Jambu Citra

Jambu Citra

Jambu citra merupakan salah satu varietas pada buah jambu air yang memiliki keunggulan daging tebal dan berukuran besar serta sebagian buahnya tidak berbiji.

Rasanya yang manis dan renyah membuat buah jenis ini banyak disukai oleh masyarakat. Selain itu, buah jambu citra ini mudah untuk dibudidayakan.

Cara Merawat Jambu Air Citra

Setelah anda menanam buah jambu air citra tentunya anda perlu melakuakn perawatan pada tanaman sehingga tanaman tumbuh dengan baik.

Memilih Bibit Yang Tepat

Tetapi dalam penanaman bibit pohon buah jambu citra anda perlu memperhatikan dalam pemilihan bibitnya.

Karena pemilihan bibit yang berkualitas berpengaruh kepada hasil buahnya nanti. Terlepas dari itu semua perawatan tanaman jambu citra sangat penting.

Untuk menjaga tanaman tetap baik dan tumbuh dengan baik sehingga menghasilkan buah yang berkualitas bagus.

Cara merawat

Bagaimana cara merawat tanaman jambu air citra?

Mungkin bagi anda yang menyukai tanaman bahkan suka bercocok tanam sudah mengetahui cara untuk merawat tanaman.

Bagi anda yang ingin tahu cara merawat tanaman jambu air citra tidak perlu khawatir, karena kami akan berikan beberapa cara untuk merawatnya.

Pembibitan

Namun sebelumnya anda harus melakukan pembibitan dan penanaman buah jambu terlebih dahulu.

Dalam pembibitan buah jambu air ada dua yaitu dengan cara generative (dengan biji) dan vegetative (cangkok, okulasi dan stek).

Jika anda memilih menggunakan cara generative maka akan membutuhkan waktu yang lama untuk berbuah.

Sedangkan jika anda memilih menggunakan cara vegetative akan lebih cepat berbuah.

Penanaman

Namun pada penanaman dengan cara vegetative sangat disarankan untuk melakukan budidaya menggunakan pot atau polybag.

Karena ukuran tersebut berukuran lebih pendek tetapi sudah dapat berbuah. Pada penanaman bibit jambu air citra ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau sore hari.

Masukkan bibit kedalam lubang tanam lalu tutup dengan tanah yang sudah dicampur dengan kompos.

Penyiraman

Untuk perawatan tanaman yang pertama anda dapat melakukan penyiraman tanaman jambu air.

Anda dapat melakukan penyiraman 2 kali sehari baik pagi ataupun sore hari pada musim kemarau.

Namun anda perlu perhatikan ketika pada musim hujan agar tidak tergenang air.

Pemupukan

Agar tanaman menjadi subur anda perlu melakukan pemupukan.

Lakukan pemupukan setiap 3 bulan sekali inimal dalam satu tahun lakukan 2 kali pemupukan dengan pupuk kompos.

Pemupukan ini dapat dilakukan dengan cara membuat lubang dengan jarak sekitar 1 meter dari pohon kemudian masukkan pupuk.

Pemangkasan

Untuk perawatan yang selanjutnya yaitu pemangkasan cabang atau dahan dengan tujuan agar buah lebat.

Selain itu juga agar terbentuk tajuk baru sehingga mendapatkan kanopi yang sempurna dan pohon tidak tumbuh terlalu rimbun.

Ketika buah jambu air sudah muai berbunga maka perlu dilakukan pembungkusan agar tidak diserang oleh hama.

Cara Membuahkan Jambu Citra

Apakah anda tahu buah jambu citra?

Jika ditanya seperti itu pasti kebanyakan orang akan menjawab tahu. Karena buah jambu ini merupakan buah yang menjadi favorit dan primadona bagi kalangan masyarakat.

Buah jambu ini memiliki rasa yang manis serta segar sehingga banyak orang yang menyukai buah jambu yang satu ini.

Teknik Membuahkan Jambu Citra

Jika anda suka bercocok tanam anda dapat menanam tanaman yang satu ini di pekarangan rumah anda karena pohon jambu citra tidak memerlukan tempat yang luas untuk menanamnya.

