Jambu Bol

Jambu Bol

Nama Latin Jambu Bol

Jambu bol merupakan tanaman yang termasuk kedalam kerabat jambu-jambuan.

Buah jambu ini memiliki tekstur daging buah yang lebih lembut dan lebih padat dibandingkan dengan jambu air.

Buah ini juga memiliki banyak sebutan diantaranya yaitu jambu kepal, jambu darsono, jambu jamaika dan jambu merah.

Dalam bahasa inggris buah jambu ini disebut dengan Malay Apple, sedangkan nama ilmiahnya disebut dengan Syzygium malaccense.

Ia memiliki nama yang berbeda-beda disetiap daerahnya tergantung dari bahasanya. Seperti di Minangkabau jambu bol disebut dengan jambu bo dan jambu jambak.

Jambu Bol
Jambu Bol

Di Sunda disebut jambu bool. Di Bali disebut nyambu bol, di Makasar disebut jambu bolo.

Di Jawa dan Madura disebut dengan jambu darsana, dersana, tersana dan masih banyak nama lainnya.

Sama seperti buah lainnya, buah jambu ini juga dapat dijadikan menjadi buah meja yaitu jenis buah yang dapat langsung disantap tanpa harus diolah terlebih dahulu.

Di Indonesia sendiri, selain dimakan secara langsung buah ini juga dapat diolah sebagai campuran rujak.

Dengan rasa yang manis masam dan segar membuat buah ini banyak digemari dan tentunya sangat nikmat jika dibuat rujak.

Selain diolah menjadi rujak, buah jambu ini juga dapat diolah menjadi asinan atau manisan.

Jenis Jambu Bol

Tanaman jambu ini merupakan tanaman yang banyak disukai oleh masyarakat karena memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut dan padat.

Asal usul dari tanaman yang satu ini tidak diketahui cirinya dengan pasti. Tetapi buah ini ditanam sudah sejak lama di Semenanjung Malaya, Sumatra serta Jawa.

Tanamannya banyak ditemukan atau ditanam di negara-negara tropis termasuk dengan negara-negara Karibia seperti negara Jamaika, Trinidad dan Tobago.

Jenis buah ini merupakan salah satu buah yang memiliki ukuran besar. Satu buah jambu ini dapat mencapai ukuran seperti genggaman orang dewasa.

Bagi anda yang baru merasakan buah jambu bol pasti akan ketagihan untuk memakannya lagi. Karena memang rasa buahnya nikmat, manis, segar dan mengandung banyak air sehingga dapat menghilangkan haus.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa jambu ini memiliki nama yang berbeda-beda disetiap daerahnya.

Perlu anda ketahui bahwa ia memiliki berbagai macam sebutan atau dikenal dengan nama jambu dersana (sebagian orang menyebutnya jambu darsono), jambu jamaika, jambu merah, jambu kepal, jambu ripu, jambu boa dan lain sebagainya.

Namun tetap saja, buah ini paling dikenal dengan sebutan buah jambu bol.

Anda dapat menemukan tanaman buah ini di pasar tradisional bahkan sampai supermarket.

Namun karena rasa dari buah ini yang lebih nikmat, manis dan segar memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah jambu yang sering kita temui.

Karena cita rasa dan teksturnya yang hampir seperti buah apel jadi tidak heran jika masyarakat dunia mengenalnya dengan sebutan Malay Apple atau Mountain Apple.

Baca Juga :

  1. Jambu Air
  2. Jambu Citra
  3. Jenis Jambu Air
  4. Khasiat Jambu Air

Pohon Jambu Bol

Jambu bola atau yang biasa disebut dengan jambu kepala atau jambu merah ini memiliki tekstur daging yang lembut dan padat dibandingkan jenis jambu air.

Pohon Jambu Bol
Pohon Jambu Bol

Buah ini berasal dari Malaka yang tersebar luas di berbagai belahan dunia terutama di Asia Tenggara.

Jenis buah yang satu ini memiliki sebutan yang berbeda-beda disetiap daerahnya seperti di Jawa yang disebut dengan jambu darsana, di Sunda disebut dengan jambu bool dan lain sebagainya.

