Durian Pelangi

Durian Pelangi

Asal Durian Pelangi

Durian Pelangi berasal dari pulau di ujung timur Indonesia yaitu Papua tepatnya Manokwari. Seorang pria kelahiran Sumatra Selatan adalah orang yang menemukannya. Pria yang lebih akrab dipanggil Karim mempunyai hobi mengeksplor durian.

Beliau berkeliling Nusantara untuk mencari durian unggul dan berkualitas. Pada akhirnya menjelang akhir 2009, Karim menemukan durian jenis ini.

Papua jarang terdengar sebagai pulau penghasil durian seperti Sumatera, tetapi Papua menghasilkan durian yang sangat istimewa. Durian yang unik seperti namanya “Pelangi” mempunyai daging buah yang berwarna-warni seperti halnya pelangi yaitu merah, kuning, dan ditambah dengan sedikit gradasi warna putih.

Durian ini termasuk ke dalam golongan unggulan dan banyak dicari orang. Durian dari Papua ini berasal dari indukan durian Jawa.

Durian ini dihasilkan dari pencangkokan silang antara tiga varian durian Banyuwangi.  Durian yang dijadikan cikal bakal terbentuknya durian pelangi antara lain durian merah (graveolens), durian putih (zibethius), serta durian kuning (fotogensis).

Pencangkokan dilakukan dengan mengunakan induk bibit unggul, sehingga menghasilkan bibit durian pelangi yang unggul dan berkualitas.

Baca Juga : Durian Tembaga Yang Unik Dan Lezat

Keunggulan Durian Pelangi

Warna durian ini yang unik dan cantik menjadi keunggulannya.  Kombinasi warna merah, orange, kuning, dan terdapat garutan warna putih menghiasi setiap bagian durian.

Efek warna-warna tersebut menghasilkan perpaduan warna seperti pelangi. Keunggulan lain dari durian ini yaitu mempunyai rasa yang sangat lezat dengan tekstur yang lembut.

Wangi durian yang begitu lembut seperti karamel menambah kelezatan ketika menikmati durian ini dan aromanya dapat menjadi salah satu alternatif bagi yang tidak menyukai bau durian biasanya.

Baca Juga : Rahasia Menanam Durian Dalam Pot

Manfaat Durian Pelangi

Durian ini memiliki manfaat yang cukup istimewa dan bagus untuk kesehatan, misalnya:

  1. Menangkal depresi, mencegah anemia
  2. Antioksidan karena memiliki kandungan vitamin C
  3. Mencegah penuaan dini
  4. Memiliki kandungan kalsium, potassium, dan senyawa tembaga yang memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan tulang persendian serta kelenjar tiroid

Wow keren sekali bukan keunggulan dan manfaatnya?

Banyak kandungan vitamin yang dapat membantu daya tahan tubuh dan kesehatan anda. Rasa nikmatnya juga menambah keunggulannya.

Baca Juga : Ini Dia Durian Petruk Yang Lezat dan Nikmat

Selain itu, durian jenis ini juga memiliki usia pohon yang relative panjang dan berbuah rutin dua kali dalam satu tahun, sehingga menguntungkan jika menanam jenis durian ini.

Rasanya yang enak dan warnanya yang menggoda dari daging buah durian pelangi menjadi daya tarik tersendiri.

Banyak kenggulan dari ini yang jarang anda temukan pada durian lain.

Baca Juga : Kenali Durian Medan Yang Legendaris dan Unik

Bibit Durian Pelangi

Daun bibit durian ini mempunyai perbedaan dengan daun bibit durian yang lainnya. Pohonnya yang rindang serta memiliki daun yang lebih lebar dibandingkan dengan durian pada umunya.

Keunikan warnanya yang lebih hijau dan tebal menambah asrinya pohon durian ini.

Bibitnya lebih tahan terhadap serangan hama ataupun penyakit yang dapat menggangu kelangsungan tumbuh bibit.

Ketahanan terhadap hama dan penyakit ini juga membuat pohon durian ini nantinya juga berumur lebih lama. Tinggi bibit durian siap dijual atau pun dibudidayakan sendiri sekitar 50-70 cm .

