Buah Naga

Buah Naga Kuning

Asal Buah Naga

Buah naga atau sering dijuluki dragon fruit memang bukan tanaman asli Indonesia. Asal tanaman ini adalah dari negara Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Utara.

Buah Naga Di Mexico
Buah Naga Di Mexico

Buah ini memiliki daya tarik tersendiri. Buahnya berwarna merah menyala dan bersisik hijau.

Rasa buahnya kombinasi antara rasa manis dan sedikit asam, sangat menyegarkan. Di dalam daging buahnya terdapat buliran kecil-kecil. Menambah lezatnya buah ini.

Sejarah Buah Naga

Dari negara asalnya, ia sudah menyebar luas ke berbagai penjuru dunia. Di Meksiko, Amerika tengah dan Amerika Utara buah ini disebut dengan nama buah pitahaya atau pitaya roja. Penduduk Indian sering memanfaatkan buah ini sebagai buah meja atau buah yang dikonsumsi segar.

Memang buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Utara dan Tengah. Akan tetapi tanaman ini lebih dikenal sebagai tanaman yang berasal dari Asia. Hal ini disebabkan ia banyak dikembangkan secara besar-besaran di wilayah Asia seperti di negara Thailand dan Vietnam.

Sebenarnya buah ini masuk ke daratan Asia pertama kali masuk ke Vietnam dibawa oleh orang Perancis sekitar tahun 1870.  Masuknya tanaman buah ini ke wilayah Vietnam sebenarnya ditunjukan sebagai tanaman hias.

Karena batangnya berbentuk segi tiga berduri dan sangat pendek terlihat seperti tanaman hias.

Ditinjau dari bunga tanamannyapun, bunganya sangat unik. Bunganya berbentuk seperti corong mulai mekar saat senja dan akan mekar penuh disaat malam.

Namun setelah dikembangkan cukup lama masyarakat Vietnam mulai melirik buah dari tanaman seperti kaktus ini. Hal ini terjadi setelah masyarakat mulai mengetahui rasa buah yang dapat dimakan.  Seperti yang dilakukan masyarakat Meksiko dan Indian.

Buah Naga di Vietnam
Buah Naga di Vietnam

Rasa buah  yang lezat dan nikmat sangat digemari masyarakat Vietnam. Di daerah tersebut dibudidayakan tanaman khusus untuk diambil buahnya.

Nama dragon fruit di wilayah Asia disebabkan oleh fungsi buahnya. Pada jaman masyarakat China kuno, mereka sering meletakan buah ini diatas meja altar diantara dua ekor patung naga yang berwarna hijau.

Tradisi religius dalam masyarakat China kuno ini dipercaya akan membawa berkah yang melimpah.

Warna merah dari buah ini sangat mencolok yang membuatnya juga memiliki nilai estetika. Tradisi inilah yang mendasari adanya julukan untuk buah naga yaitu thang loy dragon fruit.

Di Indonesia buah ini mulai dikenal sekitar pertengah tahun 2000. Bibit tanaman buah ini bukan dari negeri sendiri melainkan hasil import dari Thailand.

Iklim di Indonesia sangat mendukung pembudidayaan tanaman buah ini. Daerah di Indonesia yang hingga kini sudah mengemabngkan tanaman buah naga yaitu Jember, Mojokerto, Pasuruan, dan Jombang.

Baca Juga : Cara Pembibitan Buah Naga

Jenis Buah Naga

Tanaman buah ini termasuk tanaman tropis yang mudah beradaptasi di wilayah yang sering mengalami perubahan cuaca. Tanaman ini harus banyak terkena sinar matahari agar pertumbuhanya optimal. Berbagai jenis buah ini sekarang mulai dihasilkan.

Beberapa diantaranya adalah:

Buah Naga Merah

Buah naga merah memiliki nama latin Hylocerecus costraicensis. Ia memiliki warna daging buah yang merah dan sangat cantik. Batang tanaman buah merah ini lebih besar dibandingkan dengan jenis buah naga lainnya. Batang dan cabangnya berwarna belang-belang atau loreng jika sudah tua.

