Jambu Air

Jambu Air Kecil

Nama Latin Jambu Air

Jambu air merupakan tanaman yang termasuk ke dalam suku jambu-jambuan atau Myrtaceae. Buah jambu yang berasal dari Asia Tenggara ini memiliki nama latin Syzygium aqueum.

Di Indonesia buah ini sudah tidak asing lagi karena banyak kita jumpai di pekarangan rumah atau di pinggir jalan di sekitar kita.

Bahasa Ingris Jambu Air

Dalam bahasa inggris buah jambu air disebut  dengan water apple.

Ia memiliki berbagai macam nama di berbagai daerahnya. Seperti di Malaysia jambu air disebut dengan jambu ayer mawar, di Jawa disebut jambu wer, di Madura disebut jhambu wir dan lain sebagainya.

Klasifikasi Jambu Air

Tanaman buah jambu memiliki banyak sekali spesies atau jenis buah-buahan. Namun pada umumnya buah jambu terdiri dari dua spesies yaitu buah jambu air kecil (Syzygium aqueum) dan buah jambu air besar (Syzygium samarangense).

Apa saja ya klasifikasi buah jambu air? Mau tahu? Berikut adalah klasifikasi jambu air menurut Crongquist (1981).

Kingdom              : Plantae

Divisi                     : Magnoliophyta

Kelas                     : Magnoliopsida

Subkelas              : Rosidae

Ordo                     : Myrtales

Family                   : Myrtaceae

Genus                  : Syzygium

Spesies                : Syzygium aqueum

Deskripsi Jambu Air

Buah Jambu Air Besar
Buah Jambu Air Besar

Jambu air merupakan tanaman yang banyak disukai oleh masyarakat. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara ini termasuk ke dalam suku jambu-jambuan atau Myrtaceae dan memiliki nama latin (Syzygium aqueum).

Buah yang memiliki rasa manis masam dan segar ini banyak tersebar di seluruh daerah yang ada di Indonesia. Mungkin anda akan sering melihat tanaman yang satu ini di sekitar anda.

Dengan banyaknya buah jambu ini membuat harga buah jambu terjangkau.

Pada umumnya jambu air berupa perdu dengan tinggi 3-10 m, berbentuk cabang bengkak bengkok mulai dari pangkal batang pohon.

Struktur batang kayu dari pohon jambu ini keras dan kuat, tekstur kasar, berwarna kecoklatan dan terdapat bercak coklat.

Tanaman ini memiliki akar tunggang atau disebut dengan akar radik primary dengan percabangan yang relative kecil. Daun dari pohon jambu ini berwarna hijau dengan tulang daun yang menyirip.

Jenis Jambu Air

Jambu Air Kecil
Jambu Air Kecil

Ada berbagai macam jenis jambu air yang dapat kita jumpai di berbagai daerah di Indonesia.

Namun pada umumnya ada dua jenis buah jambu air diantaranya yaitu :

  • buah jambu air kecil (Syzygium aqueum) dan
  • buah jambu air besar (Syzygium samarangense).

Buah ini memiliki rasa yang manis masam dan segar tergantung dari jenis buah jambu air itu sendiri.

Kerangka bunga dalam pohon jambu air ini biasanya di ujung ranting (terminal) atau muncul diketiak daun yang sudah gugur (aksial).

Buah ini memiliki bentuk seperti lonceng, kerucut atau berbentuk membualat keatas dengan warna hijau ketika belum matang dan warna merah ketika sudah matang.

Buah ini memiliki biji seperti jantung dengan selaput putih yang membalutnya. Namun ada juga yang hanya memiliki biji kecil atau bahkan tidak memiliki biji.

Baca Juga :

Pohon Jambu Air

Pohon Jambu Air
Pohon Jambu Air

Berbicara tentang pohon jambu air pasti sudah tidak asing lagi.

Tanaman buah ini banyak ditemukan di berbagai wilayah yang ada di Indonesia.

Buah yang berasal dari Asia Tenggara ini termasuk ke dalam tumbuhan dalam suku jambu-jambuan.

