Cuka Apel

Membuat cuka apel sendiri

Cuka apel merupakan bahan alami yang banyak diperbincangkan saat saat ini. Karena ia memiliki fungsi dan manfaat yang banyak. Selain itu juga dapat digunakan sebagai perawatan kulit wajah.

Cuka Apel
Cuka Apel

Fungsi Cuka Apel

Cuka ini diperoleh dari fermentasi sari apel dengan proses yang panjang dan menyisakan beberapa komponen seperti asam asetat, asam gallic, katekin dan lain sebagainya.

Kandungan yang ada di dalamnya memiliki beberapa fungsi untuk kesehatan tubuh serta untuk kecantikan. Namun perlu diperhatikan dalam penggunaannya.

Terlalu banyak dosis yang digunakan dalam jangka waktu yang lama, Anda akan mengalami efek samping dari cuka tersebut.

Beberapa fungsi yang terdapat pada cuka ini yaitu sebagai berikut.

  • Minuman cuka ini mengandung D-glucaric yang berfungsi untuk mengatur kadar kolesterol dalam tubuh dan mampu mengurangi kolesterol jahat sebesar 35%.
  • Cuka ini memiliki asam asetat yang tinggi sehingga mengandung kalori yang rendah
  • Asam asetat merupakan antimikroba yang baik untuk pencernaan. Mampu membunuh bakteri potagen yang tidak baik bagi kesehatan pencernaan
  • Cuka ini juga dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Kandungan pectin di dalamnya dapat mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh

Manfaat Cuka Apel

Manfaat cuka ini ternyata sudah terkenal sudah lama, namun sekarang ini popularitasnya meningkat. Cuka ini dibuat dari sari apel yang telah mengalami fermentasi untuk membentuk probiotik dan enzim sehingga mengandung sedikit gula dan kalori.

Dengan banyaknya manfaat yang dimiliki olehnya ternyata memiliki efek samping juga. Kandungan cuka ini yang tinggi menyebabkan efek panas pada kulit, bahkan sampai menyebabkan iritasi.

Jika salah dalam penggunaan cairan apel ini dapat menimbulkan bekas luka bakar pada kulit. Jadi untuk menghindari kejadian tersebut Anda perlu mencampurkan cuka ini dengan air untuk mengurangi keasamannya.

Anda dapat mencampurkan cuka ini dengan bahan-bahan yang dapat menetralisir keasaman cuka sehingga dapat digunakan pada kulit.

Pada awalnya cuka ini hanya dikonsumsi sebagai bahan untuk mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

Namun, semakin berkembangnya ilmu pengetahuan pada saat ini dapat memperkuat gigi, mencegah rambut rontok dan dapat digunakan untuk perawatan kecantikan seperti menghilangkan jerawat, noda hitam dan sebagainya.

Baca Juga : Kandungan Dan Manfaat Apel

1 tanggapan pada “Cuka Apel”

  1. Pingback: Apel : Pengertian, Sejarah, Klasifikasi, Kandungan Buah, & Jenis

Tinggalkan Balasan