Khasiat Buah Mangga

Buah Mangga Yang Penuh Khasiat

Khasiat Buah ManggaBuah mangga yang memiliki rasa yang unik ini memang memiliki banyak penggemar. Rasanya yang bervariasi sesuai dengan jenis dan kematangannya membuat buah ini semakin menarik dan khas.

Mangga termasuk kelompok buah batu atau durpa berdaging tebal karena memang daging buahnya tebal dan enak dimakan.  Bentuknya berbeda-beda,  tergantung jenis mangganya. Ada yang bulat, lonjong dan masih banyak lagi.

Khasiat Buah Mangga Bagi Kesehatan

Ternyata, selain enak rasanya, mangga juga memiliki banyak khasiat.  Berikut ini merupakan khasiat buah mangga bagi kesehatan:

  • Mencegah penyakit jantung

Mangga termasuk buah yang dapat mencegah penyakit jantung.  Ia memiliki kandungan serat, kalium dan vitamin yang membantu mencegah penyakit jantung.

Disertai dengan pola hidup sehat,  maka penurunan resiko jantung pun dapat dimiliki. Karena kesehatan jatung sangat penting maka kita harus menjaga jatung kita dari penyakit ini.

  • Menjaga kadar kolestrol

Buah mangga yang segar dan juga mengandung vitamin C yang tinggi sangat membantu kesehatan tubuh.  Vitamin C bermanfaat untuk pertumbuhan, perkembangan sel-sel dalam tulang gigi dan berbagai jaringan lainnya. Selain itu vitamin C berguna untuk penyerapan zat besi dan kerusakan sel agar mencegah kadar kolestrol.

  • Menyehatkan indra penglihatan

Buah mangga juga mengandung vitamin A yang bagus untuk mata. Menjaga agar mata tetap sehat dengan mengkonsumsi buah mangga sesuai dengan takaran yang pas. Buah mangga ini dapat mencegah mata yang gatal dan kering karena kekurangan vitamin A.

  • Mencegah penyakit kanker

Buah mangga mengandung senyawa antioksidan. Anti oksidan ini berperan penting untuk melindungi usus besar, leukemia, payudara dari kanker.   Sehingga sering mengkonsumsi buah mangga dapat  mencegah penyakit kanker.

Baca Juga : Kandungan Dan Manfaat Buah Mangga

Khasiat Buah Mangga Bagi Ibu Hamil

Vitamin B6 atau sering juga disebut dengan piridoksin berguna bagi kesehatan. Vitamin B6 ini juga ada di dalam buah mangga.  Nah,  vitamin ini ternyata sangat penting bagi ibu yang tengah hamil.

Ia dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin.

Dengan jumlahnya yang  0,25 mg,   vitamin B6ini berguna untuk pembentukan sel-sel darah merah sehingga menghindari janin lahir cacat.

Buah Mangga Yang Penuh Khasiat
Buah Mangga Yang Penuh Khasiat

Serat yang terkandung di dalam buah mangga sangat berguna bagi kesehatan pencernaan ibu hamil terutama untuk ibu hamil muda. Dengan mengkonsumsi buah mangga pada masa awal kehamilan akan mengurangi resiko mual ataupun muntah.

Mengkonsumsi mangga juga sangat berperan aktif pada masalah tekanan darah.

Vitamin A di buah mangga akan membuat tubuh ibu hamil lebih kuat. Juga menjaga penglihatan ibu hamil agar lebih sehat. Begitu juga dengan perkembangan mata janin.

Khasiat mangga bagi ibu hamil adalah meningkatkan sistem organ pertumbuhan pada janin khusunya organ pernafasan.

Vitamin C-nya akan membantu proses penyerapan nutrisi di dalam pencernaan sehingga sangat baik bagi ibu dan janin.

Baca Juga : Harga Buah Mangga

Khasiat Buah Mangga Bagi Wajah

Khasiat buah mangga bagi wajah adalah mengilangkan jerawat pada wajah. Mangga yang masih muda rebus dan potong dengan ukuran sedang. Air sisa rebusan dapat digunakan untuk membasuh wajah.

Menyembuhkan bintik hitam pada wajah. Kulit mangga bisa digunakan untuk mengatasi bintik hitam pada wajah. Keringkan kulit mangga, setelah itu kulit mangga kering tumbuk agar menjadi bubuk.

Menyembuhkan kulit terbakar sinar matahari potong-potong buah mangga oleskan pada kulit yang terbakar karena sinar matahari.

Baca Juga : Cara Menanam Buah Mangga

Buah Mangga Untuk Diet

Buah mangga sangat bermanfaat bagi tubuh kita salah satunya untuk diet.

Buah ini banyak mengandung nutrisi dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh.

Dalam buah mangga muda terdapat serat yang berguna untuk menurunkan berat badan.

Serat buah mangga muda sangat baik untuk menurunkan berat badan.

Ia dapat membantu proses pembakaran lemak yang terjadi di dalam tubuh.

Di saat kita melakukan program diet maka tubuh sangat memerlukan banyak energi.

