Cara Menanam Buah Mangga

Kebun Mangga

Budidaya buah mangga

Menanam mangga sangat menguntungkan karena mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Ada beberapa hal yang harus kita ketahui untuk membudidayakan tanaman mangga.

Yang pertama adalah memilih bibit buah mangga unggul dan berkualitas super.

Ada banyak varientas pohon mangga yang terkenal di Indonesia yang memiliki cita rasa yang khas. Contohnya mangga arumanis, mangga manalagi, mangga kedong, mangga cangkir, mangga alpukat dan lain sebagainya.

Media tanam yang baik untuk budidaya tanaman adalah memilih tanah yang gembur mengandung beberapa pasir juga lempung tanah dalam jumlah yang seimbang. Derajat keasaman tanah untuk buah mangga atau pH tanah sekitar 5,5-7,5.

Tempat ketinggian yang ditanam didaerah rendah dan menengah sekitar 0-500 m di atas permukaan laut. Menghasilkan buah yang unggul dan jumlahnya lebih banyak dari pada buah mangga yang ditanam di dataran tinggi.

Perolehan bibit dapat dilakukan dengan menggunakan biji tanaman mangga yang sehat kuat dan buahnya berkualitas. Biji harus dikeringkan terlebih dahulu.

Car lain adalah dengan cara okulasi.  Okulasi adalah penempelan tunas batang atas dari pohon yang berkualitas dan memiliki buah banyak, ke batang bawah yang memiliki struktur akar dan tanaman yang kuat.

Pencangkokkan sebaiknya dilakukan pada tanaman yang telah berumur lebih dari 1 tahun dengan batang yang akan dicangkokkan memiliki diameter 2,5 cm.

Jika cara ini dirasa sulit, bisa dengan cara membeli bibit buah mangga yang berkualitas dan terpercaya.

Menanam pohon mangga melakukan perawatan ataupun pemeliharan tanaman beberapa langkah yang harus dilakukan. Lakukan pengontrolan tanaman buah mangga secara rutin agar terhidar dari tanaman yang terkena penyakit atau pertumbuhan yang tidak normal.

Menanam Mangga
Menanam Mangga

Pada masa pertumbuhan buah mangga saat kecil memerlukan air yang cukup.  Sehingga perlu dilakukan pengecekan akan kebutuhan airnya.  Jika di lihat tanah tempat tumbuh mangga telah kering, maka perlu dilakukan penyiraman.

Pohon mangga idealnya memiliki jarak tanam 10 x 10 m atau 12 x 12 m dengan lubang tanam pada titik yang sudah ditentukan. Penanaman pohon mangga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan sore hari.

Penanaman bibit buah mangga akan sangat tepat dilakukan disaat musim hujan.

Pupuk buah mangga

Tanaman mangga juga membutuhkan nutrisi untuk kelangsungan pertumbuhannya.  Salah satunya adalah dengan pemberian pupuk.  Tujuan pemberian pupuk agar tanaman tumbuh dengan baik dan mampu berbuah lebat. Pupuk untuk tanaman mangga berupa pupuk NPK, pupuk kandang atau kompos, Urea.

Semakin bertambahnya usia tanaman mangga, maka kebutuhan akan pupuk semakin banyak.

Pemupukan buah mangga dengan cara membuat parit melingkari batang pohon buah mangga.

Jarak antar parit dengan batang pohon yaitu selebar diameter tajuk tanaman terluar. Kedalamannya 30 cm dengan lebar parit kira-kira selebar mata cangkul.

Tanaman muda membutuhkan pupuk jenis NPK 14 : 14 : 14 serta pupuk urea. Dosis yang dibutuhkan sekitar 300 sampai 400 gram pupuk NPK DAN 300 gram pupuk urea.

Untuk tanaman buah mangga dewasa pupuk diberikan dengan dosis 1,5-2 kilogram pupuk NPK serta pupuk  kandang  per pohon.

Tanaman pohon mangga yang berumur 8-10 tahun pupuk yang digunakan adalah pupuk kompos sebanyak 2 sak. Pupuk kandang yang dipakai yaitu pupuk kandang yang sudah tercampur oleh tanah.

Cara Agar Buah Mangga Cepat Berbuah

Melengkungkan batang

Tujuan dari pelengkungan batang pohon adalah untuk menghambat fase pertumbuhan vegetatif mendorong pertumbuhan generatif. Cara yang dilakukan untuk melengkungkan batang adalah dengan mendatarkan cabang.   Setelah batang dalam kondisi mendatar, maka tarik hingga posisinya merunduk.

Kondisi ini membuat aliran unsur hara dan air akan berlangsung lebih lambat dibandingakan dengan batang pohon yang lurus ke atas.

Pemangkasan

Agar buah mangga cepat berbuah perlu dilakukan pemangkasan cabang dan ranting. Pemangkasan yang dilakukan secara rutin dapat merangsang pertumbuhan buah.

Carilah cabang ataupun ranting yang tidak produktif.

Aktifitas ini bertujuan untuk mengefisienkan hasil dari fotosintesis sehingga kandungan  karbohidrat yang dibutuhkan untuk pembentukan buah akan meningkat.