Jenis buah yang satu ini terkenal memiliki rasa yang khas dengan perpaduan rasa manis masam serta segar ketika dimakan.

Biasanya buah ini disajikan di atas meja untuk dimakan langsung. Namun buah ini juga dapat dimanfaatkan untuk tambahan yang diolah menjadi rujak atau pun asinan.

Pohon ini memiliki jenis yang bermacam-macam, selain itu sebutan buah jambu air ini berbeda-beda di setiap daerah.

Tanaman ini tidak diketahui jelas asal usulnya, namun diperkirakan berasal dari Asia Tenggara. Sejak zaman dahulu tanaman buah yang satu ini telah dipelihara di Kawasan ini. mulai dari Kawasan Indocina sampai ke bagian Timur Nusantara.

Kayu dari pohon buah ini memiliki tekstur yang keras dan memiliki warna kemerahan sehingga cocok sekali jika dijadikan untuk bahan bangunan asalkan tidak terkena dengan tanah.

Biasanya ukurannya kecil dan dapat juga digunakan sebagai kayu bakar. Ada berbagai jenis buah jambu air yang sering ditemui di pasaran.

Contohnya seperti jambu air cengkih, jambu air madu, jambu air king citra, jambu air kampret, jambu air king rose, jambu air kancing, dll.

Ciri-Ciri Pohon Jambu Air

Ketika kita membicarakan tentang pohon buah ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita.

Buah yang dapat dimakan langsung atau dapat diolah menjadi rujak dan asinan ini sudah banyak di temukan diberbagai daerah di Indonesia.

Meskipun sudah mengetahui pohon buah ini tidak ada salah nya jika anda mengetahui ciri-cirinya bukan?

Nah berikut kami berikan beberapa ciri-ciri dari pohon jambu air yang terdiri dari organ-organ tanaman seperti akar, batang, daun, bunga, buah dan biji.

  • Tanaman jambu air memiliki akar tunggang atau yang biasa disebut dengan akar radix primary
  • Memiliki batang berkayu dengan struktur keras dan kuat, kasar, berwarna kecoklatan dan terdapat bercak coklat
  • Tinggi batang berkisar antara 3-10 meter bahkan bisa lebih
  • Jenis daun tunggal dengan tulang daun menyirip dan berwarna hijau. Panjang daun berkisar antara 15-20 cm dan lebar antara 4-6 cm
  • Ujung daun berbentuk tumpul dengan pangkal bulat dan permukaan daun sebagian besar mengkilap
  • Bunga jambu air ini termasuk bunga majemuk dengan bentuk seperti karang dan berada di ketiak daun. Bentuk bunganya berbentuk corong dengan warna hijau kekuningan.
  • Ukuran benang sarinya kurang lebih 3,5 cm berwarna putih dan terdapat lebih dari 20 benang sari. Putiknya berukuran sekitar 5 cm dan berwarna hijau pucat.
  • Buah jambu berbentuk seperti lonceng atau gangsing dengan dengan Panjang sekitar 3-5 cm.
  • Kulit buah berwarna merah dan tipis. Buah jambu air ini termasuk dengan buah sejati tunggal berdaging.
  • Biji buah ini berdiameter sekitar 1,5 cm berwarna putih kecoklatan dengan selaput putih sebagai kulit bijinya.

Buah Jambu Air

Siapa sih yang tidak tahu buah jambu air? Buah yang memiliki perpaduan rasa antara rasa manis dan masam ini memiliki kandungan air yang cukup banyak dengan rasa yang khas.

Buah ini dapat ditanam di pekarangan rumah dan dapat menciptakan kerindangan di sekitarnya. Ia memiliki bentuk buah seperti lonceng dan pada bagian ujungnya terdapat mahkota atau kelopak buah.

Buah ini memiliki berbagai macam warna buah seperti warna putih, hijau, hijau kekuningan, merah muda, merah terang sampai merah gelap.

