Durian Musang king

Buah durian musang king

Durian musang king merupakan tanaman tropis yang hidup di Asia Tenggara yang sangat terkenal oleh kalangan masyarakat Indonesia maupun luar negri. Karena memang memiliki ukuran yang besar, maka durian ini mempunyai sebutan yaitu raja buah.

Baca Juga : Durian Montong

Durian ini memiliki banyak penggemar.  Diantara begitu banyak orang yang menyukai buah durian ini salah satunya adalah karena alasan tekstur buah yang halus dan berbau harum.  Alasan itu jugalah yang membuat orang-orang ketagihan untuk terus menikmatinya.

Buah durian musang king
Buah durian musang king

Durian musang king adalah jenis tanaman durian terbaru dan termasuk jenis durian unggul. Di negeri asalnya ia lebih dikenal dengan durian kunyit. Hal ini disebabkan karena durian ini mempunyai daging buah berwarna kuning pekat layaknya warna kunyit pada umumnya.

Baca Juga : Durian Duri Hitam

Durian jenis ini memiliki daging buah yang tebal dan lembut, daging buahnya yang mudah terlepas dari bijinya. Aromanya juga tidak terlalu menyengat, membuat para pecinta durian makin jatuh hati pada durian jenis ini.

Ciri-ciri pohon durian musang king

Daun pohon durian musang king

Bentuk daun tidak lebar tetapi lebih panjang dan runcing.  Warna daunnya sedikit berwarna kuning.  Daunnya dapat tumbuh lebat dengan sinar matahari yang cukup.

Baca Juga : Durian Bawor

Batang pohon durian musang king

Batang durian ini tumbuh tegak dan memiliki ranting yang banyak. Batangnya akan tumbuh besar sesuai usianya. Batangnya kuat, seperti pohon buah durian pada umunya, dan memiliki bentuk yang kasar.

Akar pohon durian musang king

Akar tanaman ini biasanya masuk ke tanah hingga ke dalam agar dapat mencari nutrisi di dalam tanah. Akar buah terbagi menjadi tiga yaitu akar sekunder, akar tersier dan akar primer.  Jenis akarnya termasuk akar tunggang.

Baca Juga : Durian Pelangi

Bunga durian musang king

Durian ini juga memilki bunga yang tak kalah cantiknya dengan jenis tanaman durian lainya. Biasanya bunga muncul pada bulan tertentu sesuai jenisnya.  Bunga terdapat pada pohon durian yang sudah cukup umur dan memasuki masa berbunga.

Tanaman Durian Musang King Dalam Bentuk Bibit
Tanaman Durian Musang King Dalam Bentuk Bibit

Buah durian musang king

Buah durian ini memiliki kulit buah berwarna hijau sedikit kekuningan. Warnanya bergradasi terletak diantara ujung duri durian musang king. Kulit duri durian musang king berbentuk piramida letak durinya berjauhan antara yang satu dengan duri yang lainya.

Baca Juga : Durian Tembaga

Cara menanam durian musang king

Cara menanam tidak terlalu sulit, pohon durian ini dapat tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 1000 m dpl. Ia akan tumbuh subur di daerah beriklim tropis dengan tanah yang gembur.

Pemilihan bibit tanaman

Yang pertama perlu diperhatikan ketika akan menanam durian musang king adalah kita harus memilih bibit yang unggul dan berkualitas. Pastikan bibit durian dalam keadaan sehat dan tidak layu. Batang bibit tidak cacat ataupun terkena hama penyakit yang dapat membuat bibit durian mati. Pemilihan bibit telah cukup umur  dan batang bibit durian setidaknya telah tumbuh minimal 15 cm.

Persiapan lahan untuk durian musang king

Bersihkan lahan dari berbagai tanaman penggangu, gulma dan semak belukar. Buatlah lubang-lubang untuk menanam durian musang king. Taburkan pupuk ke dalam lubang penanaman sebelum melakukan penanaman menggunakan pupuk kompos. Perhatikan lahan untuk menanam durian musang king.  Lahan yang baik adalah daerah yang banyak terkena matahari secara langsung.

Lubang untuk menanam harus dibuat dengan ukuran panjang lubangnya 100 cm dan lebar 80 cm. Biarkan terjemur sinar matahari sebelum mulai menanam bibit, selama tiga hari.

Tujuan penjemuran lubang tanah agar mematikan bakteri ataupun virus yang akan mengotori lahan.