Selain itu, tanaman buah jambu citra ini dapat ditanam menggunakan pot. Namun perlu anda ketahui bahwa jambu citra ini termasuk kategori tabulampot dengan kesulitan membuahkan tingkat medium.

Kata kunci agar tanaman tumbuh dengan sehat dan dapat dibuahkan yaitu dengan memilih media tanam yang tepat.

Perawatan Yang Tepat

Perawatan tanaman juga diperlukan untuk dapat membuahkan hasil yang baik dan berkualitas.

Jika anda salah perlakuan dalam menanam pohon jambu air citra di dalam pot maka tanaman akan sulit untuk berbuah.

Pada umumnya tanaman membutuhkan tanah yang subur, begitu juga tanaman buah jambu citra yang membutuhkan media tanam subur dan bersifat porous.

Anda perlu menggunakan komposisi tanah, kompos, bokashi, pupuk kendang, dan sekam dengan perbandingan 2:1:1:1:0,5 untuk menanam pohon jambu air citra.

Biasanya setelah 5-6 bulan media akan turun dan memadat. Kemudian tambahkan pupuk kendang dan lakukan pengggemburan yang bertujuan agar sirkulasi udara di media berjalan dengan baik.

Anda dapat melakukan pemangkasan akar ketika akan dipindah ke dalam pot yang lebih besar dengan pemberian pupuk dasar NPK yang seimbang yaitu 15:15:15 atau bisa juga 16:16:16.

Pada saat tunas dan daun baru mulai berwarna hijau tua maka gunakan pupuk untuk merangsang pembuahan.

Anda dapat menggunakan pupuk NPK dengan fosfor dan kalium tinggi contohnya seperti 10:30:30 yang relative mudah dijumpai Gandasil B, Hiponex (biru) serta Growmore.

Aplikasikan pemupukan terbaik dengan melalui akar. Selain pemberian pupuk yang rutin, kombinasikan juga dengan pemangkasan secara rutin dengan membuang cabang yang sudah tua.

Tabulampot Jambu Air Citra

Jambu air merupakan tanaman yang berasal dari Kawasan Asia Tenggara.

Pohon buah jambu air citra ini dapat dengan mudah kita temukan di berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Salah satu varietas jambu air yang terkenal yaitu buah jambu air citra. Buah jenis ini memiliki daging buah  yang tebal dengan rasa manis dan renyah serta ukurannya besar.

Oleh sebab itu banyak orang yang menyukai buah ini bahkan banyak orang yang membudidayakan tanaman buah jambu citra ini.

Tanaman jambu citra ini tidak memerluka lahan yang luas untuk dapat menanamnya. Anda dapat memanfaatkan pekarangan rumah anda untuk menanam pohon jambu citra ini.

Selain itu tanaman buah jambu ini dapat di tanam di dalam pot (tabulampot). Bagaimana siy cara menanam pohon buah jambu citra di dalam pot?

Nah berikut kami berikat cara menanam buah jambu citra di dalam pot.

Pemilihan bibit jambu citra

Dalam pemilihan bibit jambu citra anda perlu memilih bibit yang berkualitas. Anda dapat membeli bibit buah jambu di toko tanaman.

Karena sekarang ini banyak toko bibit yang menjual berbagai bibit buah salah satunya buah jambu citra.

Anda juga dapat memperbanyak bibit jambu dengan cara generative (menggunakan biji) ataupun vegetative (cangkok, stek dan okulasi).

Namun disarankan untuk menggunakan cara vegetative karena lebih cepat berbuah yaitu sekitar 2-3 tahun. Sedangkan untuk cara generative dapat berbuah sekitar 7-10 tahun.

Persiapan pot dan media tanam

Anda dapat menggunakan pot yang sesuai dengan ukuran bibit yang akan ditanam dan untuk media tanamnya anda perlu menyiapkan media tanam yang subur dan porous.

Media tanam yang digunakan dapat menggunakan campuran tanah, kompos, bokashi, pupuk kendang dan sekam dengan perbandingan 2:1:1:1:0,5 atau bisa juga menggunakan campuran tanah dan pupuk kendang saja dengan perbandingan 1:1.

Cara menanam

Lakukan penanaman dengan melepaskan polybag tanam bibit terlebih dahulu, tetapi tetap harus berhati-hati jangan sampai merusak akar dan media tanam.

