Durian Duri Hitam

Daging Buah Durian Duri Hitam

Durian mempunyai banyak varian salah satunya adalah durian duri hitam. Sebelum kita membahas hal lainnya tentang durian jenis ini, terlebih dahulu kita ceritakan tentang seperti apakah durian duri hitam itu?

Durian duri hitam ini dikenal juga dengan nama durian black thorn dan lebih akarab di panggil durian Ochee.  Durian ini memang unik, sangat terkenal dengan rasanya yang lezat bahkan mengalahkan durian-durian unggul lainnya.

Baca Juga : Keunggulan Durian Bawor

Ia berasal dari negara Malaysia. Di sana durian ini sangat diandalkan dan popular. Nama durian hitam terinspirasi dari warna di ujung durinya yang berwarna hitam. Sekarang tidak hanya Malaysia yang menanam tanaman ini, banyak negara lain dikawasan Asia Tenggara yang juga sudah membudidayakan durian duri hitam.

Kenapa banyak orang yang ingin merasakan kenikmatan buah ini yang sangat menggoda selera?

Ini disebabkan buah ini jika telah di belah akan memiliki aroma yang sangat menggoda.  Apalagi jika ada angin yang bertiup, maka semerbak harumnya akan semakin menggoda dan menggugah selera makan.

Baca Juga : Uniknya Durian Pelangi

Ciri-Ciri Durian Duri Hitam

Pada umunya durian memiliki duri berwarna hijau kecoklatan. Tapi berbeda dengan durian jenis ini.  Durian duri hitam memiliki warna duri diujung durinya yang berwarna hitam.

Buah Durian Duri Hitam
Buah Durian Duri Hitam

Sebagian orang barangkali berfikir jika warna hitam sering di identikan dengan warna tanaman yang beracun, namun tidaklah demikian dengan durian yang satu ini.

Duri diujung durian hitam ini  menjadikan durian ini istimewa dan unik.  Rasanya juga sangat lezat ditambah dengan aromanya yang harum. Kombinasi yang tepat ini membuat penikmat durian akan merasa ketagihan dan ingin selalu menikmati kelezatannya.

Baca Juga : Bagaimana Kenampakan Durian Tembaga?

Rasa durian duri hitam begitu legit. Aromanya juga sangat khas.  Jika disantap menghasilkan perpaduaan yang sangat menyatu dengan sedikit rasa pahit tapi akan lumer di mulut karena buah daging buah yang begitu legit.

Warna dagingnya kuning keemasan cantik dan terlihat lembut.

Ya, durian duri hitam memang mempunyai tekstur buah yang lembut.

Walaupun bijinya tidak begitu kecil tapi jangan salah, jumlah buah atau jumlah pongge didalamnya tidak banyak.  Sehingga daginng buahnya juga akan banyak.

Daging Buah Durian Duri Hitam
Daging Buah Durian Duri Hitam

Keunggulan lain dari buah durian ini adalah waktu berbuah sangat cepat. Tanaman durian ini sangat mudah untuk dibudidayakan karena ia mampu beradaptasi di berbagai tempat.

Ciri-Ciri Daun Durian Duri Hitam

Bentuk daunya sama saja dengan daun durian yang biasanya. Yaitu berwarna hijau pekat dengan sebagian permukaan daun yang berwarna ke hitam-hitaman. Daunya sangat lebat dan kecil-kecil tidak terlalu besar.

Baca Juga : Kenali Durian Petruk Yang Terkenal Itu

Jenis Durian Duri Hitam

Jenis durian duri hitam memang sangat identik dengan warna hitam pada ujung durinya. Jenis durian ini termasuk tanaman yang produktif karena jika berbunga banyak dan lebat sehingga hasil bauhnya pun akan banyak.

Tanaman duri hitam tahan dalam cuaca kering dan mampu tubuh di daratan rendah hingga daratan tinggi, khususnya di daerah pada ketinggian 100-600 meter di atas permukaan laut.

Baca Juga : Tentang Durian Medan

Ciri Bibit Durian Duri Hitam

Mengkonsumsi durian jenis ini akan membuat anda ketagihan. Dengan rasanya yang lezat dan unik ini, tentu saja aka sangat menarik jika kita dapat menanamnya di kebun milik kita.  Apalagi  tanaman ini juga sangat cocok di tanam di daerah seperti Indonesia ini. Dengan kondisi lingkungan yang tidak berbeda jauh dengan negara asalnya, maka bisa dipastikan tanaman  ini juga dapat tumbuh dengan baik di sini.

