Buah melon

Melon Madu

Pengertian Buah Melon

Buah melon – Siapa si yang tidak mengerti buah melon yang sangat segar dan dapat ditemukan dimana saja. Buah melon selain bisa dikonsumsi langsung bisa juga menjadi campuran dalam es buah, jus buah, dan salad buah.

Buah melon adalah buah yang masih termasuk ke dalam suku labu-labuan. Tekstur buah ini cenderung lunak dan kaya akan air, karena hal ini lah mengapa buah melon banyak digemari oleh semua kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa sekalipun.

Buah melon sendiri juga kaya akan serat yang ada di dalamnya, siapapun pasti mengetahui hal ini. Serat sendiri mampu membantu proses pembuangan kotoran.

Serat dalam buah melon bisa dikatakan sama dengan buah pepaya. Jadi jika anda ingin memiliki sistem pencernaan yang lancar anda bisa rutin mengkonsumsi buah melon.

Melon adalah buah yang berasal dari Lembah Persia atau daerah Mediterania, namun banyak juga yang mengatakan buah melon banyak ditemukan di Mesir.

Pada awalnya buah melon dibawa oleh Colombus pada abad ke 14 menuju Amerika dan ditanam di California.

Pohon Melon

Pengertian pohon sendiri adalah tumbuhan yang berbatang keras dan besar yang bahan pokoknya adalah kayu. Lalu melon sendiri sudah di jelaskan di atas.

Pohon melon itu cenderung kecil pohonnya dan batangnya merambat ke tanah atau bambu yang telah disediakan.

Tanaman Melon

Tanaman melon merupakan tanaman semusim yang cara perkembangannya menjalar ke tanah atau dirambatkan ke bambu.

Tanaman ini termasuk tanaman yang memiliki cabang yang banyak kira-kira 15-20 cabang dalam satu tanamannya.

Pohon Melon
Tanaman Melon

Tanaman melon dapat beradaptasi dengan baik dengan tanah liat berpasir yang mengandung banyak bahan organik. Tanaman melon juga bisa tumbuh di pasir dan tanah liat yang netral.

Yang memiliki sedikit basa dan sedikit asam dalam tanah. Untuk meningkatkan kadar gula dan rasa lezat dalam melon bisa dilihat dari lama atau tidaknya proses penyinaran yang dilakukan oleh matahari.

Bunga Melon

Secara alami penyerbukan melon terjadi karena bantuan dari serangga dan angin. Jika pada musim hujan atau pada saat sedikitnya serangga maka bisa dilakukan penyerbukan buatan.

Bunga Melon
Bunga Melon

Penyerbukan antara serbuk sari bunga jantan dan putik pada bunga betina merupakan cikal belakang atau asal mula terbentuknya bakal buah pada bunga betina.

Penyerbukan buatan pada buah melon dapat dilakukan pada esok hari sebelum matahari terik. Kira-kira pukul 7 hingga 9 pagi.

Cara penyerbukan buatan adalah hanya dengan menempelkan serbuk sari bunga jantan ke kepala putik. Untuk 1 bunga jantan dapat digunakan kepada 2 sampai 3 bunga betina atau bakal buah.

Buah pada tanaman melon yang ekonomis berasal dari bunga sempurna atau bisa disebut juga hermaphrodite. Bunga sempurna ini  muncul diketiak daun ruas ke 9-12.

Buah yang dihasilkan dari ruas tersebut memiliki kualitas yang tinggi dengan ukuran yang optimum.

Buah yang tumbuh pada ruas tersebut harus sangat dijaga dari serangan hama dan penyakit dengan penyiraman rutin serta pemberian insektisida dan fungisida yang sesuai dengan hama dan penyakit yang biasanya menyerang pada lokasi tanaman melon itu ditanam.

Setelah buah yang berasal dari cabang 9-12 itu sebesar bola pingpong, anda bisa memilih buahnya yang paling sempurna tidak cacat dan lain sebagainya untuk merawatnya hingga matang.

Buah yang tidak terpilih atau cacat lalu dibuang dan menyisakan satu helai daun. Buah yang dipilih segera untuk diikat atau digantung pada ajir agar terhindar dari tangkai yang patah dan kontak dengan tanah.

Buah juga perlu dibungkus dengan plastik tujuannya agar terhindar dari berbagai penyakit dan hama serta serangga yang lain. Tapi saat buah melon itu telah membesar sebaiknya plastik tersebut dilepas agar tidak menghambat pertumbuhan buah melon itu sendiri.

