Cuka Apel

Membuat cuka apel sendiri

Cuka apel merupakan bahan alami yang banyak diperbincangkan saat saat ini. Karena ia memiliki fungsi dan manfaat yang banyak. Selain itu juga dapat digunakan sebagai perawatan kulit wajah.

Cuka Apel
Cuka Apel

Fungsi Cuka Apel

Cuka ini diperoleh dari fermentasi sari apel dengan proses yang panjang dan menyisakan beberapa komponen seperti asam asetat, asam gallic, katekin dan lain sebagainya.

Kandungan yang ada di dalamnya memiliki beberapa fungsi untuk kesehatan tubuh serta untuk kecantikan. Namun perlu diperhatikan dalam penggunaannya.

Terlalu banyak dosis yang digunakan dalam jangka waktu yang lama, Anda akan mengalami efek samping dari cuka tersebut.

Beberapa fungsi yang terdapat pada cuka ini yaitu sebagai berikut.

  • Minuman cuka ini mengandung D-glucaric yang berfungsi untuk mengatur kadar kolesterol dalam tubuh dan mampu mengurangi kolesterol jahat sebesar 35%.
  • Cuka ini memiliki asam asetat yang tinggi sehingga mengandung kalori yang rendah
  • Asam asetat merupakan antimikroba yang baik untuk pencernaan. Mampu membunuh bakteri potagen yang tidak baik bagi kesehatan pencernaan
  • Cuka ini juga dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Kandungan pectin di dalamnya dapat mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh

Manfaat Cuka Apel

Manfaat cuka ini ternyata sudah terkenal sudah lama, namun sekarang ini popularitasnya meningkat. Cuka ini dibuat dari sari apel yang telah mengalami fermentasi untuk membentuk probiotik dan enzim sehingga mengandung sedikit gula dan kalori.

Dengan banyaknya manfaat yang dimiliki olehnya ternyata memiliki efek samping juga. Kandungan cuka ini yang tinggi menyebabkan efek panas pada kulit, bahkan sampai menyebabkan iritasi.

Jika salah dalam penggunaan cairan apel ini dapat menimbulkan bekas luka bakar pada kulit. Jadi untuk menghindari kejadian tersebut Anda perlu mencampurkan cuka ini dengan air untuk mengurangi keasamannya.

Anda dapat mencampurkan cuka ini dengan bahan-bahan yang dapat menetralisir keasaman cuka sehingga dapat digunakan pada kulit.

Pada awalnya cuka ini hanya dikonsumsi sebagai bahan untuk mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

Namun, semakin berkembangnya ilmu pengetahuan pada saat ini dapat memperkuat gigi, mencegah rambut rontok dan dapat digunakan untuk perawatan kecantikan seperti menghilangkan jerawat, noda hitam dan sebagainya.

Baca Juga : Kandungan Dan Manfaat Apel

Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah

Saat ini cuka ini sedang ramai dibicarakan. Apalagi bagi para wanita yang ingin memiliki wajah yang cerah, bersih dan cantik.

Ia memiliki banyak manfaat untuk kecantikan jika kita menggunakannya secara rutin maka akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Berikut beberapa manfaat yang terkandung di dalam cuka ini untuk wajah.

  1. Mengurangi noda hitam

Mencuci muka setiap hari secara rutin dapat menghilangkan noda hitam pada kulit wajah. Karena cuka ini mengandung asam hidroksi yang menghilangkan sel kulit mati serta dapat mempercepat regenerasi kulit.

Biasanya noda hitam pada kulit wajah muncul karena penuaan dini.

  1. Dapat melawan bakteri

Cuka ini ternyata dapat untuk melawan jerawat loh. Karena ia memiliki kandungan anti bakteri yang dapat menjaga kulit dari bakteri penyebab jerawat.

  1. Mengecilkan pori-pori wajah

Cuka ini mengandung AHA alami yang dapat membantu mendorong pembentukan sel kulit baru. Kandungan AHA alami tersebut dapat mengecilkan pori-pori pada wajah sehingga kulit menjadi halus.

Selain itu juga dapat memaksimalkan proses pigmentasi kulit sehingga kulit menjadi cerah.

