Durian Matahari

Buah Durian Matahari

Durian Matahari – Durian adalah salah satu buah yang menjadi primadona di Indonesia. Buah favorit ini sering dicari karena rasanya yang khas dan harumnya yang mempesona.

Buah durian yang dikenal legit, manis dengan aromanya yang tajam amat sukai oleh masyarakat. Akan tetapi durian ini ada dalam beberapa jenis dan keunggulan sendiri-sendiri.

Baca Juga : Durian Pelangi

Jenis durian yang bermacam-macam dengan rasa yang sepesial dari setiap varian menjadikan banyak orang berlomba-lomba mencoba berbagai jenis durian.

Durian Matahari
Durian Matahari

Ada berbagai jenis durian yang ramai di pasaran, tetapi tidak banyak orang yang tahu kalau terdapat beraneka jenis durian lokal yang istimewa, salah satunya yaitu durian matahari.

Baca Juga : Durian Tembaga

Ciri-ciri Durian Matahari

Apa yang anda pikirkan ketika mendengar kata “Matahari”?

Sepintas pikiran kita pasti akan teringat dengan matahari di langit dengan cahaya dan sinarnya berwarna kuning keemasan yang menerangi alam semesta ini.

Begitu pula dengan durian ini.  Ia dinamai matahari sebab buahnya berwarna kuning tua terang (keemasan) seperti warna sinar  matahari.

Durian ini berasal dari Jawa Barat dan Banten. Ia memiliki rasa yang manis, legit, dengan aroma yang tidak terlalu menyengat seperti durian pada umumnya.

Sehingga tidak terlalu mengganggu untuk orang yang tidak begitu menyukai bau durian.

Buah durian jenis ini mempunyai daging buah yang tergolong tebal. Tekstur buahnya berserat halus, berlemak, dan tidak berair yang membuat banyak orang menyukai jenis durian ini.

Buah Durian Matahari
Buah Durian Matahari

Buahnya berbentuk bulat panjang dengan kulitnya berwarna hijau kecokelatan dan tebalnya 0,5-1 cm.

Durinya bengkok, jarang, runcing, dan besar. Berat satu buah durian matahari berkisar antara 2 sampai dengan 3,5 kg. Terdapat 10 sampai dengan 20 pongge dari setiap satu buah durian.

Baca Juga : Durian Dalam Pot

Pohon Durian Matahari

Durian ini adalah  komoditas unggulan lokal yang dibudidayakan oleh para petani di daerah Jawa Barat. Ia adalah jenis tanaman dataran rendah.

Pohon durian ini akan tumbuh subur pada daerah dengan ketinggian 800 mdpl dengan temperatur sekitar 20-32°C.

Baca Juga : Durian Merah

Kondisi tanah yang sesuai untuk pembudidayaan durian lebih baik tanah yang subur, gembur dan tanah lapisan bawah yang tidak mengandung lapisan liat.

Pohon durian tumbuh hingga mencapai 20 meter. Pohon ini tumbuh tegak dan tampak berbentuk kerucut.

Batang pohon durian ini berbentuk bulat, permukaan halus dan berwarna kecoklatan.

Baca Juga : Durian Petruk

Bunga durian jenis ini tersusun dalam tandan dan berbentuk bundar yang terdiri dari 6-14 kuntum bunga dengan benang sari berwarna kuning. Bunga durian berwarna putih.

Tanaman durian ini akan mulai berbuah dalam masa tanam 3 hingga 5 tahun. Tanaman yang sudah berumur 20 tahun akan menghasilkan lebih dari 200 buah durian.

Baca Juga : Durian Medan

Ciri Daun Durian Matahari

Daun pohon durian memang mempunyai ciri khas tersendiri. Daun yang tidak terlalu besar dan banyak membuat pohon durian rindang dan teduh.

Daun-daun durian jenis ini berbentuk bulat panjang dengan ujung daun yang meruncing. Warna daun hijau tua pada permukaan bagian atas. Permukaan daun bagian bawah berwarna coklat kemerahan.

Baca Juga : Durian Musang King

Kelebihan Durian Matahari

Durian Matahari mempunyai beberapa kelebihan diantaranya sebagai berikut:

  1. Merupakan durian lokal yang mempunyai mutu kelas satu.

Durian matahari adalah satu-satunya durian lokal yang mempunyai sertifikat resmi dari Badan Pengawas Sertifikasi Benih (BPSB) Provinsi Banten.

  1. Rasa dan aromanya yang sangat khas.

Durian ini berdaging tebal dengan ukuran biji kecil bahkan ada beberapa durian yang dibudidayakan tanpa biji. Rasanya amat manis dengan tekstur berserat halus, berlemak, tidak lembek dan tidak berair. Aromanya tidak terlalu menyengat, sehingga durian ini dapat disantap tanpa merasa pusing karena aromanya.

