Cuka Apel

Membuat cuka apel sendiri

Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah

Saat ini cuka ini sedang ramai dibicarakan. Apalagi bagi para wanita yang ingin memiliki wajah yang cerah, bersih dan cantik.

Ia memiliki banyak manfaat untuk kecantikan jika kita menggunakannya secara rutin maka akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Berikut beberapa manfaat yang terkandung di dalam cuka ini untuk wajah.

  1. Mengurangi noda hitam

Mencuci muka setiap hari secara rutin dapat menghilangkan noda hitam pada kulit wajah. Karena cuka ini mengandung asam hidroksi yang menghilangkan sel kulit mati serta dapat mempercepat regenerasi kulit.

Biasanya noda hitam pada kulit wajah muncul karena penuaan dini.

  1. Dapat melawan bakteri

Cuka ini ternyata dapat untuk melawan jerawat loh. Karena ia memiliki kandungan anti bakteri yang dapat menjaga kulit dari bakteri penyebab jerawat.

  1. Mengecilkan pori-pori wajah

Cuka ini mengandung AHA alami yang dapat membantu mendorong pembentukan sel kulit baru. Kandungan AHA alami tersebut dapat mengecilkan pori-pori pada wajah sehingga kulit menjadi halus.

Selain itu juga dapat memaksimalkan proses pigmentasi kulit sehingga kulit menjadi cerah.

  1. Menyeimbangkan pH kulit wajah

Kandungan pH pada cuka ini cocok digunakan untuk merawat kulit serta mencegah kulit wajah menjadi kering atau berminyak. Anda dapat menggunakan cuka apel untuk membantu meneimbangkan sebum pada kulit wajah.

Dengan rutin mengkonsumsinya maka Anda akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

  1. Mencegah kerutan pada wajah

Anda yang mulai resah dengan kerutan-kerutan pada wajah. Anda dapat menggunakan cuka apel untuk mencegah kerutan pada kulit wajah.

Kandungan asam di dalam cuka apel dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan garis-garis kecil pada wajah sehingga kulit wajah akan terlihat awet muda dan mempesona.

Cara Pakai Cuka Apel

Sekarang ini sudah banyak orang yang mengetahui tentang cuka apel dan manfaat yang terkandung di dalamnya. Kandungan cuka apel ini baik untuk kesehata dan juga kecantikan Anda.

Namun ada orang yang belum tahu atau belum mengerti atau belum memahami tentang bagaimana cara mengaplikasikan cuka apel untuk kecantikan dan kesehatan.

Adapun beberapa cara untuk memakai cuka apel untuk wajah dan jerawat.

  1. Siapkan cuka apel. Gunakan cuka apel organic yang mengandung ampas karena mengandung protein, enzim dan bakteri yang bermanfaat penting bagi kesehatan kita.
  2. Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1 : 3. Tetapi jika Anda memiliki kulit yang lebih sensitive bisa menggunakan air lebih banyak lagi.
  3. Bersihkan wajah dengan sabun wajah kemudian keringkan dengan handuk yang bersih
  4. Oleskan campuran cuka apel ke wajah dengan menggunakan kapas atau cotton bud dengan lembut
  5. Diamkan sekitar kurang lebih 5 – 20 detik lalu bilas dengan air dan keringkan
  6. Lakukan cara ini 1 – 2 hari sekali dan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang bagus

Biang atau ampas merupakan zat keruh yang biasanya meresap dan ada di bagian bawah botol. Cuka apel yang memiliki biang atau ampas dapat memberikan lebih banyak manfaat dibandingkan dengan cuka apel yang sudah di saring.

Cuka apel juga dapat digunakan sebagai masker wajah caranya yaitu dengan mencamprkan 2 sendok makan cuka apel dengan 2 sendok makan air matang kemudian tambahkan juga perasan air lemon dan gula untuk scrub.

Campurkan sampai rata kemudian oleskan ke seluruh wajah secara merata. Gosok perlahan – lahan. Diamkan masker cuka apel selama kurang lebih 20 menit. Lalu bilas sampai bersih.

1 tanggapan pada “Cuka Apel”

  1. Pingback: Apel : Pengertian, Sejarah, Klasifikasi, Kandungan Buah, & Jenis

Tinggalkan Balasan