Masukkan bibit dan media tanam kedalam pot, lalu masukkan media tanam yang disiapkan dan sedikit dipadatkan. Beri jarak sekitar 2,5-3 meter antar potnya.

Cara merawat

Untuk melakukan perawatan tanaman anda dapat menyiram tanaman secara teratur selama 2 kali sehari yaitu pada waktu pagi hari dan sore hari.

Selain itu lakukan juga pemupukan agar nutrisi yang dibutuhka dapat terpenuhi dengan baik. Pemupukan dapat menggunakan pupuk kendang dan dapat dilakukan 2 kali dalam satu minggu.

Masa panen

Proses pemanenan dapat dilakukan setelah tanaman berumur 2,5 – 3 tahun. Tanaman ini dapat berbunga 2 kali dalam satu tahun pada bulan Juli dan September serta pematangan buah pada bulan Agustus dan November.

Jenis Jambu Air Citra

Jambu Citra
Jambu Citra

Indocina dan Indonesia merupakan tempat asal dari buah jambu air citra ini. Kemudian tanaman ini menyebar ke Malaysia dan pulau-pulau yang berada di pasifik.

Buah jambu air citra sangat digemari oleh masyarakat terutama di Indonesia. Sudah banyak yang tahu jika rasa dari buah jambu inni manis segar, renyah, empuk dan banyak mengandung air.

Apaka anda tahu bahwa buah jambu citra memiliki beberapa varietas?

Varian Jambu Citra Di Indonesia

Di Indonesia buah jambu citra ini memiliki beberapa varian diantaranya yaitu :

  • jambu citra biasa,
  • king citra,
  • thongsamsie (dari Thailand),
  • tab thin chan sampai
  • jambu citra jumbo.

Namun dari berbagai varietas jambu citra tersebut yang paling banyak kita temui di Indonesia yaitu jambu citra biasa.

Artikel Sejenis :

Ciri-Ciri Varian Jambu Citra

Jambu citra biasa memiliki pohon dengan tinggi berkisar antara 4-5 meter dengan tajuk yang dapat mencapai 2 meter.

Bentuk dari batang pohon jambu citra ini bulat dengan permukaan berwarna coklat dan bercabang-cabang, memiliki daun yang memanjang dengan warna daun hijau.

Bunganya bertipe spatula dengan warna mahkota kuning muda dan memiliki buah dengan bentuk lonceng tidak berlekuk sekitar 1-10 buah per tandan.

Jenis Thongsamsie

Jambu air thongsamsie merupakan tanaman jambu impor dari Thailand. Varietas jambu citra ini merupakan salah satu buah yang banyak diburu oleh masyarakat.

Karena buah ini memiliki ukuran yang jumbo dan lebih besar serta lebih manis dari jambu citra local.

Jambu citra thongsamsi atau jambu air king citra jumbo memiliki ukuran yang besar dengan bobot sekitar 80-110 gram per buahnya serta memiliki bentuk yang melebar ke bawah seperti lonceng.

Jambu jenis ini memiliki warna hijau ketika masih muda dan seiring perkembangannya warna buah menjadi merah cerah merekah dan sangat menggoda untuk dimakan.

Selain itu buah ini juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga menyegarkan. Seperti tanaman jambu lainnya, tanaman jenis ini juga mudah untuk ditanam dan dibudidayakan.

Jenis Jambu Citra Jumbo

Jenis jambu citra lainnya yaitu jambu citra jumbo. Seperti namanya, jambu ini memiliki ukuran buah yang besar.

Jika biasanya buah citra biasa berisi 9 sampai 12 buah per kilonya maka buah jambu citra jumbo hanya berisi 3 sampai 4 buah saja per kilonya.

Itu berarti bobot per buahnya memiliki berat antara 240 sampai 340 gram. Buah ini juga memiliki rasa yang manis seperti buah citra pada umumnya.

Penyebaran Jambu Citra

Siapa siy yang tidak tahu tentang buah jambu citra?

Jambu citra memang banyak dikenal sebagai jambu yang memiliki produktifitas tinggi dengan kualitas buah yang bagus.

Buah jambu citra memiliki daging yang tebal, renyah, dan memiliki rasa yang manis segar. Sangat cocok jika dijadikan sebagai buah meja.