Pemangkasan pada tanaman pohon mangga yang rimbun akan membantu meratakan penyebaran sinar matahari. Buah mangga yang memiliki cabang tegak biasanya menghasilkan bunga yang kurang bagus dibandingkan dengan cabang datar.

Pemangkasan pada batang mangga juga dapat dilakukan pada batang yang terkena penyakit dan cacat.

Stres air

Teknik ini perlu dilakukan dengan sangat teliti dan hati-hati agar dapat memberikan hasil yang optimal. Karena jika dilakukan dengan tidak hati-hati bisa jadi tanaman menjadi layu dan mati.

Stres air bukan berarti tanaman tidak disirami sama sekali,  tetapi hanya beberapa waktu selama 2-3 hari tanpa air.

Stres air berfungsi untuk membuat daun tanaman mangga tidak tumbuh lebat dan merangsang tanaman mangga untuk berbunga. Sebaiknya pastikan tanaman dalam kondisi tanaman yang benar-benar sehat.

Musim berbuah mangga

Saat musim berbuah mangga, akan sangat banyak ditemukan buah mangga dengan mudah.

Biasanya terjadi pada akhir musim kemarau dan awal musim hujan di sekitar awal bulan Desember.

Musim hujan yang datang membuat tumbuhan menjadi subur karena tanaman menjadi segar terkena air hujan.

Disaat ini pohon mangga akan mulai berbunga dan berbuah lebat.  Buah mangga yang sangat lebat memudahkan kita untuk memetik buah mangga.

Buah mangga dari hasi cangkokan dapat berbuah pada usia pohon 4 tahun sedangkan mangga okulasi pada umur 5 sampai 6 tahun.

Panen buah mangga

Buah mangga yang dapat dipanen memiliki tanda-tanda adanya buah mangga yang jatuh setidaknya 1 buah.  Buah yang jatuh ini terjadi karena telah matang.

Panen Mangga
Panen Mangga

Warna buahnya juga akan berubah, dengan perubahan yang berbeda-beda tergantung dari jenis buahnya.  Jika itu mangga harum manis,  ketika sudah matang ia akan memiliki warna hijau tua kebirunan. Mangga golek ataupun mangga gedok jika sudah matang berwarna kuning kemerah-merahan.

Pada saat memanen buah mangga sebaiknya buah jangan sampai jatuh mengakibatkan buah memar dan terpotong. Buah mangga lebih baik dipanen disaat sore hari dengan menggunakan galah. Mangga yang siap dipanen memiliki ciri-ciri buah yang sudah cukup besar dan sudah cukup umur untuk dipanen.

Pengolahan buah mangga

Rasa mangga yang manis dan beraroma harum mempunyai kandungan gizi yang baik untuk kesehatan.

Ia memang enak dimakan langsung, tapi di zaman sekarang buah mangga banyak diolah menjadi berbagai macam makanan.  Mulai dari aneka rasa minuman hingga makanan-makanan dengan rasa mangga di dalamnya.

Bahkan saat ini banyak gerai minuman yang khusus menjual berbagai macam variasi jus mangga.

Variasi Es Mangga
Variasi Es Mangga

Ada juga makanan-makanan yang menjadikan mangga sebagai salah satu unsur bahannya.  Misalnya agar-agar buah mangga, rujak buah, sop buah, kue-kue dan masih banyak lagi.

Rujak Mangga
Rujak Mangga

Banyaknya variasi pengolahan buah mangga ini memberikan peluang yang tinggi bagi kita untuk membudidayakan tanaman mangga. Karena artinya, ia telah masuk menjadi komoditas pertanian yang banyak di cari oleh konsumen, sehingga permintaannya akan tinggi.  Dengan tingginya permintaan maka kejadian turunnya harga karena over produksi ketika panen bisa diminimalisir.  Tentu saja, ini akan sangat menguntungkan.

Selai Mangga
Selai Mangga

Kebun buah mangga

Menanam pohon mangga dalam jumlah banyak berarti kita mengkebunkan buah mangga.

Jenis tanaman  ini bisa menjadi pilihan karena pohon mangga yang mudah ditanam dan tidak terlalu sulit perawatannya.

Kebun Mangga
Kebun Mangga

Selain faktor perawatannya yang mudah, peluang usaha perkebunan mangga juga menguntungkan  karena kondisi yang telah di jelaskan di atas.

Kelebihan lainnya, pohon mangga mempunyai daya tahan terhadap serangan hama penyakit yang dapat menggangu kelangsungan pertumbuhan pohon.  Dengan kemampuan menahan serangan hama dan penyakit yang tinggi akan menjadikan biaya pencegahan dan perawatan tanaman karena serangan hama dan penyakit akan menjadi rendah.  Ditambah lagi dengan jumlah panen yang berlimpah, tentu keuntunganya akan berlipat ganda.

Kebun buah mangga sebaiknya dibersihkan dari semak-semak dan rumput liar agar tanaman buah mangga dapat hidup subur.

Dengan iklim di Indonesia yang sangat baik dijadikan tempat untuk menanam buah mangga dengan suhu  dan intensitas cahaya yang tepat. Buah mangga yang dihasilkan dari kebun mangga bisa memiliki kualitas yang unggul dan super.

Tinggalkan Balasan