Khasiat Jambu Air

Khasiat Buah Jambu Air

Kandungan Jambu Air

Khasiat Jambu AirJambu air merupakan tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia. Semua orang tentunya tidak asing lagi dengan buah jambu yang memiliki kadar air yang tinggi ini.

Jambu Air Black Kingkong
Jambu Air Black Kingkong

Biasanya kita banyak melihat buah jambu air ini pada penjual lutis atau rujak, namun buah yang memiliki warna merah ini juga dapat dihidangkan di meja makan.

Jambu air merupakan buah yang berasal dari Asia Tenggara dan buah ini memiliki berbagai macam sebutan khususnya di Indonesia.

Apa saja ya sebutan dari buah jambu air ini?

Buah jambu air memiliki sebutan yang berbeda-beda di setiap daerah di indonesa.

Seperti di daerah Sulawesi Utara disebut dengan jambu aiea atau kumas, di Sulawesi Selatan disebut dengan jambu waelo dan disebut juga dengan jambu kancing, di Jawa Tengah disebut dengan jambu Wer dan lain sebagainya.

Baca Juga :

Berdasarkan ukurannya jambu air ini dibagi menjadi dua yaitu jambu air kecil (Syzygium aquaeum) dan jambu air besar (Syzygium samarangense).

Ternyata buah jambu air ini memiliki berbagai kandungan yang baik untuk tubuh.

Kandungan Yang Terdapat di Jambu Air

Apa saja ya? Nah berikut beberapa kandungan di dalam 100 gr buah jambu air dengan jumlah yang dapat dimakan 90%

Energi                         : 46 kilokalori

Protein                       : 0,6 gr

Karbohidrat              : 11,8 gr

Lemak                        : 0,2 gr

Kalsium                      : 8 mg

Fosfor                         : 9 mg

Zat besi                      : 1 mg

Vitamin A                  : 0 IU

Vitamin B1                : 0 mg

Vitamin C                  : 5 mg

Manfaat Jambu Air Untuk Ibu Hamil

Khasiat Buah Jambu Air
Khasiat Buah Jambu Air

Salah satu hal yang penting diperhatikan oleh ibu hamil yaitu menjaga kesehatan sewaktu hamil seperti mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Ketika sedang hamil seorang wanita membutuhkan nutrisi dua kali lipat bahkan lebih karena di dalamnya ada janin yang sedang tumbuh dan berkembang yang membutuhkan suplay nutrisi yang lebih banyak.

Buah-buahan termasuk ke dalam kategori jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil.

Mengapa?

Karena buah-buahan kaya akan kandungan nutrisi atau zat gizi yang penting untuk ibu hamil agar kehamilannya sehat.

Dengan mengkonsumsi buah-buahan tentunya akan membantu mencukupi segala kebutuhan nutrisi ketika hamil dan dapat mencegah berbagai resiko dalam masalah kesehatan.

Jambu air merupakan salah satu buah yang disarankan untuk ibu hamil.

Karena buah jambu air ini memiliki banyak kandungan nutrisi dan zat gizi yang bervariasi dan tentunya baik untuk ibu hamil.

Beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalam jambu air yaitu Thiamin, Riboflavin, Zat besi, Vitamin A, Vitamin C, Zinc, Magnesium, Niacin, Potassium, dll.

Dari berbaga kandungan nutrisi dan zat gizi dari buah jambu air tersebut, sehingga banyak khasiat yang dapat digunakan untuk ibu hamil.

Nah, berikut ini beberapa manfaat dari jambu air untuk ibu hamil.

  • Jambu air mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan mata ibu hamil serta dapat mengoptimalkan perkembangan mata janin
  • Mencegah dehidrasi ketika hamil
  • Mengatasi keluhan konstipasi
  • Menjaga dan melancarkan sirkulasi darah
  • Mengoptimalkan kecerdasan pada janin karena jambu air mengandung vitamin B3 dan vitamin B6
  • Mengatasi masalah pencernaan atau sembelit ketika sedang hamil
  • Memelihara kesehatan dan fungsi pembuluh kapiler
  • Mengatasi bengkak dari beberapa bagian tubuh ketika hamil

Manfaat Jambu Air Hijau

Khasiat Jambu Air Hijau
Khasiat Jambu Air Hijau

Jambu air hijau merupakan salah satu jenis jambu air yang banyak ditemukan di Indonesia dan memiliki rasa yang manis.