Biasanya tanaman buah ini ditanam di halaman rumah dan juga ditanam di kebun secara besar-besaran di berbagai negara.

Pada umumnya buah jambu citra ini sangat mudah untuk ditanam dan dibudidayakan.

Buah jambu citra banyak beredar dan ditanam di seluruh daerah di Indonesia.

Tahu gak siy, kalau dii Indonesia buah jambu citra ini memiliki beberapa varian diantaranya yaitu buah jambu citra biasa, king citra, thongsamsie (dari Thailand), tab thin chan sampai jambu citra jumbo.

Tanaman Jambu Citra

Tanaman buah jambu ini termasuk jambu air yang rajin berbuah. Dengan perawatan dan pemeliharaan yang sederhana petani dapat memanen buah jambu citra menjadi 3 kali dalam satu tahunnya.

Buah jambu ini memiliki rasa yang lebih manis ketika pada musim kemarau yang minim adanya air. Namun berbeda dengan musim hujan.

Justru pada musim hujan jambu citra ini rasanya akan kurang begitu manis karena buah jambu ini memiliki struktur gabus sehingga akan menyerap air dan menyebabkan buah jambu ini terasa kurang manis ketika musim hujan.

Biasanya buah jambu citra jumbo ini memiliki bobot sekitar 250 – 300 gram per buahnya dan dalam 1 kilonya biasanya berisi 3 atau 4 buah saja.

Berbeda dengan buah jambu air lainnya. Bentuk buah jambu jenis ini seperti lonceng dengan warna merah tua sampai kecoklatan. Buah ini juga termasuk buah yang memiliki sedikit biji atau bahkan tidak memiliki biji.

Habitat Jambu Citra

Jambu air citra ini dapat tumbuh ideal dengan ketinggian tanah berkisar antara 200 – 500 meter diatas permukaan laut dengan temperature sedang dan curah hujan yang rendah.

Memiliki intensitas cahaya matahari yang ideal dalam pertumbuhan jambu air citra yaitu berkisar 40 – 80 %.

Sedangkan untuk suhu yang cocok pada tumbuhan jambu air citra yaitu berkisar 180 – 280 C dan kelembaban udara antara 50 – 80 %.

Setiap tumbuhan pasti menginginkan tanah yang subur, gembur dan banyak mengandung bahan organic, begitu juga dengan tanaman jambu air citra ini.

Cara Mengkonsumsi

Pada umumnya buah ini dikenal sebagai buah yang segar dan nikmat dimakan, tetapi ternyata buah ini juga dapat dibuat jus, asinan atau manisan dan lainnya.

Sekarang ini jambu air citra juga telah diolah menjadi makanan canggih seperti salada dan fruite cocktail dll.

Selain rasanya yang nikmat buah ini juga memiliki beberapa kandungan yang bagus untuk kesehatan dan kecantikan tubuh.

Kulit batang dari buah jambu air citra ini dapat dimanfaatkan sebagai obat, selain itu daunnya juga dapat dimanfaatkan. Sedangkan buahnya dapat digunakan untuk kecantikan.

Harga Jambu Citra

Setiap pedagang pasti akan menyediakann berbagai macam buah-buahan, salah satunya yaitu buah jambu citra.

Buah ini termasuk ke dalam buah yang banyak diminati oleh masyarakat karena pada umumnya buah ini memiliki rasa yang manis segar dan harganya pun terjangkau.

Mungkin anda juga akan menemukan buah jambu yang berbeda-beda dan mencari buah jambu yang menjadi idaman kita memang sulit.

Karena tidak semua penjual akan menyediakan berbagai jenis buah jambu termasuk buah jambu yang kita idamkan.

Salah satu buah yang banyak diminati oleh masyarakat yaitu buah citra. Sehingga banyak penjual yang menyediakan buah ini.

Karena memang buah ini banyak kita temukan di daerah-daerah di Indonesia. Nah apakah anda penasaran berapa harga jambu ini?

Sekarang ini harga jambu citra berkisar Rp 30.000 – Rp 60.000 bergantung kualitasnya. Anda dapat membelinya di pasar tradisional atau pun pasar modern seperti swalayan atau supermarket.