Cuka Apel

Membuat cuka apel sendiri

Cara Membuat Cuka Apel

Membuat cuka apel sendiri
Membuat cuka apel sendiri

Pembuatan cuka ini sebenarnya mudah dan praktis. Bahan bahan yang digunakan untuk membuatnya juga tergolong mudah ditemukan.

Bahan untuk membuat cuka ini yaitu buah apel, gula pasir serta air bersih. Anda dapat dengan mudah membuatnya sendiri di rumah bahkan dapat dimanfaatkan sebagai usaha rumahan.

Berikut cara yang harus dilakukan untuk membuat cuka apel.

Bahan: buah apel dapat disesuaikan sesuai kebutuhan

Cara membuat:

  1. Pilihlah buah apel yang segar dan berkualitas kemudian cuci apel sampai benar-benar bersih serta pastikan tida ada pestisida pada buah tersebut. Karena dapat mempengaruhi cuka yang dihasilkan
  2. Setelah itu potong tipis-tipis buah apel dengan kulitnya yang sudah di cuci. Bisa juga dilakukan dengan diblender
  3. Ambil mangkuk atau piring untuk merendam apel yang sudah diiris tipis atau diblender. Pastikan terendam semua dengan rendaman 2 cm
  4. Setelah itu tambahkan ΒΌ cup gula pasir lalu aduk sampai merata
  5. Diamkan rendaman kurang lebih selama 1 minggu sampai rendaman berubah menjadi kecoklatan. Jika ditemukan jamur maka buanglah jamur dengan menggunakan sendok sampai bersih
  6. Setelah itu masukkan cairan rendalam ke dalam toples atau botol sampai rapat lalu tutup dengan menggunakan kain kasa
  7. Biarkan rendaman cuka apel selama 6 minggu baru bisa digunakan

Efek Samping Cuka Apel

Selain banyak mengandung manfaat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Ternyata ia memiliki beberapa efek samping apabila kita mengkonsumsinya terlalu berlebihan.

Berikut beberapa efek samping cuka apel untuk tubuh.

  1. Memperlambat pengosongan perut

Mengkonsumsi cuka ini akan membantu mencegah lonjakan gula darah dalam tubuh dengan cara mengurangi kecepatan makanan untuk meninggalkan perut.

Dengan konsumsi cuka yang berlebihan akan menyebabkan proses penyerapan makanan dari saluran pencernaan ke aliran darah akan jauh lebih lambat.

Apalagi untuk penderita gastroparesis yang pada umumnya terjadi pada penderita diabetes satu.

  1. Gangguan pencernaan

Keasaman yang tinggi pada cuka ini akan memperparah kondisi seseorang yang terkena magh atau dapat menyebabkan orang menjadi mual.

Jadi bagi Anda yang mengalami gangguan pada pencernaan atau kesulitan dalam menelan makanan tidak disarankan untuk mengkonsumsi cuka ini.

  1. Masalah gigi
Efek Samping Cuka Apel Pada Gigi
Efek Samping Cuka Apel Pada Gigi

Cuka ini memiliki keasaman yang tinggi dan dapat merusak lapisan enamel pada gigi serta akan menyebabkan gigi berlubang.

Minuman ini yang tidak dilarutkan terlebih dahulu atau yang diminum secara langsug dapat merusak gigi bahkan dapat memberikan efek kekuningan sehingga gigi akan lebih sensitive

  1. Jumlah kalium rendah dan berkurangnya mineral tulang.

Mengkonsumsi cuka ini dengan dosis yang tinggi serta jangka waktu yang lama akan menyebabkan jumlah kalium, rendah dan bekrkurangnya minerak tulang.

  1. Kerongkongan akan terasa perih

Efek samping dari cuka ini yang selanjutnya yaitu kerongkongan akan terasa perih. Ia akan berpotensi menyebabkan iritasi pada kerongkongan jika dikonsumsi terlalu banyak dengan jangka waktu yang lama.

Sehingga untuk mengkonsumsinya perlu dicampur dengan air agar cuka yang pekat tidak langsung menempel pada dinding kerongkongan.

1 tanggapan pada “Cuka Apel”

  1. Pingback: Apel : Pengertian, Sejarah, Klasifikasi, Kandungan Buah, & Jenis

Tinggalkan Balasan