  1. Menyeimbangkan pH kulit wajah

Kandungan pH pada cuka ini cocok digunakan untuk merawat kulit serta mencegah kulit wajah menjadi kering atau berminyak. Anda dapat menggunakan cuka apel untuk membantu meneimbangkan sebum pada kulit wajah.

Dengan rutin mengkonsumsinya maka Anda akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

  1. Mencegah kerutan pada wajah

Anda yang mulai resah dengan kerutan-kerutan pada wajah. Anda dapat menggunakan cuka apel untuk mencegah kerutan pada kulit wajah.

Kandungan asam di dalam cuka apel dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan garis-garis kecil pada wajah sehingga kulit wajah akan terlihat awet muda dan mempesona.

Cara Pakai Cuka Apel

Sekarang ini sudah banyak orang yang mengetahui tentang cuka apel dan manfaat yang terkandung di dalamnya. Kandungan cuka apel ini baik untuk kesehata dan juga kecantikan Anda.

Namun ada orang yang belum tahu atau belum mengerti atau belum memahami tentang bagaimana cara mengaplikasikan cuka apel untuk kecantikan dan kesehatan.

Adapun beberapa cara untuk memakai cuka apel untuk wajah dan jerawat.

  1. Siapkan cuka apel. Gunakan cuka apel organic yang mengandung ampas karena mengandung protein, enzim dan bakteri yang bermanfaat penting bagi kesehatan kita.
  2. Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1 : 3. Tetapi jika Anda memiliki kulit yang lebih sensitive bisa menggunakan air lebih banyak lagi.
  3. Bersihkan wajah dengan sabun wajah kemudian keringkan dengan handuk yang bersih
  4. Oleskan campuran cuka apel ke wajah dengan menggunakan kapas atau cotton bud dengan lembut
  5. Diamkan sekitar kurang lebih 5 – 20 detik lalu bilas dengan air dan keringkan
  6. Lakukan cara ini 1 – 2 hari sekali dan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang bagus

Biang atau ampas merupakan zat keruh yang biasanya meresap dan ada di bagian bawah botol. Cuka apel yang memiliki biang atau ampas dapat memberikan lebih banyak manfaat dibandingkan dengan cuka apel yang sudah di saring.

Cuka apel juga dapat digunakan sebagai masker wajah caranya yaitu dengan mencamprkan 2 sendok makan cuka apel dengan 2 sendok makan air matang kemudian tambahkan juga perasan air lemon dan gula untuk scrub.

Campurkan sampai rata kemudian oleskan ke seluruh wajah secara merata. Gosok perlahan – lahan. Diamkan masker cuka apel selama kurang lebih 20 menit. Lalu bilas sampai bersih.

Cuka Apel Untuk Diet

Buah apel mengandung pektin, polimer heterosakarida yang dapat membuat tubuh menjadi cepat kenyang tanpa harus makan banyak.

Sedangkan cuka apel mengandung jumlah pektin yang sama dengan satu buah apel. Jadi efek antara buah apel dengan cuka apel sama.

Selain itu cuka apel juga dapat menjadi stimulant untuk indra pengecap yang akan membuat selera makan lebih baik dan akan terasa lezat sehingga tubuh dapat terhindar dari makanan yang mengandung banyak garam, penyedap serta minyak yang akan membuat berat badan naik.

Dengan meminum cuka apel untuk diet merupakan cara yang efektif karena minuman cuka apel merangsang metabolisme tubuh serta melancarkan pencernaan sehingga makanan yang dikonsumsi oleh tubuh akan diserap nutrisi-nutrisinya.

Sedangkan lemak yang dikonsumsi oleh tubuh akan terbuang dengan cepat melalui pencernaan. Maka dari itu berat badan akan berkurang dengan cepat.

Sebaiknya mengkonsumsi cuka apel pada waktu sebelum makan di pagi hari dan malam hari.

Apabila dikonsumsi secara teratur maka berat badan Anda akan bisa turun lebih cepat sehingga tubuh semakin langsing.

Untuk mengkonsumsi cuka apel sebagai penurun berat badan atau diet Anda harus mengetahui cuka apel yang seperti apa yang baik untuk diet.

Setelah mengetahui cuka apel yang seperti apa yang akan dibeli Anda dapat mengkonsumsinya 1 – 2 sendok teh sebelum makan pagi dan siang.