Buah dengan kandungan air yang tinggi ini dapat ditanam dengan mudah di halaman rumah atau pekarangan rumah, bahkan bisa juga ditanam di dalam pot.

Jenis buah jambu air ini juga memiliki berbagai macam kandungan nutrisi dan zat gizi yang baik untuk tubuh.

Kandungan nutrisi di dalamnya tidak jauh berbeda dengan kandungan buah jambu air lainnya. Beberapa kandungan tersebut meliputi serat, antioksidan, vitamin C, Vitamin A dll.

Buah jambu air hijau ini sangat cocok jika dikonsumsi langsung.

Namun jika anda ingin memakan buah ini dengan cara yang berbeda dapat dikonsumsi sebagai campuran rujak, salad buah, asinan bahkan dapat juga dikonsumsi sebagai juice.

Adapun beberapa manfaat jambu air hijau untuk kesehatan tubuh.

  • Menjaga kesehatan pencernaan

Buah jambu air hijau ini mengandung banyak serat sehingga dapat melancarkan pencernaan, pencegahan terhadap sembelit sekaligus solusi untuk diare.

  • Mengontrol kolesterol

Kandungan vitamin dan mineral serta kadar air yang tinggi dapat mengontrol kadar kolesterol tinggi dalam darah. Jika kadar kolesterol dapat terkontrol dengan baik maka beberapa penyakit seperti stroke dan penyakit kardiovaskular dapat dicegah.

  • Menangkal radikal bebas

Kandungan vitamin c yang ada di dalam buah jambu air hijau ini akan bekerja sebagai antioksidan untuk menangkal berbagai radikal bebas.

  • Menjaga kesehatan kulit

Selain enak dimakan buah jambu air hijau ini dapat menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin C dan air yang tinggi dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit seperti kulit kering, kerutan, jerawat, flek hitam dll.

  • Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A di dalamnya dapat menjaga kesehatan mata. Selain itu dapat membantu mencegah masalah mata seperti katarak, degenerasi macula terkait usia, rabun dll.

Manfaat Jambu Air Putih

Manfaat Jambu Air Putih
Manfaat Jambu Air Putih

Jambu air merupakan salah satu dari beberapa jenis jambu yang memiliki kandungan air yang lebih banyak daripada jambu lainnya.

Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara ini dapat dengan mudah kita jimpai di pekarangan rumah warga.

Karena banyak kita temukan tanaaman jambu air ini di berbagai daerah di indonesia.

Jambu air ini dibedakan lagi menjadi beberapa jenis diantaranya yaitu jambu berwarna merah, jambu hijau dan jambu putih ketika sudah matang.

Buah jambu air ini memiliki rasa yang manis dan segar ketika dimakan.

Dan tahukah anda jika buah jambu ini memiliki berbagai kandungan dan khasiat didalamnya?

Nah berikut beberapa manfaat jambu air putih bagi tubuh kita.

  • Menyegarkan tubuh karena memiliki kadar air yang cukup tinggi hampir 93% dari keseluruhan buah
  • Melancarkan pencernaan karena tingginya kadar air dan adanya kandungan serat didalamnya yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena selain vitamin C, vitamin A dalam buah jambu air juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Khasiat Jambu Air Merah

Jambu air merah merupakan tanaman yang termasuk kedalam suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Asia Tenggara.

Buah jambu ini memiliki rasa yang manis dan segar dan cocok sekali untuk melepaskan rasa haus karena jambu air merah memiliki kandungan air yang banyak.

Selain nikmat untuk dimakan buah ini memiliki berbagai khasiat yang bagus untuk kesehatan karena mengandung berbagai nutrisi dan zat gizi didalamnya.

Kandungan yang ada di dalam buah jambu air merah ini diantaranya yaitu asam sitrat, serat, vitamin A, vitamin C, magnesium, kalsium, karbohidrat, zat besi, potassium, zink, riboflavin, thiamine dan beberapa zat penting lainnya.

Dengan berbagai kandungan didalamnya menjadikan buah ini memiliki khasiat yang banyak. Adapun beberapa khasiat jambu air merah untuk kesehatan yaitu sebagai berikut.