Bibit durian ini dapat tumbuh dan subur setelah mendapatkan sinar matahari yang cukup. Penyiraman bibit durian harus dilakukan secara rutin. Ia akan terlihat segar jika dirawat dengan baik. Pemupukan dan penyiraman dilakukan pada pagi hari.

Baca Juga : Durian Montong, Durian Terbesar di Asia

Bibit yang sehat dapat diketahui dari batang pohonnya. Ciri-cirinya batangnya tidak cacat dan memiliki daun hijau segar. Warna daun pelangi hijau terang. Ranting durian ini relatif lebih kecil dibandingkan durian lain. Bibit ini tahan dari segala cuaca. Pembudidayaannya juga dapat dilakukan diberbagai daerah. Hal ini karena bibit durian pelangi sangat tepat di tanam di daerah tinggi.

Masa berbunga durian pelangi terjadi pada bulan tertentu. Berbunga dua kali dalam satu tahun.  Tipe pertumbuhan durian ini adalah tumbuh dengan tegak. Masa produktif berbuah sekitar umur 3-5 tahun dan berbunga banyak. Durian ini memiliki akar yang kuat tahan dalam kondisi jika terjadi cuaca buruk yang dapat mengakibatkan pohon tumbang.

Baca Juga : Keunggulan dan Kenikmatan Durian Bawor

Budidaya Durian Pelangi

Hal pertama yang dilakukan dalam budidaya durian pelangi adalah pemilihan bibit durian yang segar dan berkualitas unggul. Di zaman sekarang durian semakin populer.

Banyak orang mencari-cari buah durian, baik untuk dimakan langsung maupun dijadikan olahan untuk bahan kuliner. Banyak juga yang membuat olahan-olahan durian dijadikan sebagai buah tangan, ketika berkunjung ke suatu daerah. Hal ini menjadikan komoditi durian semakin hari semakin menjanjikan dan sangat mengguntungkan bagi anda yang memiliki lahan kosong.

Semakin pesatnya permintaan terhadap buah durian khususnya durian Pelangi, membuka peluang besar bagi petani pembudidaya durian.

Untuk meningkatkan hasil buah durian yang baik , faktor pemilihan bibit menjadi faktor terpenting yang harus diperhatikan. Carilah bibit yang berkualitas dan jelas asal usulnya. Agar cepat berbuah sebaiknya memilih bibit dengan cara okulasi.

Selain cepat, pembibitan dengan cara ini akan menghasilkan sifat buah yang sama persis dengan induknya. Hal ini sulit didapatkan bila bibit ditanam dari biji. Cari bibit durian yang berkualitas agar menghasilkan bibit yang cepat berbuah. Bibit dalam kondisi sehat, cukup umur, tidak mengandung penyakit, dan hama. Pastikan bibit telah memiliki cukup akar yang kuat sebelum dipindah ke tanah atau tambulampot.

Media tanam yang baik akan mendukung durian pelangi anda tumbuh dengan sehat. Kita wajib memastikan lahan atau media tanam yang akan ditanami bibit durian pelangi. Salah satunya memiliki unsur hara yang cukup dan jenis tanah yang cocok untuk pohon durian. Sebaiknya periksa kondisi kegemburan tanah, pH asam dan basa tanah, pengairan dan cahaya matahari.

Apabila buah terserang rontok sebelum matang, solusinya bungkus buah sedini mungkin, pengasapan atau bisa juga menggunakan musuh alamiahnya yaitu semut rang-rang.

Harga Bibit Durian Pelangi

Kami menjual bibit durian pelangi yang berkualitas agar menghasilkan tanaman yang cepat berbuah.  Anda datang pada penjual yang terpercaya karena kami memiliki bibit durian yang unggul. Agar anda tidak tertipu, anda bisa membeli di toko online kami.

Bibit durian pelangi memang sedikit mahal, tetapi banyak sekali keuntungan menanam durian pelangi ini. Dengan rasa yang tidak diragukan lagi, durian ini memiliki rasa yang legit dengan warna buah yang begitu cantik. Kapan lagi anda bisa menemukan bibit durian dengan berjuta keunggulan. Dengan Rp.100.000-Rp.200.000 anda bisa mendapatkan bibit durian pelangi yang lezat ini.

Tinggalkan Balasan