Durian Dalam Pot

Durian Dalam Pot

Durian Dalam Pot – Durian dalam pot adalah durian yang penanamannya di lakukan di dalam sebuah pot.  Biasanya durian ditanam pada sebuah lahan yang cukup luas.  Namun hal itu akan menjadi permasalahan jika kita tidak memiliki lahan yang luas untuk menanam durian. Salah satu cara mengatasi permasalahan lahan untuk menanam salah satu cara menanam durian dalam pot.

Baca Juga : Durian Petruk

Baca Juga : Durian Bawor

Baca Juga : Durian Montong

Baca Juga : Durian Medan

Cara Menanam Durian Dalam Pot

Penanaman durian dalam pot yang harus dipersiapkan pertama kali adalah persiapan bibit dan lahan pembibitan.

Untuk tempat memindahkan bibit perlu dipersiapkan juga pot yang sesuai dengan ukuran yang besar.  Atau bisa juga menggunakan drum bekas.

Media tanam untuk mengisi pot adalah campuran kompos dan tanah dengan perbandingan 1:1.  Tambahkan juga jerami untuk mempermudah drainase agar tanah lebih memiliki pori-pori.

Cara agar akar bibit durian dapat tumbuh dengan baik di dalam pot, adalah dengan dibuat lubang di bagian dasar pot sebagai drainase.  Kemudian bagian paling bawah tanah diberi pupuk fosfor berupa TSP sebanyak 2 sendok makan  setara 20 g. Pupuk fosfor dapat mengotimalkan pertumbuhan akar.  Terutama untuk bibit yang baru dipindah tanam dari polybag ke pot.

Setelah mempersiapkan media tanam langkah selanjutnya adalah memindahkan bibit durian ke dalam pot. Usia bibit yang dipindahkan ke dalam pot adalah 8-12 bulan. Bibitnya bisa dari bibit durian apapun yang anda inginkan.

Pada saat memindah bibit, pastikan tanah dalam polibag ikut terbawa.  Supaya akar tidak mengalami stres dan bisa langsung beradaptasi dengan tempat baru.

Durian Dalam Pot
Durian Dalam Pot

Membuahkan Durian Dalam Pot

Untuk bisa mendapatkan hasil durian yang optimal diperlukan perawatan yang optimal pula.

Apa saja perawatan yang diperlukan untuk durian di dalam pot?

Cara merawat Durian Dalam Pot

Penyiraman durian dalam pot

Lakukan penyiraman tanaman secara rutin untuk menghindari tanaman mengalami kekeringan.  Penyiraman ini sangat penting, terutama pada saat musim kemarau.  Cek kondisi tanah sore hari, siram air secukupnya apabila ternyata memang tanahnya kering.

Menjaga tanaman durian dari serangan hama dan penyakit tanaman

Tanaman durian dalam pot juga bisa mengalami serangan hama dan penyakit.  Sering melakukan pengecekan akan mencegah penyebaran penyakit dan hama yang meluas.  Sehingga bisa ditanggulangi dengan cepat dan ditindak supaya kerusakannya pada tanaman bisa diminimalisir.

Membersihkah gulma yang tumbuh di dalam pot

Gulma sering juga disebut sebagai tanaman pengganggu.  Yang termasuk jenis tanaman ini adalah tanaman yang tumbuh tidak dikehendaki.  Misalnya rumput-rumput liar yang menyebabkan terjadinya perebutan nutrisi dengan tanaman utama (yaitu Durian).

Membersihkan gulma yang tumbuh cukup dengan mencabutnya secara manual menggunakan tangan atau alat.  Namun yang perlu diperhatikan adalah pada saat melakukan pencabutan gulma tersebut, hindari adanya luka pada akar durian.

Pemupukan durian di dalam pot

Pemupukan dilakukan secara bertahap dalam jangka waktu yang sudah ditentukan sebelumnya. Pemupukan pertama dilakukan sekitar umur tanaman berumur 3 bulan. Cara pemberian pupuk dengan membuat lubang mengelilingi tanaman dan taburkan pupuk NPK (100 g). Pemupukan ke 2 sekitar tanaman berumur 6 bulan dengan cara pemupukan sama (200 g). Setelah berumur 1 tahun pemupukan dengan takaran (150 g).  Pemupukan selanjutnya akan selang 6 bulan secara rutin.

Tunggu sekitar 3-5 tahun pohon durian berbuah tergantung varietas jenis durian yang ditanam.

Pemangkasan durian dalam pot

Lakukan pemangkasan ranting durian agar pohon durian mendapatkan nutrisi yang seimbang untuk mengasilkan buah durian yang diinginkan tapi jangan memotong terlalu banyak potonglah ranting yang rusak dan tumbuh di ketiak daun.  Pangkas juga batang durian apabila terlalu tinggi ukurannya.

Jual Pohon Durian Dalam Pot

Untuk mendapatkan durian dalam pot anda bisa membeli secara online atau bisa juga dengan mendatangi penjual bibit durian yang ada di dekat anda.

Cara ini mungkin akan ebih praktis mengingat tanaman durian memerlukan perlakuan yang khusus untuk pengirimannya.  Sehingga akan lebih aman apabila mendapatkannya secara offline.

Namun jika membutuhkannya secara online dapat menghubungi kami di 0813.9020.3005 barangkali durian yang anda cari ada di tempat kami.

Harga Durian Dalam Pot

Harga durian dalam pot berkisar Rp. 150.000-Rp. 750.000 sesuai dengan jenis dan ukurannya. Untuk jenis-jenis durian unggul seperti durian biasanya memang memiliki harga yang lebih tinggi.  Untuk detail harga durian yang anda cari, dapat menghubungi kami di WA 0813.9020.3005.

1 tanggapan pada “Durian Dalam Pot”

  1. Mohon informasi. Utk pemupukan durian musangking dalam pot.
    1. Apakah perlu diberi pupuk ketika baru tumbuh suli-suli daun.
    2. Saya ingin memindahkan durian yg sebelumnya saya tanam dalam pot yg tdk terlalu besar ukurannya, krn suli baru tumbuh apakah nanti ketika saya akam pindahkan akan berpengaruh terhadap tanaman.
    3. Bagaimana cara memindahkannya, apakah beserta tanah yg saat ini tempatnya tumbuh atao cukup memindahkan dg tanah yg ansih pada pohon pohon yg menempel.
    Mohon pencerahannya. Ats bantuannya saya ucapkan terima kasih.

Tinggalkan Balasan