Harga Buah Mangga

mangga di pasar

Jual buah mangga online

Tanaman mangga banyak dijumpai di wilayah tropis terutama di Indonesia.   Ia sangat digemari karena memiliki rasa buah yang manis, ada juga yang masam, membuat tanaman mangga memiliki kekhasannya sendiri.

Mangga termasuk tanaman dari golongan Mangifera. Memiliki batang pohon yang tinggi dan juga daun hijau yang mengeluarkan aroma daun mangga yang khas.

Pohon mangga merupakan tanaman yang mudah dan cepat berbuah. Dengan struktur batangnya berkayu dan dapat tumbuh menjadi tinggi.  Ia berbunga pada musim tertentu dengan durasi berbunga sekali dalam setahun. Akarnya adalah akar tunggang yang bisa berukuran sangat panjang.

Buah mangga biasanya dijual secara offline di pasar-pasar, supermarket ataupun di toko buah yang ada di sekitar kita.  Namun kini, dengan adanya teknologi internet, ternyata mendorong buah mangga untuk dipasarkan juga secara online.

Beberapa pedagang buah dan petani buah langsung menawarkan buah mangga hasil panennya melalui sosial media ataupun website.

Baca Juga : Cara Menanam Buah Mangga

Macam-macam buah mangga

Iklim di Indonesia sangat baik dijadikan tempat untuk menanam buah mangga.  Pertumbuhan mangga akan optimal di daerah yang memiliki suhu dan intensitas cahaya yang tepat. Kondisi yang tepat inilah yang menjadikan buah mangga yang dihasilkan petani-petani di Indonesia memiliki kualitas yang unggul dan super.

Yang menarik ternyata dengan lingkungan geografis yang berbeda-beda seperti di Indonesia dan daerah Asia Tenggara pada umumnya, ternyata bisa menyebabkan tanaman mangga yang tumbuh pun berbeda-beda.  Baik dari segi rasa ataupun bentuknya.

Situasi inilah yang mengakibatkan buah mangga memiliki jenis yang bervariasi.  Bahkan bisa dijadikan sebagai buah khas daerah tertentu.

Berikut ini adalah jenis-jenis mangga yang unik dan bisa jadi anda baru mendengarnya.

Buah mangga ungu

Buah mangga ungu termasuk jenis mangga yang memiliki keistimewaan khusus.  Daging buahnya padat, sedikit berair, seratnya lumayan halus, dan mempunyai sedikit tepung.

Rasanya manis, kadar gulanya dapat mencapai hingga 12-15 briks. Yang menarik adalah, rasa manisnya juga berbaur dengan rasa asam dengan aroma buah  khas seperti mangga kweni.

Buah mangga ungu bentuknya bulat lonjong (oval) dan bisa mencapai ukuran yang relatif besar serta beratnya mencapai dapat sekitar 500-700 gram per buah. Kabarnya warna merah agak ungu pada buah mangga ini muncul sebagai akibat terdapatnya hormon antosianin.

Oya, penting Anda ketahui bila mangga ungu dipanen matang maka kualitas buahnya justru malah menurun, daging buahnya akan bertekstur padat, sedikit berair, berserat relatif halus, berasa agak bertepung pertanda kandungan patinya cukup tinggi. Maka dari itu sebaiknya mangga ungu dipanen ketika belum matang betul di pohon untuk memperoleh rasa yang optimal.

Buah mangga kiojay

Buah mangga kiojay berasal dari negara Thailand, mangga kiojay memilki rasa manis dengan daging buah yang harum. Buah mangga kiojay berukuran besar mencapai 1,5 sampai 2 kg per buahnya.

Pohon kiojay termasuk pohon yang produktifitasnya tinggi karena buah kiojay cepat berbuah. Ia akan tumbuh lebih baik jika ditanam di dataran rendah dengan mendapatkan sinar matahari yang banyak. Pohon kiojay ini dapat berbuah ketika umur tanaman berusia 2-5 tahun.

Buah mangga madu

Namanya mangga madu tentunya rasa mangga ini adalah rasanya seperti madu, rasanya yang sangat manis meski daging buahnya berwarna putih. Mangga madu memiliki ukuran yang hampir sama seperti mangga manalagi. Warna kulitnya kuning cerah ketika akan matang.

Buah mangga madu memiliki rasa sangat manis alami yang memunculkan kesegaran disetiap gigitan mangga madu.

Tanaman mangga madu tumbuh subur didaerah daratan rendah dan juga tanah yang paling cocok adalah tanah gembur.

Buah mangga apel

Mangga apel memiliki bentuk bulat seperti buah apel. Mangga ini berasal dari Negara Singgapura. Kulitnya berwarna hijau, namun jika sudah matang akan berwarna hijau kemerahan.

Mangga apel yang masih mentah memiliki rasa masam sehingga ia akan sangat cocok sebagai tambahan untuk rujak. Sedangkan yang berwarna hijau kemerahan beraroma sangat harum bertekstur dengan daging buah yang halus.

Buah mangga harum manis

Mangga harum manis atau mangga aromanis merupakan mangga yang memiliki rasa manis daengan aroma mangga yang harum. Kulit buah mangga aromanis berwarna hijau. Tekstur buahnya lembut serta daya tahan buahnya lama. Mangga aromanis disebut juga mangga gadung.  Mangga jenis ini adalah mangga khas asal Porbolinggo.

Buah mangga Thailand

Buah mangga Thailad yang paling terkenal diantara buah mangga Thaialnd lainnya adalah buah mangga chokanan.

Buah mangga ini memiliki rasa manis yang unik karena saking manisnya, sepertinya dilidah bisa tertinggal rasanya selama berhari-hari.