Agar bagian bawah lubang  gembur, masukan kembali tanah yang sudah di gali ke dalam lubang tanah tersebut.  Tanah yang gembur akan membuat akar tanaman tumbuh dengan sehat.

Baca Juga : Durian Dalam Pot

Penanaman bibit durian musang king

Pindahkan bibit tanaman ke dalam lubang yang sebelumnya telah digali. Pastikan batang ataupun akar tidak rusak saat sedang melakukan pemindahan. Bukalah plastik polybag dengan hati-hati yang biasanya menjadi wadah ketika anda membeli bibit durian.

Masukan tanah berserta bibitnya ke dalam lubang yang telah digali sebelunya timbun dengan tanah. Taburkan pupuk disekitar lubang penanaman dan penyiraman secara rutin agar bibit dapat tumbuh dengan maksimal.

Penyemprotan menggunakan pestisida dilakukan bila ada tanaman yang mengalami masalah diserang hama ulat.

Penyemprotan dengan pupuk buah juga sangat berfungsi untuk membuat buah terbentuk lebih cepat dari tanaman  yang tidak disemprot.

Pemupukan lainnya bisa mengunakan pupuk kandang yang kering menyerupai pupuk fermentasi. Taburkan sekitar satu gayung di sekitar tanaman.  Jumlahnya jangan terlalu banyak karena pemupukan terlalu banyak justru dapat menghambat pertumbuhan. Pupuk kandang kering membantu menyuburkan tanah agar pertumbuhan tanaman lebih cepat.

Baca Juga : Durian Petruk

Jarak tanam durian musang king

Jarak tanam sangat diperlukan sebab durian musang king adalah tanaman tahunan. Supaya kelak tanaman dan buah durian dapat tumbuh optimal dan tumbuh dengan subur. Jarak tanam yang ideal untuk tanaman buah durian ini adalah minimal 8m x 10 m atau jika memungkinkan lebih baik menggunakan jarak tanam 10m x 10 m.

Cara menentukan jarak tanam yang paling sederhana adalah dengan mengukur diameter tajuk tanaman ketika berusia dewasa.  Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya rebutan sinar matahari apabila jarak tanam terlalu rapat.

Baca Juga : Durian Medan

Umur durian musang king berbuah

Pohon durian ini berbuah saat umur tanaman berumur  5-6 tahun setelah tanam. Perawatan yang maksimal dan tepat akan membuat tanaman durian menjadi cepat berbuah.

Harga bibit durian musang king

Jika anda ingin menanam durian jenis ini, maka yang paling asyik adalah menanamnya dengan membeli bibit yang telah siap tanam.

Dibandingkan dengan menanam dari biji, yang hasilnya belum tentu akan sama dengan induknya, maka membeli bibit cangkokan atau okulasi sangat disarankan.

Mendapatkan bibit durian ini juga untuk saat ini tidaklah sulit.  Meskipun memang harganya tidak murah, namun tentu akan sebanding dengan hasil yang nantinya akan kita nikmati.

Sebagai gambaran berapa siy sebetulnya harga bibit durian musang king ini?

Rata-rata harga bibit durian musang king ada di antara harga Rp. 150.000 – Rp. 500.000 tergantung ukuran dan jenis bibitnya.

Jika bibit termasuk yang cangkok dan berkaki 3 maka harganya akan lebih mahal.  Demikian juga jika tanaman telah berumur dan tinggi, harganya bisa mencapai 3 juta rupiah untuk yang telah berusia 4 tahun dan sebentar lagi berbuah.

bibit durian musang king kaki 3
bibit durian musang king kaki 3

Harga durian musang king

Kenapa harga bibitnya mahal?  Karena memang harga buahnya juga mahal.  Untuk durian musang king beku harga per 400 gr adalah Rp. 450.000 di luar ongkos kirim.  Dan hanya dapat dilayani menggunakan layanan ekspedisi same day service.

Untuk perbandingan, ketika tanaman durian yang kita tanam berbuah hingga puluhan kg per pohon, maka untuk di jual lagi sudah akan menguntungkan.

Jadi, tidak usah ragu menanam durian jenis ini, karena memang rasanya luar biasa, harganya luar biasa, keuntungannya juga luar biasa.

Selamat mencoba.

1 tanggapan pada “Durian Musang king”

Tinggalkan Balasan