Lakukan hal tersebut secara teratur untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Manfaat Cuka Apel Untuk Diet

Manfaat Cuka Apel Untuk Diet
Manfaat Cuka Apel Untuk Diet

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya diatas bahwa cuka apel memiliki berbagai macam manfaat bagi tubuh dari kesehatan sampai kecantikan. Berikut merupakan beberapa manfaat cuka apel untuk diet.

  1. Mengontrol nafsu makan

Agar program diet yang Anda lakukan diet maka perlu dikurangi frekuensi makannya. Nah cuka salah satu manfaat dari cuka apel ini yaitu sebagai pengontrol nafsu makan.

Dengan mengkonsumsi cuka apel orang yang akan melakukan program diet akan terkontrol makannya sehingga berat badan dalam tubuh dapat dikendalikan karena tidak terlalu sering makan.

Asupan kalori yang ada di dalam tubuh juga akan berkurang sehingga tidak akan terjadi penumpukan kalori yang akan menyebabkan kegemukan pada tubuh.

  1. Membuat perut tidak mudah lapar

Cuka apel merupakan minuman yang sangat bermanfaat bagi orang yang sedang diet. Selain itu cuka apel dapat membuat perut tidak mudah merasa lapar.

Dengan perut yang tidak mudah lapar akan membuat makan kita terkontrol. Karena penyebab utama dari kegemukan karena perut yang mudah lapar.

  1. Pembakar lemak

Manfaat cuka apel untuk diet yang selanjutnya yaitu dapat membakar lemak dalam tubuh. Hal tersebut karena cuka apel mengandung pectin sehingga dapat mempercepat pembakaran lemak yang ada di dalam tubuh.

Apalagi jika dikombinasikan dengan rajin berolahraga maka lemak di dalam tubuh akan lebih cepat terbakar dan Anda akan lebih cepat memperoleh tubuh yang sesuai dengan impian atau dambaan Anda.

  1. Menurunkan berat badan dengan cepat

Seseorang yang melakukan diet pastinya ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Dengan beberapa manfaat di atas cuka apel dapat menurunkan berat badan secara cepat.

Kandungan yang terdapat di dalam cuka apel juga dapat menurunkan berat badan dengan cepat.

Dengan kita sering mengkonsumsinya secara teratur dan diimbangi dengan olahraga yang teratur serta pola hidup yang bagus maka akan lebih cepat lagi dalam menurunkan berat badan.

Cara Membuat Cuka Apel

Membuat cuka apel sendiri
Membuat cuka apel sendiri

Pembuatan cuka ini sebenarnya mudah dan praktis. Bahan bahan yang digunakan untuk membuatnya juga tergolong mudah ditemukan.

Bahan untuk membuat cuka ini yaitu buah apel, gula pasir serta air bersih. Anda dapat dengan mudah membuatnya sendiri di rumah bahkan dapat dimanfaatkan sebagai usaha rumahan.

Berikut cara yang harus dilakukan untuk membuat cuka apel.

Bahan: buah apel dapat disesuaikan sesuai kebutuhan

Cara membuat:

  1. Pilihlah buah apel yang segar dan berkualitas kemudian cuci apel sampai benar-benar bersih serta pastikan tida ada pestisida pada buah tersebut. Karena dapat mempengaruhi cuka yang dihasilkan
  2. Setelah itu potong tipis-tipis buah apel dengan kulitnya yang sudah di cuci. Bisa juga dilakukan dengan diblender
  3. Ambil mangkuk atau piring untuk merendam apel yang sudah diiris tipis atau diblender. Pastikan terendam semua dengan rendaman 2 cm
  4. Setelah itu tambahkan ¼ cup gula pasir lalu aduk sampai merata
  5. Diamkan rendaman kurang lebih selama 1 minggu sampai rendaman berubah menjadi kecoklatan. Jika ditemukan jamur maka buanglah jamur dengan menggunakan sendok sampai bersih
  6. Setelah itu masukkan cairan rendalam ke dalam toples atau botol sampai rapat lalu tutup dengan menggunakan kain kasa
  7. Biarkan rendaman cuka apel selama 6 minggu baru bisa digunakan

Efek Samping Cuka Apel

Selain banyak mengandung manfaat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Ternyata ia memiliki beberapa efek samping apabila kita mengkonsumsinya terlalu berlebihan.