Bagian luar kulitnya mengkilap seperti dilapisi oleh lilin dengan daging buah berwarna putih dan mengandung cukup banyak air. Selain itu permukaan bagian dalam buah ini seperti busa.

Tahu gak, ternyata buah jambu ini memiliki beberapa kandungan yang baik untuk tubuh kita loh?

Buah jambu ini merupakan sumber vitamin C dan vitamin A, serat, kalsium, tiamin, biasin dan zat besi.

Kandungan tersebut memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh kita seperti :

  • dapat mengontrol diabetes,
  • mengatasi diare dan perut kembung,
  • membantu mendinginkan tubuh saat cuaca panas,
  • melawan infeksi jamur,
  • menurunkan kadar kolesterol jahat dan lain sebagainya.

Ciri-Ciri Jambu Air

Tanaman buah ini merupakan tanaman yang hampir ditanam diseluruh wilayah Nusantara dengan pusat penyebaran berada di Pulau Jawa.

Anda akan banyak menemui pohon buah ini di daerah pedesaaan. Biasanya masyarakat akan menanam pohon buah ini di pekarangan rumah mereka atau ada yang menanamnya di perkebunan kering milik warna.

Buah ini tidak hanya memiliki rasa yang manis menyegarkan, tetapi memiliki keragaman dalam penampilannya.

Banyak jenis jambu air yang memiliki penampilan bagus dengan berbagai warna seperti warna hijau sampai warna merah kehitaman.

Jenis buah ini dikategorikan buah yang tidak berkulit, sehingga jika fisiknya rusak sedikit saja maka akan mempercepat pembusukan.

Buah ini memiliki keunggulan dengan rasa buah yang manis dan menyegarkan karena mengandung air yang cukup tinggi.

Sehingga buah ini sangat cocok jika dimakan sebagai cemilan sehat ketika rasa ngantuk, suntuk dan cuaca panas datang.

Buah ini dapat dikonsumsi secara langsung jika sudah matang atau dapat juga disajikan sebagai buah meja. Tidak hanya dimakan langsung, ia juga dapat dijadikan sebagai salah satu bahan rujak atau bisa juga dijadikan sebagai asinan.

Seperti yang sudah anda ketahui bahwa buah jambu ini memiliki bentuk seperti lonceng, kerucut atau bentuk membulat keatas.

Buah ini memiliki warna hijau ketika belum matang dan kemerahan jika sudah matang, bahkan ada yang sampai berwarna merah kehitaman dengan rasa yang sangat manis dan khas.

Pada umumnya buah ini memiliki biji yang seperti jantung dengan diameter berukuran antara 1-1,5 cm. Biji tersebut diselaputi dengan selaput berwarna putih sehingga seperti kulit biji.

Daun Jambu Air

Daun jambu air merupakan salah satu bagian dari pohon jambu air. Pohon buah ini memiliki daun yang termasuk ke dalam jenis daun tunggal.

Dimana daun pada setiap tangkainya hanyalah mendukung satu helaian daun saja.

Bagian dari batang tempat duduk daun disebut nodus, sedangkan sudut atas antara daun dengan batang disebut ketiak daun. Biasanya buah ini berbuah pada sekitar ketiak daun.

Ia ini memiliki daun tunggal, berhadapan dan bertangkai. Panjang dari daun buah ini berkisar antara 15 sampai 20 cm dan dengan lebar daun berkisar antara 4 sampai 6 cm.

Pada umumnya daun buah ini berwarna hijau, namun jika ada kelainan dalam daun anda harus memperhatikannya.

Apakah anda menyukai buah ini? Atau suka menanam phon buah yang satu ini?

Ternyata menanam pohon buah ini memiliki manfaat tersendiri loh bagi penanamnya. Selain mendapatkan buah yang dapat dikonsumsi tenyata daun jambu air memiliki manfaat sendiri loh.

Dalam uji klinis yang dilakukan para ahli disebutkan bahwa daun buah ini mengandung steroid, saponin dan senyawa fenolik di dalamnya.

Beberapa senyawa inilah yang membuat daun jambu air memiliki beberapa khasiat.