  • Mencegah dehidrasi

Buah ini termasuk kedalam buah yang banyak menandung air sehingga sangat baik jika dikonsumsi saat tubuh lemas, haus, capek dan juga dehidrasi.

Anda yang sedang menjalani diet juga bagus jika konsumsi buah ini karena kandungan serat didalamnya membuat rasa kenyang lebih lama.

  • Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan mineral dan serat pada buah jambu air ini dapat melancarkan sistem pencernaan seperti sembelit, diare dan susah buang air besar.

  • Menghilangkan bengkak

Ternyata jambu air juga berkhasiat untuk menghilangkan bengkak loh. Caranya mudah hanya perlu menghaluskan beberapa daging buah jambu air kemudian balurkan ke bagian yang bengkak.

  • Mencegah osteoporosis

Kalsium dan mineral yang terkandung dalam buah jambu akan memperkuat tulang sehingga dapat terhindar dari salah satu masalah tulang seperti osteoporosis.

  • Meningkatkan kemampuan kognitif

Menurut penelitian yang sudah dilakukan membuktikan bahwa jambu air merah dapat meningkatkan kemampuan kognitif.

Karena kandungan B kompleks di dalamnya akan diserap tubuh dan memberikan nutrisi pada jaringan saraf, otak dan juga tulang belakang.

Manfaat Jambu Air Untuk Diet

Masalah dari setiap orang saat ini yaitu kelebihan berat badan.

Sekarang ini banyak kita temui orang-orang yang kelebuhan berat badan yang disebabkan karena malas berolahraga bahkan juga karena diet yang tidak sehat.

Untuk menghindari masalah yang timbul dari kelebihan berat badan anda perlu memperhatikan bagaimana cara menurunkan berat badan yang benar.

Ada cara yang mudah dilakukan untuk menurunkan berat badan atau diet yaitu dengan cara mengkonsumsi buah jambu.

Mengapa jambu biji dapat dikonsumsi untuk diet?

Karena setiap orang yang diet memerlukan makanan yang mengandung serat dan didalam buah jambu air memiliki kandungan serat yang tinggi.

Selain itu, jambu air juga memiliki banyak kandungan nutrisi dan zat gizi didalamnya yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh.

Manisan Jambu Air

Apakah anda suka dengan buah jambu air?

Bosan menyantap buah jambu air yang manis dengan cara itu itu saja?

Nah sekarang anda tak perlu bosan lagi untuk menyantap buah yang manis dan segar ini.

Karena anda dapat mengolahnya menjadi beberapa makanan yang nikmat salah satunya yaitu diolah menjadi manisan.

Manisan jambu air ini dapat menjadi alternative untuk anda menikmati buah jambu air.

Anda juga bisa mendapatkan dengan mudah di berbagai tempat seperti pasar tradisional bahkan supermarket.

Namun anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Pada umumnya buah yang dapat diolah menjadi manisan yaitu buah yang memiliki tekstur padat dan keras seperti buah mangga muda, buah papaya, salak, ceremai, jambu air dll.

Jambu air ini memiliki tekstur permukaan yang menyerupai spons dan menjadikan buah jambu air ini sulit untuk diolah menjadi berbagai produk rumahan.

Namun, buah ini dapat dijadikan manisan yang lezat dan lembut. Mau tahu cara membuatnya? Berikut cara untuk membuat manisan jambu air.

Bahan yang diperlukan

  • 1 kg jambu air
  • ½ kg gula pasir
  • 1 liter air
  • 450 ml air matang
  • Garam secukupnya
  • 3 atau 4 biji cengkeh
  • Air jeruk nipis
  • 6 cm kayu manis
  • Kapur sirih

Langkah-langkah:

  • Cuci jambu sampai bersih kemudian potong jambu sesuai selera (tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar)
  • Rendam potongan jambu air tersebut kedalam air dengan dicamur kapur sirih
  • Nyalakan kompor lalu masak air yang dicampur dengan ½ kg gula pasir sampai menjadi larutan kental. Tambahkan juga cengkeh, kayu manis, garam dan air jeruk nipis lalu masak sampai mendidih
  • Angkat lalu biarkan larutan sampai menjadi dingin. Setelah dingin taruh larutan kedalam toples lalu diamkan semalam atau kira-kira 12 jam
  • Manisan jambu air sudah siap disajikan

Khasiat Daun Jambu Air

Daun jambu air merupakan salah satu jenis daun jambu yang sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Anda pasti tidak asing lagi dengan tanaman jambu air ini apalagi pada buahnya. Buah ini memiliki warna merah dengan rasa yang manis dengan perpaduan masam.