Buah Naga Merah
Buah Naga Merah

Buah naga merah memiliki warna buah merah cerah. Kondisi buahnya yang merah pekat sering disebut dengan dragon fruit super red. Bentuk buahnya bulat dan lonjong bersisik dengan ujung sisik berwarna hijau. Tekstur kulitnya lembut seperti tekstur buahnya.

Berat buahnya sekitar 400-500 g dengan rasa manis. Kadar kemanisannya bisa mencapai 13-15 briks. Tanaman buah ini sangat menyukai tempat yang panas dengan ketinggian rendah sampai sedang.

Buah ini diketahui mengandung senyawa antara lain protein, vitamin B2, B2, serat alami betakaroten, klasium, lemak dan vitamin C.

Kompleks ya kandungan vitamin buah ini sehingga manfaatnya juga sangat beragam. Ia sangatlah baik di konsumsi bahkan sangat di anjurkan untuk ibu hamil.

Baca Juga : Manfaat Buah Naga

Buah Naga Putih

Varientas buah naga putih adalah jenis buah naga yang pertama kali ditemukan. Secara umum buah jenis putih ini memiliki ciri-ciri kurang lebih sama dengan buah jenis yang lainnya.

Buah Naga Putih
Buah Naga Putih

Salah satu pembeda yang menjadi dasar pengelompokan berbagai varientas ada pada daging buahnya.

Buah putihini memiliki kulit buah berwarna merah cerah dengan sisik berujung hijau. Ketika buah tersebut dibelah kita akan menemukan buah dengan daging putih dan dipenuhi dengan biji kecil berwarna hitam.

Selain warna daging buahnya ternyata buah jenis putih ini juga memiliki aroma yang khas berbeda dengan jenis buah lainnya.

Buah jenis putih ini memiliki karakteristik aroma yang sweet atau manis. Meskipun aroma yang dominan adalah aroma manis tapi rasa buahnya berpadu dengan rasa asam. Di dalam daging buah putih ini terkandung banyak biji berwarna hitam. Berat buah putih ini sekitar 400-500 gram.

Daerah yang sangat ideal untuk perumbuhan tanaman naga pada ketinggian 400 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian menjapai 400 meter akan lebih banyak bermunculaan tunas dan produktivitas bunga semakin bertambah.

Baca Juga : Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Buah Naga Kuning

Buah naga kuning memiliki jenis buah yang berpenampilan berbeda dengan jenis yang lainnya. Kulit buah kuning ini tidak memiliki sisik buah sehingga tekstur buahnya halus.

Meskipun tanpa sisik, buah ini kulit buahnya masih menampilkan tonjolan-tonjolan. Tapi ada juga jenis  yang memiliki kulit bersisik hijau dan berduri.

Buah Naga Kuning
Buah Naga Kuning

Sayangnya buah kuning ini kurang populer dibandingkan jenis yang lainnya. Kemungkinaan besar buah kuning ini kurang populer karena ukuran buah yang tergolong kecil bobotnya mencapai 80-100 gram saja.

Pertumbuhan yang optimal untuk tanaman ini didaerah dingin dengan ketinggian tempat lebih dari 800 meter diatas permukaan laut.

Daging buahnya berwarna putih berbiji hitam persis seperti buah naga putih. Namun rasa buah ini dominan rasa manis. Kemanisannya mencapai 15-18 briks.

Kandungan air buah ini sangat tinggi membuat ia sangat segar dinikmati. Buah jenis ini terbilang sangat jarang dibudidayakan di wilayah Indonesia. Ia juga mengandung karoten dan antioksida sama halnya dengan jenis buah lainnya.

Buah Naga Hitam

Buah naga hitam atau sering dikenal dengan istilah black dragon fruit memang jenis naga yang belum lama dibudidayakan di Indonesia.

Buah ini daging buahnya berwarna hitam dan mempunyai kulit buah berwarna merah dengan sisik berwarna hijau.