Daun Melon

Sebelum membahas bagaimana daun melon itu bagaimana, kita dapat berbicara daun itu sendiri terlebih dahulu. Daun adalah bagian tanaman yang tumbuh berhelai-helai pada ranting pohon.

Biasanya daun itu berwarna hijau, namun berubah menjadi kuning atau oren saat sudah tua. Fungsi daun adalah sebagai alat bernafas dan mengolah zat makanan.

Bentuk dari daun melon mirip dengan bentuk daun ketimun. Namun bedanya daun melon tidak setajam daun ketimun.

Daun tanaman melon berbentuk hamper bundar. Daun melon memiliki 5 sudut, memiliki 3-7 lekukan serta bergaris tengah dengan panjang 8 hingga 15cm. Tanaman melon ini memiliki sulur yang terdapat pada ketiak daun.

Ciri-Ciri Buah Melon

Buah melon sendiri memiliki ciri-ciri yang umum atau ciri-ciri yang ada pada semua jenis melon. Antara lain melon memiliki ciri fisik, buahnya berbentuk bulat, memiliki kulit luat yang keras, kasar, dan berurat seperti jala. Buah dagingnya manis, berwarna hijau atau oren serta aromanya harum.

Ukuran buah melon itu beragam, ada yang lumayan besar tapi tidak terlalu manis dan ada juga yang kecil tapi sangat manis.

Biasanya mengidentifikasi buah melon itu sudah manis atau belum dengan melihat urat yang ada pada kulit buah melon. Jika urat itu sudah melebar dan renggang, itu bisa di perkirakan buah melon yang manis.

Bisa juga dilihat dari aromanya, jika aromanya harum pasti buah itu manis. Walaupun terkadang ada beberapa buah melon yang sudah memenuhi ciri-ciri di atas namun masih kurang manis itu adalah hal yang wajar. Karena buah seperti ini tidak dapat diduga perihal rasanya.

Kandungan Buah Melon

Tentunya disetiap buah terdapat kandungan dan manfaat bagi tubuh serta kesehatan tentunya. Karena disini saya sedang membahas mengenai buah melon, maka saya akan menjelaskan kandungan serta manfaat buah melon untuk kesehatan dan tubuh.

Kandungan serta manfaat yang terdapat di dalam buah melon antara lain :

  1. Mengandung vitamin C
  2. Kandungan kalium yang tinggi
  3. Baik untuk yang sedang melakukan program diet
  4. Baik untuk ibu hamil
  5. Mengandung vitamin B6
  6. Sebagai antioksidan
  7. Sebagai pencegah penyakit jantung
  8. Melancarkan sistem pencernaan
  9. Mencegah munculnya penyakit diabetes
  10. Menghilangkan stres

Sebenarnya masih banyak lagi kandungan yang terdapat dalam buah melon. Tentunya bukan hanya itu saja manfaat buah melon.

Kalori Melon

Kalori yang terdapat dalam buah melon adalah 34 kkal per 100gr buah melon. Kalori sendiri adalah ukuran panas untuk menunjukkan nilai energi potensial yang ada di dalam makanan atau buah.

Anda sendiri mungkin sering mendengar kalori sendiri namun tidak mengerti arti dari kalori itu sendiri. Kalori ini bisa untuk mengukur kebutuhan untuk diet agar tidak terlalu banyak kalori yang masuk dan berhasil dalam program diet.

Nama Latin Melon

Melon merupakan nama buah sekaligus nama tanaman yang menghasilkannya. Buah melon termasuk kedalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae.

Karena melon masih termasuk kedalam suku labu-labuan maka melon “bersepupu” dengan mentimun serta labu sayur. Lalu apakah nama latin buah melon sendiri? Buah melon memiliki nama latin Cucumis melo L.

Jenis Melon

Mungkin sampai sekarang anda hanya mengetahui jenis melon hanyalah melon madu dan melon biasa bukan?

Ternyata anda salah, melon itu memiliki beberapa jenis yang berbeda beda tingkat kemanisan, bentuk, warna dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis-jenis melon itu sendiri.

Melon Madu

Anda tentunya mengetahui melon jenis ini. Melon jenis ini sudah tidak asing lagi dalam telinga anda tentunya. Karena kebanyakan dari anda pasti membeli melon jenis ini.