Untuk bisa mendapatkan hasil buah yang baik, terlebih dahulu kita perlu memilih bibitnya yang baik.

Bagaimana memilih bibit yang baik itu?

Salah satu cara memilih bibit yang baik adalah dengan mengetahui dari mana ia berasal.  Artinya adalah dari indukan mana dia di besarkan serta dengan cara apa perbanyakannya dilakukan.

Apabila bibit diperoleh dari bibit unggul dan diperbanyak dengan cara cangkok atau okulasi, maka kita tinggal melihat kenampakan fisik tanamannya saja.

Kita tinggal cek, apakah pertumbuhan fisiknya bagus.  Batangnya sehat, dan daunnya segar?

Apabila ciri-ciri tersebut telah kita temukan, maka dapat dipastikan bibit durian yang akan kita tanam ini memiliki kualitas yang bagus.

Baca Juga : Seperti Apakah Durian Montong Itu?

Menanam Bibit Durian Duri Hitam

Jenis tanah yang dipakai untuk menanam durian ini adalah tanah yang subur dan banyak mengandung bahan organik. Tanaman buah durian duri hitam cocok ditanam didaerah dengan suhu rata-rata 20 derajat celsius sampai 30 derajat celsius. Ia mampu tumbuh di daratan rendah maupun daratan tinggi.

Media tanam yang dapat dipakai untuk menanam durian ini adalah pupuk kandang, arang sekam, humus dan cocopeat ataupun tanah.

Perawatan bibit tanaman buah durian ini tergolong gampang.

Di awal pemindahan tanaman ke lahan yang perlu diperhatikan di awal adalah kebutuhan airnya.  Lakukan penyiraman secara rutin sebanyak 2 kali dalam sehari pada pagi dan sore hari.

Jika terlihat rumput yang mulai tumbuh di sekitar tanaman yang kita tanam, maka pembersihan rumput dan gulma akan sangat penting dilakukan.

Pohon durian ini sangat cepat dalam proses produksinya karena bunga.  Untuk itu, perlu diperhatikan juga kebutuhan pupuknya.  Jika telah memasuki fase berbunga, maka perlu diperbanyak pupuk yang mengandung Kalium dan Phosphor yang banyak.

Dua unsur tersebut akan mencegah bunga yang telah tumbuh rontok.  Sehingga nantinya ia akan berbuah banyak pula.

Biasanya, tanaman durian ini akan mengasilkan buah sekitar 3-4 tahun setelah proses penanaman di lahan dilakukan (dengan catatan kondisi lahan dan kebutuhan nutrisinya terpenuhi).  Berat buahnya dapat mencapai berat antara 2 sampai 3 kg .

Baca Juga : Durian Dalam Pot, Bisakah?

Cara mendapatkan bibit durian duri hitam

Bagaimana mendapatkan bibit durian duri hitam?  Kita bisa membeli melalui online dengan harga antara Rp. 200.000 – Rp. 700.000.

Melihat harga tersebut memang menunjukkan bahwa tanaman langka ini memiliki harga yang tidak murah.  Tapi tenang saja, dengan harga bibit yang tidak murah itu kita bisa menikmati lezatnya buah durian duri hitam.  Apalagi jika ternyata tanaman kita tumbuh subur dan buahnya banyak, tentu anda akan memiliki peluang untuk menjual buahnya juga.

Berapakah harga buah durian duri hitam?  Mari kita lanjutkan membacanya

Harga Buah Durian Duri Hitam

Penasaran kan sebenarnya berapa siy harga buah yang unik ini?

Bukan hanya bibitnya yang memiliki harga mahal, buah durian duri hitam juga harganya lumayan.  Untuk dapat menikmati buahnya yang lezat, kita perlu merogoh kocek antara Rp. 130.000 – Rp. 300.000 per butirnya (tergantung ukuran buahnya).

Namun jangan khawatir, dengan rasanya yang memang lezat, maka uang yang kita keluarkan akan mendapatkan kepuasan  yang setimpal.

Tinggalkan Balasan