Pohon yang memiliki nama latin Syzygium malaccense ini memiliki jenis akar yang tunggang. Selain itu juga memiliki percabangan yang berukuran kecil.

Perakaran dalam tanaman jambu dapat menembus bagian tanah dengan kedalaman antara 5-10 m.

Akar tersebut dapat berfungsi untuk mengangkut air dari media tanah ke tumbuhan. Pasti semua orang tahu kan seperti apa pohon buah jambu ini?

Pohon buah jambu bol ini memiliki batang yang berukuran sedang dengan ketinggian batang mencapai 15 meter.

Tanaman ini tumbuh lurus dengan percabangan yang rendah dan bertajuk rimbun padat. Tekstur dari batang pohon jambu ini kasar dan memiliki diameter berkisar 20-45 cm bahkan lebih.

Daunnya hampir sama seperti daun jambu air lainnya. Ia memiliki daun tunggal yang terletak saling berhadapan.

Tangkai dari pohon jambu ini pendek berkisar 1-1,5 cm berbentuk lonjong, besar dan menjorong serta memiliki permukaan yang kasar dengan pertulangan daun yang menonjol dipermukaan daun.

Buah jambu ini memiliki bentuk bulat sampai menjorong dan memiliki garis dengan Panjang berkisar antara 5-8 cm.

Seperti buah lainnya, buah jambu ini memiliki warna hijau ketika belum matang dan berwarna merah tua ketika sudah matang.

Daging buahnya berwarna putih dengan rasa manis masam dan aroma yang khas sehingga membuat banyak orang ingin memakannya.

Bunga Jambu Bol

Apakah anda memiliki pohon buah jambu bol? Atau anda pernah melihat pohon dan bunga jambu bol?

Bunga Jambu Bol
Bunga Jambu Bol

Mungkin tidak semua orang memiliki dan dapat melihat keindahan bunga dari pohon jambu bol ini.

Karena tanaman jambu jenis ini tergolong ke dalam tanaman yang tidak tumbuh banyak disekitar kita, tetapi tidak juga disebut tanaman langka.

Bunga dari tanaman buah jambu bol ini tumbuh dan terletak di bagian ranting yang tidak memiliki tumbuh daun.

Tangkai yang dimiliki oleh pohon jambu bol ini pendek dan bergerombol serta berisi 1-12 kuntum.

Tanaman ini memiliki warna bunga yang cantic yaitu berwarna merah, keunguan dan pink. Selain itu, jambu bol juga memiliki tabung kelopak dengan Panjang berkisar antara 1,5 sampai 2 cm.

Mahkota dari bunga ini berwarna merah dengan bentuk lonjong atau bundar. Sedangkan untuk benang sari dalam setiap bunganya banyak sekali.

Masing-masing memiliki Panjang sekitar 3,5 cm dan Panjang tangkai putik berkisar antara 3-4,5 cm.

Tanaman buah jambu bol ini dapat anda temui dimana saja dan penyebarannya dengan ketinggian 1200 mdpl.

Pada umunya tanaman jambu bol ini diperbanyak dengan biji atau bisa juga dengan cara cangkokan.

Sedangkan untuk musim berbunganya pada bulan Mei-Juni dan sudah dapat dipanen pada bulan Agustus-September.

Manfaat Jambu Bol

Jambu bol memiliki rasa yang manis masam dan biasanya dijadikan sebagai salah satu pelengkap rujak atau asinan/manisan.

Jambu bola tau jambu jamaika ini memiliki daging buah yang tebal dan padat berwarna putih. Bahkan buah ini juga memiliki aroma yang khas.

Tanaman buah jambu bol ini tidak hanya menawarkan buah yang nikmat saja loh. Tahu tidak? Ternyata buah jambu bol ini juga memiliki kandungan nutrisi dan zat gizi yang baik dan penting untuk kesehatan tubuh kita.