Hal yang menarik lainnya dari pohon chokanan, tanaman buah ini mendapat sebutan “Miracle Mango” atau mangga ajaib karena dapat berbuah tiga kali dalam setahun sehingga dalam setiap pohon dapat menghasilkan 60–120 kg.

Buah ini karakteristiknya unik. Ketika masih muda buahnya berwarna hijau dan rasanya asam.  Akan tetapi ketika mulai matang, maka buahnya akan berubah berwarna kuning terang dengan rasa yang manis sekali.  Banyak yang kemudian menyebutnya sebagai mangga madu.

Berat buahnya dapat mencapai 350–450 gr, dengan daging buah yang berair tetapi tidak berserat.

Buah mangga golek

Mangga golek  adalah mangga yang popular di kalangan penikmat mangga memiliki bentuk yang lonjong. Mangga golek banyak dicari karena rasanya yang manis serta buahnya yang tidak berserat. Mangga golek yang paling dicari dan terkenal adalah mangga yang berasal dari Porbolinggo, Indramayu dan Pasuruan. Mangga ini mangga lokal dengan varientas yang unggul. Kulit buahnya tipis dan daging buahnya nikmat.

Mangga gadung

Mangga gadung termasuk katagori mangga lokal yang banyak ditemukan  di daerah Jawa Timur. Buah mangga gadung memiliki bentuk buah yang sangat mirip dengan mangga harum manis.

Rasa buah mangga yang manis daging buah berwarna kuning kemerahan aroma buah yang harum menambah buah mangga gadung semakin nikmat.

Kulit buah mangga gadung berwarna hijau jika masih muda sampai buah mangga matang tetap berwarna hijau ditandai denagn bintik kelenjar berwarna putih. Ukuran buah mangga cukup besar bera buah mangga gadung sekitar 400-450 gram.

Buah mangga indramayu

Buah manga indramayu atau sering disebut mangga cengkir. Mangga cengkir istimewa karena memiliki rasa manis bahkan jika belum matang sempurna.

Buah mangga ini tahan lama,  tidak cepat membusuk bila dibandingkan dengan buah mangga harum manis.

Kulit buahnya jika sudah matang berwarna hijau kekuning-kuningan.

Warna daging buah yang sudah matang berwarna jingga terang semakin matang buahnya semakin warna jingga yang dihasilkan. Bentuk buah mangga cangkir berbentuk lonjong dengan berat mencapai 300-500 gram.

Buah mangga Irwin

Buah mangga Irwin berasal dari negara  Australia atau sering disebut negara kangguru. Buah mangga Irwin memilki ukuran yang cukup besar dengan berat buahnya 500-750 gram perbuahnya.

Buahnya berbetuk oval, serta kulit buahnya berwarna merah jika buah mangga mulai matang sedikit gelap bertekstur mulus.

Daging buah berwarna jingga mengandung sedikit serat mempunyai sensasi rasa masam tapi rasa manis ketika buah mulai matang. Rasa manis dalam buah mangga Irwin dengan kadar gula serta sensasi asam yang menyerap bagian samping belakang lidah.

Buah mangga gajah

Buah mangga gajah berukuran jumbo karena namanya juga mangga gajah. Sebenarnya mangga gajah adalah mangga jenis harum manis karena tekstur buahnya hampir mirip.

Mangga gajah sangat tepat ditanam di dareah dataran rendah dengan cuaca panas. Musim buah mangga gajah biasanya terjadi pada bualan Agustus samapi November. Buah mangga gajah kulit buahnya berwarna hijau dan berukuran besar.

Buah mangga alpukat

Mangga alpukat merupakan mangga khas Pasuruan yang akhi-akhir ini sedang viral. Jika anda mengkonsumsi mangga alpukat anda tidak perlu susah-susah untuk mengkupasnya. Hanya dengan memotong bagian tengah mangga buah mangga akan terbagi dua mirip seperti mengkupas alpukat. Rasanya yang begitu manis karena mangga ini berasal dari pencangkokan antara mangga gadung dan mangga madu.

Jenis buah mangga paling besar

Tentunya buah mangga paling besar memilki ukuran buah yang besar atau jumpo. Jenis buah mangga yang memilki ukuran besar adalah buah mangga kiojay yang berasal dari Thailand. Ukuran buahnya yang mencapai 2 kg dengan rasa buah yang manis. Selain itu buah mangga paling besar adalah buah mangga gajah buah mangga gajah memiliki ukuran buah yang jumbo. Bobotnya rata-rata buah mangga jumbo sekitar 1 samapi 2 kg per buah.

Grosir buah mangga

Jika anda adalah penjual buah-buahan, maka untuk mendapatkannya bisa dengan cara membeli di grosir buah mangga.  Biasanya di setiap kota terdapat minimal 1 grosiran buah.  Mereka menjual berbagai macam buah, baik lokal ataupun import.

Bisa juga anda membeli dari pemilik pohon mangga langsung.  Namun jika ini yang dilakukan, maka diperlukan kemampuan menaksir harga supaya tidak terjadi kerugian.

Harga buah mangga 1 kilo

Buah mangga yang digemari banyak orang karena rasa buah mangga yang manis serta rasa buah yang segar. Buah mangga dapat hidup subur didaerah tropis seperti di Indonesia karena mendapatkan sinar matahari yang cukup. Harga buah mangga yang cukup ramah dikantong membuat buah mangga makin laris dipasaran. Harga perkilo buah mangga sekitar Rp. 15.000-Rp. 20.000 tergantung jenis buahnya.

1 tanggapan pada “Harga Buah Mangga”

Tinggalkan Balasan