Durian Petruk

Isi Buah Durian Petruk

Durian Petruk – Durian merupakan tanaman endemik Benua Asia khususnya Asia Tenggara.

Indonesia merupakan salah satu negara yang banyak menghasilkan buah durian unggul salah satunya adalah durian petruk.

Durian Petruk adalah durian yang berasal dari daerah Jepara Jawa Tengah.

Nama durian petruk terinspirasi dari nama penemunya adalah Pak Petruk.

Jenis durian ini cukup popular di era tahun 80an, bahkan sampai saat ini durian petruk masih saja dicari dan disenangi pencinta durian. Termasuk durian lokal yang memiliki kualitas unggul dan super.

Baca Juga : Durian Montong

Baca Juga : Durian Medan

Baca Juga : Durian Bawor

Keunggulan Durian Petruk

Keunggulan durian ini adalah sebagai berikut :

  • Durinya sangat kecil dan rapat memudahkan anda untuk membuka durian tanpa takut terkena duri yang tajam dapat melukai tangan anda saat membukanya
  • Ukuran biji sangat kecil menguntungkan anda karena jika buah durian memiliki ukuran biji kecil maka daging buahnya akan besar. Anda akan lebih senang dengan buah durian yang memiliki biji kecil.
  • Memiliki ukuran yang tidak terlalu besar sangat cocok di jadikan oleh-oleh untuk keluarga anda di rumah
  • Berat mencapai 1 sampai 2,5 kg berat durian yang sangat ideal
  • Rasanya pun tidak kalah dengan durian unggul lainnya
  • Bentuk buahnya lonjong dengan ujung agak runcing kulit buahnya lebih tipis sekitar 3 milimeter
Buah Durian Petruk
Buah Durian Petruk

Rasa durian ini lezat, nikmat  karena memiliki aroma durian yang tidak begitu menyengat nyaman bagi hidung anda yang tidak suka dengan bau durian yang tajam. Kulit buahnya yang tipis memudahkan anda untuk membukanya tapa harus kesulitan terkena duri durian yang tajam. Yang terpenting rasa durian tidak pahit sekali pun daging buah durian ini sedikit berserat halus tapi sedikit lembek.

Pohon Durian Petruk

Pohon durian jenis ini memiliki tinggi lebih dari 5 meter, tetapi bisa lebih pendek dengan cara pemangkasan.  Pohon durian petruk akan tumbuh dengan tegak dan umur tanaman lebih dari 5 tahun.

Pohon durian ini terkenal mempunyai daya tahan terhadap hama penyakit sehingga akan lebih menguntungkan dan lebih mudah untuk dibudidayakan. Warna kulit durian hijau kekuningan jika buah durian matang dan siap untuk disantap.

Iklim tumbuh yang sesuai berada pada dataran rendah,  Suhu yang cocok sekitar 30-35 derajat celsius. Masa berbuah antara umur 4-5 tahun dan masa berbunganya tidak menentu dalam setahun.

Pohon ini mudah di tanam dan perawatanya tidak susah dengan pemberian pupuk, penyiraman secara rutin.

Dan dapat tumbuh dengan baik di daerah tropikal basah dengan curah hujan sekitar >2.000 mm/tahun tersebar merata sepanjang tahun.

Buah durian jenis ini berukuran sedang bentuknya lonjong serta warna kulit durian berwarana hijau kekuningan.  Ia juga memiliki biji buah kecil sehingga daging buhanya tebal serta tidak ada rasa pahit sekalipun cocok untuk anda yang tidak suka dengan durian yang memiliki rasa pahit.

Pohonnya memiliki akar yang kuat tahan terhadap cuaca buruk seperti angin kencang maupun hujan besar. Dan memiliki batang yang sangat kuat untuk menopang serta memiliki daun berwarna hijau untuk berfotosintesis sehingga membuat pohon durian akan semakin bernutrisi.

Bibit Durian Petruk

Tinggi bibit sekitar 50-70 cm dan ditanam menggunakan media tanam tanah dan humus. Jenis tanah yang tepat untuk menanam atau membudidayakan durian petruk jenis tanah grumosol dan andosol karenat tanah tersebut subur dan banyak terkena bahan organik.

Pemeliharaannya memerlukan pemangkasan jika ranting pohon durian petruk sudah tumbuh dengan subur. Hal ini bertujuan agar bibit dapat tumbuh dengan baik.  Mampu menerima sinar matahari secara penuh untuk mempercepat proses pertumbuhan.

Penyiraman secara rutin dan teratur pada pagi dan sore hari tetapi tanah jangan sampai tergenang air. Pemupukan sebaiknya menggunakan bahan yang bersifat alami ataupun organik contohnya seperti pupuk kompos. Pemupukan dilakukan sensuai dengan dosis atau umur tanaman.

Kami memperoleh bibit durian petruk dari petani asli dari Jepara. Perawatannya dilakukan secara rutin secara alami menghasilkan bibit unggul dan berkualitas. Di toko kami anda bisa memperoleh bibit durian ini dengan kualitas unggul asli dari petani asal di Jepara.

Harga Durian Petruk

Isi Buah Durian Petruk
Isi Buah Durian Petruk

Kami menjual dan melayani pembelian durian ini dengan kualitas super dan unggul. Anda akan tergoda dengan rasanya yang memiliki rasa alami dan sangat lezat. Harga durian pertruk berkisar Rp. 50.000-Rp. 150.000 anda bisa merasakan kelezatan durian petruk. Ayo order mulai dari sekarang.

Tinggalkan Balasan