Buah Naga Hitam
Buah Naga Hitam

Buah hitam ini adalah hasil dari inovasi pembaharuan buah naga super red yang dalam perawatanya mempergunakan pupuk hitam atau black natural.

Pupuk hitam ini merubah genetik buah naga super merah menjadi buah yang unik yaitu buah dengan daging hitam.

Komposisi pupuk ini dengan mengunakan kotoran sapi, cengkeh sisa pabrik rokok, ampas jamu dan abu sekam. Pupuk hitam membuat efek farmakologis.

Warna hitam pekat menjadikan buah ini kaya akan kandungan betakaroten. Betakaroten merupakan senyawa organik yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas.

Kemampuan betakaroten untuk memproteksi sel sumber kanker dan tumor. Oleh karena itu mengkonsumsi buah hitam ini secara rutin dapat mencegah penyakit kanker dan tumor.

Buah hitam ini rasa buahnya manis dan daya penyimpanannya lebih lama. Bisa ditempatkan pada suhu ruangan selama 10 hari.

Dengan suhu rendah 5-10 derajat Celsius atau dalam kulkas. Buahnya ini tetap akan terjaga kualitasnya hingga 1 bulan.

Baca Juga : Harga Buah Naga

Buah Naga Ungu

Buah naga ungu adalah buah yang mempunyai daging buah berwarna ungu.

Buah ini paling banyak dibudidayakan di China dan Australia. Kulit buah ini berwarna merah bersisik hijau. Rasanya lebih manis dibandingkan jenis yang putih. Kadar kemanisannya mencapai 13-15 briks.

Buah Naga Ungu
Buah Naga Ungu

Tanaman buah naga ungu termasuk jenis buah naga yang rajin berbunga bahkan cenderung berbunga sepanjang tahun.

Sayangnya keberhasilan bunga menjadi sebuah buah sangat kecil, hanya mencapai 50 persen.

Tanaman buah naga ungu batang pohonnya lebih kekar dengan jarak duri yang rapat. Buah ini ukuran buahnya pun kecil. Rata-rata buahnya hanya sekitar 400 gram saja. Penanaman buah naga ungu yang ideal pada ketinggian rendah sampai daerah sedang.

Buah naga ungu sangat bermanfaat bagi kesehatan salah satunya menurunkan tekanan darah. Zat antioksida dalam buah naga ungu sangat membantu dalam menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

Kandungan tersebut sangat berkhasiat untuk menjaga kelestarian pembuluh darah.

Buah Naga Orange

Salah satu jenis buah naga adalah buah naga orange. Buah  ini masih satu sejenis dengan buah naga kuning.

Bedanya dengan buah naga kuning adalah daging buah naga orange berwarna merah bukan berwarna putih. Buah ini kulit buahnya berwarna orange dan ukuran buahnya kecil tidak terlalu besar.

Buah Naga Orange
Buah Naga Orange

Warna kulit buahnya yang mencolok berwarna orange.

Tanaman buah naga orange sangat ideal jika penanamanya di daerah pegunungan yang berhawa dingin.

Masa tanam buah ini atau produksi tanaman buah lebih lama dibandingkan jenis yang merah. Rasa daging buah jenis orange manis, segar dan nikmat.

Buah Naga Biru

Buah ini adalah jenis buah yang baru dan belum populer. Yang membedakan buah naga biru dengan jenis  yang lain yaitu warna kulit buah dan daging buah.

Warna kulit buah naga biru berwarna biru cerah dan sangat cantik.

Buah Naga Biru
Buah Naga Biru

Ada juga jenis buah ini yang tidak memiliki sisik.

Sedangkan warna daging buah ini berwarna putih serta biji berwarna hitam.

Buah ini mudah ditanam pada daerah yang rendah sampai sedang dengan suhu optimal 20-23 derajat Celsius diatas permukaan laut.

Baca Juga : Cara Menanam Buah Naga

Penutup

Dari artikel ini kita lebih mengenal asal, sejarah sampai jenis buah ini. Buah ini memang cukup banyak jenisnya. Dan yang terpenting adalah memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh kita.  Terimakasih telah membaca semoga bermanfaat.