akan berdampak pada kesehatan bayi yang dikandungnya.

Mengkonsumsi buah matoa setiap hari dalam jumlah cukup bisa membantu ibu hamil untuk menjaga kesehatannya.

  1. Mengurangi tingkat stress ibu hamil

Seorang wanita yang tengah mengandung akan menghasilkan hormon yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan kondisi biasa.

Meningkatnya jumlah hormon yang diproduksi tubuh, juga dapat meningkatkan stress pada ibu hamil.

Vitamin E yang ditemukan di dalam buah matoa dapat mengurangi tingkat stress yang diderita oleh ibu hamil.

  1. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Jantung memerlukan kalsium untuk bisa memompa darah dengan baik ke seluruh tubuh.  Dengan jantung yang sehat, maka kondisi pembuluh darah juga akan sehat.  Dan, matoa memiliki kandungan kalsium di dalam daging buahnya.

Dengan demikian, mengkonsumsi buah matoa pada saat hamil akan baik bagi kesehatan.

  1. Menjaga kulit tetap sehat

Ibu hamil seringkali tidak sempat memperhatikan kesehatan kulitnya.  Untuk membantu agar kulit ibu hamil tetap terjaga, maka bisa dibantu dengan mengkonsumsi  buah ini.

Efek Samping Buah Matoa

Meskipun memiliki begitu banyak manfaat, tetap saja kita perlu menjaga jumlah buah yang dikonsumsi.  Karena buah matoa ini, jika dikonsumsi terlalu banyak bisa meyebabkan mual dan pusing.

Hal ini disebabkan oleh kandungan glukosa yang terdapat di dalamnya, yang bisa meningkatkan kadar gula darah.

Ini juga sekaligus menjadi informasi penting bagi anda penderita diabetes.  Hitung jumlah kalori yang ada dalam matoa, sesuaikan dengan jumlah maksimal kadar gula dalam darah.

Harga Buah Matoa

Sebagai buah yang langka, matoa ternyata memiliki harga yang tidak murah.  Dibeberapa toko online buah ini dibandrol dengan harga 75.000 – 150.000 per kilogramnya.  Harga tersebut belum dengan ongkos kirim.

Sehingga apabila anda tinggal didaerah yang memerlukan ongkos kirim tinggi, maka harga yang perlu dibayarkan untuk dapat menikmati buah ini akan bertambah.

Namun demikian, dengan rasanya yang memang enak dan lezat, sepertinya harga tersebut masih layak untuk di bayarkan.  Belum lagi bila dibandingkan dengan banyaknya  manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi buah ini.

Tinggalkan Balasan