Berikut beberapa efek samping cuka apel untuk tubuh.

  1. Memperlambat pengosongan perut

Mengkonsumsi cuka ini akan membantu mencegah lonjakan gula darah dalam tubuh dengan cara mengurangi kecepatan makanan untuk meninggalkan perut.

Dengan konsumsi cuka yang berlebihan akan menyebabkan proses penyerapan makanan dari saluran pencernaan ke aliran darah akan jauh lebih lambat.

Apalagi untuk penderita gastroparesis yang pada umumnya terjadi pada penderita diabetes satu.

  1. Gangguan pencernaan

Keasaman yang tinggi pada cuka ini akan memperparah kondisi seseorang yang terkena magh atau dapat menyebabkan orang menjadi mual.

Jadi bagi Anda yang mengalami gangguan pada pencernaan atau kesulitan dalam menelan makanan tidak disarankan untuk mengkonsumsi cuka ini.

  1. Masalah gigi
Efek Samping Cuka Apel Pada Gigi
Efek Samping Cuka Apel Pada Gigi

Cuka ini memiliki keasaman yang tinggi dan dapat merusak lapisan enamel pada gigi serta akan menyebabkan gigi berlubang.

Minuman ini yang tidak dilarutkan terlebih dahulu atau yang diminum secara langsug dapat merusak gigi bahkan dapat memberikan efek kekuningan sehingga gigi akan lebih sensitive

  1. Jumlah kalium rendah dan berkurangnya mineral tulang.

Mengkonsumsi cuka ini dengan dosis yang tinggi serta jangka waktu yang lama akan menyebabkan jumlah kalium, rendah dan bekrkurangnya minerak tulang.

  1. Kerongkongan akan terasa perih

Efek samping dari cuka ini yang selanjutnya yaitu kerongkongan akan terasa perih. Ia akan berpotensi menyebabkan iritasi pada kerongkongan jika dikonsumsi terlalu banyak dengan jangka waktu yang lama.

Sehingga untuk mengkonsumsinya perlu dicampur dengan air agar cuka yang pekat tidak langsung menempel pada dinding kerongkongan.

Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan

Pada zaman dahulu cuka ini dimanfaatkan untuk mengobati sakit tenggorokan dan varises.

Namun dengan perkembangan teknologi dan pengetahuan sekarang ini ia memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Selain bermanfaat untuk kesehatan cuka ini juga dapat dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan seperti yang sudah dijelaskan sebelumya.

Adapun manfaat dari cuka apel untuk kesehatan yaitu.

  1. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti hipertensi dan penyakit jantung.

Kolesterol yang tinggi juga akan menyebabkan jantung menegang sehingga memaksakan jantung untuk memompa lebih keras lagi untuk­­­­ mengalirkan ke seluruh tubuh manusia.

  1. Mengatur tingkat gula darah

Cuka apel dapat mengontrol kadar gula dalam radah serta mampu mengontrol kadar insulin pada penderita diabetes.

Selain itu mampu meningkatkan sensitivits insulin. Insulin merupakan hormone yang dapat bertanggung jawab untuk mengangkut gula dari darah ke jaringan dimana dapat digunakan sebagai bahan bakar.

  1. Dapat mengobati sakit perut

Dengan kandungan antibiotic di dalam cuka ini dapat mengobati sakit perut seperti diare. Anda cukup melarutkan cuka ini dengan air matang kemudian dimunum sehingga dapat membantu untuk mengobati sakit perut.

  1. Mencegah sembelit

Keasaman cuka ini dapat membantu organ pencernaan mencerna makanan yang sulit untuk dihancurkan. Sebaiknya cuka ini diminum sebelum Anda memakan makanan yang akan membuat Anda kesulitan untuk buang air besar.

  1. Mengatasi cegukan

Rasa asam pada cuka apel dapat menstimulasi saraf di daerah tenggorokan penyebab terjadinya cegukan.

1 tanggapan pada “Cuka Apel”

  1. Pingback: Apel : Pengertian, Sejarah, Klasifikasi, Kandungan Buah, & Jenis

Tinggalkan Balasan