Sudah lama daun buah buah ini digunakan untuk menurunkan panas pada penderita demam terutama untuk anak-anak.

Caranya mudah yaitu dengan mengambil beberapa helai daun buah ini lalu remas-remas dan letakkan pada wadah yang berisi air hangat. Gunakan helaian daun jambu air tersebut untuk mengkompres.

Ada berbagai macam manfaat lainnya seperti mengusir sendi yang kesleo, nengkak, masuk angina, luka pada kulit, patah tulang dan lain sebagainya.

Bentuk Daun Jambu Air

Sudah banyak yang tahu tentang buah jambu atau yang memiliki nama latin Syzygium aqueum ini. Buah ini memiliki perpaduan rasa yang manis masam dan segar ketika dimakan.

Selain itu buah ini memiliki berbagai macam warna dari warna hijau, hijau kekuningan, merah muda, merah bahkan ada yang berwarna merah gelap dengan jenis yang bermacam-macam.

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa daun buah ini termasuk ke dalam jambu yang berdaun tunggal.

Daun pada pohon buah ini termasuk ke dalam daun tunggal tidak lengkap.

Mengapa?

Karena buah ini hanya memiliki tangkai daun (Potiolus) dan helaian daun (Lamina) yang pada umumnya disebut dengan daun bertangkai.

Daun tunggal ini terletak berhadapan dengan helaian daun berbentuk jorong. Memiliki daging daun yang tipis, permukaan daun rata dan memiliki tepi daun yang rata.

Ujung daun buah ini membentuk sudut tumpul dengan pangkal daun tidak membentuk sudut melainkan berlekuk. Tangkai daunnya berbentuk silindris dan pada bagian pangkalnya tidak menebal.

Bunga Jambu Air

Setiap tanaman pasti memiliki bagian seperti bunga.

Bunga tanaman buah ini merupakan bunga dengan jenis majemuk.

Karang bunga berbentuk seperti malai serta memiliki bunga yang berwarna putih kekuningan.

Bunga tanaman ini terletak pada bagian bawah ketiak daun dengan bagian kelopaknya berbentuk corong.

Dalam bunga buah ini terdapat benang sari dengan ukuran sekitar 3-3,5 cm.

Terdapat ada lebih dari 20 benang sari dalam bunga buah ini dan memiliki ukuran putik antara 4 sampai 5 cm dengan warna bunga hijau pucat.

Bunga dalam pohon buah ini termasuk bunga lengkap.

Mengapa dikatakan lengkap?

Karena bunga lengkap merupakan bunga yang memiliki alat kelamin dan perhiasan bunga.

Perhiasan bunga yang dimaksud yaitu terdiri dari kelopak bunga dan mahkota bunga.

Kelopak bunga ini memiliki fungsi untuk melindungi bunga saat masih kuncup, sedangkan mahkota bunga memiliki fungsi sebagai melindungi alat kelamin yang ada di dalamnya.

Alat kelamin bunga terdiri dari putik (alat kelamin betina) dan benang sari (alat kelamin jantan).

Putik bunga terdiri dari kepala putik, tangkai putik dan bakal buah, sedangkan untuk benang sari terdiri dari kepala sari dan tangkai sari.

Dalam bakal buah terdapat bakal biji yang berisi sel telur dan di dalam kepala sari terdapat kotak sari dan serbuk sari.

Akar Jambu Air

Tahukah anda, ternyata akar tanaman buah ini dapat dimanfaatkan sebagai obat yang dapat menyembuhkan penyakit epilepsy?

Penyakit epilepsy atau ayan ini merupakan penyakit kronis berupa kejang kambuhan yang sering terjadi atau muncul tanpa pencetus.

Tanaman buah ini termasuk ke dalam tanaman yang tergolong dikotil yang meliputi akar tunggang atau biasa disebut dengan akar radik primaria.

Pohon buah ini memiliki percabangan yang berukuran relative kecil dan merupakan bagian dari akar tunggang tersebut. Akarnya memiliki warna kecoklatan, kuat dan keras.