Kandungan gizi yang ada di dalam buah jambu air ini juga cukup tinggi. Apakah anda tahu jika daun jambu air ini memiliki banyak kegunaannya?

Ukuran dari daun jambu air cenderung Panjang dan sedikit lebih lebar dari daun lainnya.

Permukaan daun ini halus dengan ujung yang runcing serta memiliki aroma khas daun jambu pada umumnya.

Jika selama ini daun jambu air dibuang begitu saja maka mulai sekarang ada baiknya anda mengkonsumsi daun jambu air ini.

Karena daun jambu air memiliki kandungan didalamnya yang ampuh untuk meredakan berbagai jenis penyakit dan dapat menyehatkan tubuh anda juga.

Manfaat daun jambu air ini dihasilkan dari kandungan senyawa aktif yang dimiliki seperti fenolik, saponin, steroid dan lain sebagainya.

Adapun beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari daun jambu air yaitu.

  • Mengatasi diare

Daun jambu air dapat digunakan untuk mengatasi diare dengan cara mengunyah langsung daunnya setelah dicuci. Daun ini dapat membantu mengentalkan feses dan anda perlu menggunakan obat lain. Karena fungsi dari daun ini hanya mengentalkan feses bukan mengobati.

  • Mengatasi sakit gigi

Anda pernah sakit gigi? Ramuan daun jambu air ini dapat anda gunakan untuk mengatasi sakit gigi.

  • Mengatasi demam

Daun jambu air ini dapat digunakan untuk menurunkan suhu badan yang tinggi melebihi batas normal dengan cara melumatkan daun.

Lumatan daun tersebut kemudian direndam dengan air hangat dan dibuat untuk mengkompres.

  • Mengatasi gatal pada penderita cacar

Rasa gatal pada penderita cacar memang sangat menyiksa, untuk itu anda dapat mengatasinya dengan daun jambu air.

  • Mengatasi maag

Daun jambu air sangat baik untuk mengatasi naiknya asam lambung dan menjaga perut tetap nyaman serta terhindar dari rasa perih dan nyeri.

Jus Jambu Air

Selain diolah menjadi rujak atau manisan, buah berwarna merah ini juga dapat diolah menjadi jus.

Dengan rasa yang manis dan segar maka akan semakin nikmat, apalagi jika ditambah dengan es dan diminum ketika siang hari pada cuaca yang panas.

Apakah anda tahu bagaimana cara membuat jus jambu air?

Pasti semua orang tahu, karena cara membuatnya sama seperti membuat jus lainnya.

Kita akan semakin mendapatkan manfaat yang optimal untuk tubuh ketika jambu air di olah menjadi jus.

Cara Membuat Jus Jambu

Bahan-bahan yang diperlukan 100 gr jambu air, 1 bh lemon, madu, air, gula.

Nah untuk caranya bersihkan terlebih dahulu buahnya, belah dua bagian dan sisihkan bijinya.

Siapkan blender lalu haluskan dengan dikasih air sedikit. Karena jambu air banyak mengandung air sehingga mudah hancur.

Setelah itu tambahkan gula, madu dan perasan lemon. Ketika semua bahan sudah tercampur semua dan halus kemudian dapat kita saring.

Tujuannya untuk memisahkan sari buah dengan ampasnya. Jus siap disajikan.

Sisa ampas dari jus jambu tersebut dapat kita manfaatkan sebagai masker wajah.

Cara Membuat Masker Wajah Dari Jambu Air

Caranya campurkan sedikit minyak zaitun dengan ampas jus jambu air tersebut kemudian dapat dijadikan sebagai masker.

Dengan masker jambu air ini dapat mengencangkan kulit wajah, menghilangkan bekas jerawat sampai menekan kadar minyak berlebih pada wajah.

Manfaat Jus Jambu

Selain itu, jus jambu juga memiliki beberapa manfaat lain seperti mencegah dehidrasi, menjaga fungsi ginjal, mencegah diabetes, menyehatkan pencernaan, menjaga daya tahan tubuh, mampu mendetoks tubuh dan lain sebagainya.