Apa saja ya kandungan dari buah jambu bol tersebut? Kandungan buah jambu bol cukup lengkap vitamin A, vitamin B1, vitamin C, karbohidrat, lemak, zat besi, fosfor, protein, dan juga kalsium.

Dengan berbagai macam kandungan yang terdapat di dalam buah jambu ini dan jika dikonsumsi secara rutin maka anda akan merasakan berbagai kegunaan yang banyak temukan .

Ada pun beberapa kandungan vitamin dari buah jambu bol.

  • Meredakan sariawan

Kandungan vitamin C didalam buah jambu bol ini merupakan salah satu alternative herbal untuk mengatasi sariawan. Selain itu juga dapat memanfaatkan air seduhan kulit kayu  pohon jambu bol.

  • Membantu menurunkan demam

Air seduhan dari tanaman ini baik itu daun, buah, dan biji buah jambu bol ini dapat membantu untuk menurunkan demam

  • Sumber energi dan karbohidrat

Buah ini mengandung karbohidrat dan energi yang tinggi. Dengan mengkonsumsi beberapa buah jambu bol membuat anda merasa kenyang. Sehingga buah ini juga cocok sekali dikonsumsi untuk diet yang sehat.

  • Membantu menguatkan tulang

Kandungan zat besi dalam buah jambu bol sangat penting untuk pertumbuhan tulang. Dengan memenuhi kebutuhan zat besi dapat membantu mencegah pengeroposan tulang serta dapat menguatkan tulang.

  • Membantu meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C yang terdapat didalam buah jambu bol sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Sehingga kita terhindar dari berbagai jenis penyakit.

  • Mencegah terkena penyakit diabetes

Dengan mengkonsumsi buah jambu bol secara langsung dapat membantu mengurangi kadar gula yang berlebih dalam darah. Sehingga mencegah terkenanya penyakit diabetes. Selain buahnya, seluruh bagian pohon buah ini juga dapat digunakan untuk mengobati diabetes.

  • Menyehatkan mata

Dengan kandungan vitamin A yang tinggi didalam buah jambu bol ini maka dapat membuat mata menjadi sehat. Sehingga penglihatan akan lebih jelas dan tajam.

Harga Jambu Bol

Ketika berbicara tentang jambu anda tentunya langsung membayangkan buah yang berwarna merah dan memiliki rasa yang manis.

Buah jambu merupakan salah satu komoditas yang banyak dicari oleh masyarakat. Selain untuk menjadi buah meja, buah yang satu ini juga dapat dikonsumsi setiap hari untuk memenuhi kandungan nutrisi dan zat gizi dalam tubuh.

Setiap penjual buah pasti akan menyediakan berbagai macam buah, begitu juga dengan buah jambu. Pembeli memiliki seleranya sendiri-sendiri terhadap berbagai buah yang ditawarkan.

Mencari jenis jambu yang menjadi idaman memang sangat menyulitkan karena tidak semua penjual menyediakan buah idaman kita.

Tidak adanya buah yang disediakan penjual biasanya disebabkan karena perubahan musim atau bisa juga karena jambu tidak banyak peminatnya.

Meskipun demikian buah ini masih eksis di kalangan masyarakat sampai saat ini. Apakah anda penasaran berapa harga dari buah jambu?

Nah bagi anda yang menyukai buah jambu, berikut kami berikan ulasan tentang harga buah jambu.

Jambu bol merupakan jambu air yang berasal dari Indo-Cina, Malaysia, Indonesia, Filipina.

Secara fisiknya buah ini terlihat segar dengan warna dan aroma yang banyak disukai oleh masyarakat.

Harga jambu bol pada sekarang ini berkisar Rp 40.000,- per kilonya. Harganya yang sangat tinggi sebanding dengan rasanya yang memang enak.

Selain jambu bol ada juga jambu mete/jambu monyet harganya berkisar Rp 125.000 – Rp 140.000 per kilonya.

Ada juga jambu kristal dengan harga Rp 18.000 – Rp 31.000 per kilonya, jambu air cincalok seharga Rp 30.000 per kilonya, jambu jade rose seharga Rp 76.500 per kilonya.