Buah mangga banyak memberikan kecukupan energi bagi tubuh karena terdapat mineral di dalam buah mangga.

Manfaat mangga untuk diet lebih diperjelas ketika para ahli mengemukakan bahwa dengan mengkonsumsi buah mangga perut akan terasa kenyang lebih lama.

Jika anda sedang melakukan program diet buah mangga bisa menjadi alternatif. Dengan cita rasa masam yang segar buah mangga mampu memanjakan lidah anda untuk segera menyantapnya.

Imbangi dengan pola makan yang baik seperti mengkonsumsi makanan sehat. Agar bisa menurunkan berat badan 1-2 kilo dalam waktu seminggu dengan melakukan diet mangga.

Di anjurkan untuk mengkonsumsi mangga sebanyak 1 buah per hari juga diimbangi dengan berolahraga.

Apakah buah mangga bikin gemuk?

Mangga yang memiliki rasa buah yang manis sangat digemari dan dicari banyak orang.  Selain itu mangga memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang melimpah.

Sekarang pertanyaannya apakah  buah mangga bikin gemuk karena memiliki buah yang rasanya manis?

Buah mangga justru sangat tepat membantu penurunan berat badan jika dikonsumsi dalam batas kalori tertentu.

Seorang ahli gizi Jasleen Kaur menjelaskan bahwa mangga bebas kolestrol, bebas lemak dan bebas garam sehingga dapat memberi nutrisi ekstra pada tubuh dengan cara yang sehat.

Buah mangga mengandung gula alami yang membuat anada aktif dan energetik. Buah ini mengandung vitamin C yang tinggi, dan serat membantu kadar kolestrol.

Jika anda kelebihan makan yang dapat membuat anda bertambah gemuk. Sama halnya jika kita mengkonsumsi buah mangga di atas kalori atau berlebih. Ini yang menyebabkan gemuk karena berlebihan mengkonsumsi buah mangga. Mengkonsumsi mangga setidaknya satu buah dalam sehari dan jangan sampai berlebihan.

Efek Samping Buah Mangga

Mengkonsumsi buah mangga secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini beberapa efek samping yang dapat timbul jika kita terlalu banyak mengkonsumsi buah mangga diantaranya:

1). Meningkatkan gula darah

Buah mangga mengandung fruktosa yang membuat rasanya manis. Mengkonsumsi buah mangga tersebut secara berlebihan dapat membuat seseorang yang mengkonsumsinya mengalami peningkatan kadar gula darah dan lonjakan insulin yang tidak di inginkan.

2). Iritasi

Mangga memiliki getah yang merembes keluar saat kita mengupas mangga. Hal ini dapat menyebabkan iritasi di tenggorokan. Setelah mengkonsumsi buah mangga sebaiknya jangan minum air dingin. Air dingin menyebabkan koagulasi getah, yang mengakibatkan iritasi lebih lanjut.

3). Mengalami alergi

Beberapa orang akan mengalami alergi saat mengkonsumsi buah mangga. Gejala dari seseorang yang mengalami alergi karena mengkonsumsi buah mangga adalah mengalami sesak nafas, sakit perut serta bersin. Jika sesak nafas mulai terasa sebaiknya hentikan untuk mengkonsumsi buah mangga. Gejala ini bisa terjadi jika anda mengalami alergi terhadap buah mangga.

4). Masalah pencernaan

Mengkonsumsi buah mangga secara berlebihan buah mangga bisa menyebabkan masalah pencernaan. Apalagi saat kita mengkonsumsi buah mangga muda mangga muda yang memiliki kadar keasaman yang tinggi.

jika kita makan berlebihan, perut akan sakit dan mulas akibat memakannya.

5). Memperparah penyakit maag

Seseorang yang punya riwayat penyakit maag, jika terlalu banyak mengkonsumsi buah mangga, baik itu mangga muda maupun matang dapat semakin parah.  Jika anda memiliki riwayat penyakit ini, maka sebaiknya membatasi jumlah mangga yang anda konsumsi.

Buah Mangga Untuk Asam Urat

Asam urat bukan hanya merasakan nyeri pada sekitar sendi. Akan tetapi peradangan sendi akibat penumpukan kadar asam urat yang memicu kerusakan sendi.

Seseorang yang sudah mengalami kerusakan pada sendi akan beresiko mengalami kelumpuhan atau bahkan cacat permanen.

Karena, selain mempunyai rasa yang manis, segar dan lezat ternyata di dalam buah mangga terdapat banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Dan beberapa jenis kandungan yang ada dalam mangga ini berkhasiat untuk penurunan kadar asam urat dan penyembuhan peradangan sendi yang terjadi.

Cara mengatasi asam urat dengan buah mangga sangat mudah. Anda bisa langsung mengkonsumsi buah mangga asli dengan kematangan yang cukup. Atau bisa juga anda mengolahnya menjadi berbagai jenis minuman termasuk jus mangga segar yang tidak ditambah dengan gula.

Tinggalkan Balasan