Melon Madu
Melon Madu

Melon madu atau bisa disebut juga honeydew melon ini adalah melon yang paling manis diantara melon jenis lainnya.

Melon ini berwarna hijau sama dengan melon hijau. Yang membedakan adalah melon ini lebih lembut teksturnya dan berwarna lebih cerah.

Inilah alasan mengapa sebagian besar dari anda pasti akan mencari atau membeli melon jenis ini untuk dikonsumsi.

Melon Merah

Melon jenis ini juga banyak masyarakat yang minat, karena melon ini berwarna cantik yaitu orange kemerahan. Rasa yang manis dan sedikit keras membuat melon ini sering kali menjadi pencuci mulut dan rasanya sedikit renyah. Melon ini banyak mengandung nutrisi juga loh.

Melon Apel

Mengapa melon ini disebut sebagai melon apel?

Hal ini karena ukurannya yang mirip dengan apel yang sedikit kecil dari ukuran melon pada umumnya. Melon jenis ini termasuk melon jenis baru yang baru ditemukan ahir-akhir ini.

Melon ini hanya berukuran 300-900 gram/buah ini masih terus diteliti dan dikembangkan agar menjadi produk yang dapat dikonsumsi dan dapat diekspor dan dipasarkan sampai ke ranah internasional.

Melon Kuning

Melon kuning mungkin anda baru pernah mendengarnya. Ada melon kuning. Bagaimana si melon kuning itu dan apa manfaatnya? Mari kita simak penjelasan dibawah ini.

Melon kuning merupakan melon manis dan enak untuk dikonsumsi. Selain hal ini melon kuning mengandung banyak asam folat yang memiliki efek anti koagulan.

Melon ini juga bisa :

  • meringankan kram pada perut saat menstruasi,
  • mempertajam penglihatan,
  • meningkatkan sistem imun dan menunda penuaan dini,
  • mengurangi rasa sembelit,
  • membersihkan ginjal dan mencegah adanya batu ginjal,
  • mempertahankan keseimbangan elekrolit tubuh,
  • mencegah penyakit jantung.

Melon Kinanti

Melon jenis ini adalah termasuk jenis melon yang menjanjikan jika untuk dibudidayakan. Selain rasanya yang manis, melon ini sekali panen bisa mendapatkan omset hingga puluhan juta rupiah. Tak heran jika para petani berlomba-lomba untuk membudidayakan melon jenis ini.

Dibanding melon yang lainnya, melon jenis ini lebih manis dan renyah. Kulitnya berwarna kuning yang relatif lebih mulus dibanding melon pada umumnya. Sementara itu daging buahnya berwarna kemerahan.

Melon Emas

Melon emas atau golden melon ini menjadi populer karena warnanya yang sangat menarik perhatian. Tidak hanya dari penampilannya saja, buah melon ini juga memiliki rasa yang cukup manis.

Hal inilah yang membuat sebagian orang memilih membeli melon ini untuk dikonsumsi daripada melon yang berwarna hijau yang memiliki jenis biasa bukan yang jenis melon madu.

Melon ini cenderung lebih halus permukaannya daripada jenis melon hijau atau jenis melon pada umumnya. Buah melon ini malah terlihat seperti buah blewah.

Selain rasanya manis dan warnanya yang menarik, buah ini memiliki daya tarik yang lain karena memiliki khasiat untuk kesehatan anda.

Buah melon emas ini mengandung banyak vitamin, antara lain vitamin A,B,C, kalsium, protein, fosfor, dan masih banyak gizi yang terkandung dalam buah melon emas ini tertunya.

Penutup

Dari penjelasan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa sejatinya semua jenis melon itu rasanya manis. Namun tingkat kemanisan dari masing-masing melon memanglah berbeda dan tidak bisa disamakan.

Hal ini tentunya tidak terlepas dari adanya kekurangan dan kelebihan yang dimiliki semua benda atau makhluk hidup yang berada di muka bumi ini.

Setiap orang juga tentunya akan memiliki selera manis yang berbeda-beda. Ada yang sangat menyukai manis dan ada juga yang tidak terlalu menyukai manis. Maka dari itu melon berbeda tingkat kemanisannya.

1 tanggapan pada “Buah melon”

  1. Pingback: Manfaat Buah Melon : Khasiat Untuk Kesehatan, Kecantikan & Ibu Hamil

Tinggalkan Balasan