  1. Termasuk tipe durian yang mudah dibudidayakan.

Perawatannya mudah dan tidak rumit. Durian matahari dapat tumbuh dengan lahan yang mempunyai unsur hara dan sinar matahari yang cukup.

Pohon durian akan optimal apabila memberikan pupuk secara rutin, serta menambahkan hormon perangsang pembungaan dan buah.

  1. Mempunyai ketahanan terhadap hama dan penyakit.

Tanaman durian matahari mempunyai ketahanan terhadap serangan penyakit busuk akar dan tahan terhadap hama penggerek buah. Hal ini karena berasal dari daerah yang memiliki iklim basah dengan curah hujan sangat tinggi.

  1. Tanaman durian ini berbuah sepanjang tahun

Umumnya masa panen durian ini adalah 2 kali dalam setahun. Durian matahari sebagai durian lokal tergolong sebagai tanaman yang sangat produktif. Durian ini mempunyai usia hidup yang cukup lama, mencapai lebih dari 20 tahun dan produktifitasnya tidak menurun. Pada usia tanaman 20 tahun masih mampu menghasilkan sekitar 50 buah sampai dengan 200 buah per pohon.

  1. Harga durian matahari tidak kalah bersaing dibandingkan dengan durian impor.

Durian ini dipasaran bekisar harga Rp. 55.000 sampai dengan Rp. 120.000.

  1. Selain sedap untuk disantap, durian matahari juga kaya akan manfaat bagi kesehatan.

Manfaat durian matahari untuk kesehatan yaitu untuk :

  • mengatasi sembelit dan mengurangi gangguan pencernaan,
  • untuk tulang dan persendian seperti lutut dan ruas jari dengan kandungan potassium dan kalsium,
  • meredakan stress dan mengatasi depresi dengan kandungan vitamin B6,
  • meningkatkan sel darah merah dalam tubuh dan mengatasi anemia dengan kandungan asam folat dan vitamin B9,
  • untuk mengatur kestabilan darah dalam tubuh,
  • menjaga nafsu makan dengan kandungan vitamin B1,
  • menjaga kesehatan tiroid, dan
  • mencegah migrain karena durian matahari mempunyai kandungan senyawa iboflavin dan vitamin B2.

Baca Juga : Durian Montong

Durian Matahari Tanpa Biji

Hal yang sering menjadi masalah saat membeli buah durian adalah buah durian yang berbiji besar tetapi daging buahnya tipis.

Penikmat durian tidak perlu khawatir dan takut akan mendapatkan durian yang tidak diinginkan.

Buah durian matahari berbeda dengan durian biasanya.

Durian matahari memiliki biji yang tergolong kecil sekelicil biji pete.

Beberapa petani durian bahkan sudah banyak yang membudidayakan durian matahari tanpa biji.  Durian matahari tanpa biji ini sangat menguntungkan.

Selain mendapatkan buah durian tanpa biji dengan daging buah yang sudah pasti tebal, rasanya juga yang sudah tidak diragukan lagi lezat dan nikmat.

Baca Juga : Durian Duri Hitam

Bibit Durian Matahari

Mendapatkan bibit durian matahari memang gampang-gampang susah.  Karena kita memerlukan bibit durian berkualitas supaya nantinya ketika kita tanam hasilnya juga memuaskan.

Untuk bisa mendapatkan bibit durian dengan kualitas bagus, maka kita perlu ke penjual bibit terpercaya.  Penjual bibit terpercaya tersebut akan dapat memberikan bibit durian dengan kualitas bagus.

Salah satu ciri-ciri bibit durian yang bagus adalah memiliki bentuk fisik yang sehat serta kokoh.  Tidak terdapat serangan penyakit yang dapat mengakibatkan bibit menjadi kurus bahkan bisa mati.

Baca Juga : Durian Bawor

Memastikan kondisi tanaman yang benar-benar sehat ini juga dapat mengurangi biaya pemeliharan kita yang bisa jadi akan besar.  Belum lagi dengan resiko kematiannya yang pastinya tidak kita harapkan.

Ciri lainnya adalah kita perlu mengetahui bagaimana perbanyakan bibit ini dilakukan.  Bibit  yang baik adalah bibit yang berasal dari induk yang berkualitas dengan sistem perbanyakan vegetatif.  Kenapa sistem perbanyakan vegetatif?  Karena dengan sistem tersebut kita bisa memastikan kualitas bibit yang sama seperti induknya.

1 tanggapan pada “Durian Matahari”

Tinggalkan Balasan