Manfaat Belimbing Wuluh

Manfaat belimbing wuluh

Manfaat Belimbing Wuluh  – Belimbing wuluh ternyata memiliki begitu banyak manfaat yang baik bagi tubuh.  Meskipun harganya murah, namun dengan banyaknya manfaat yang dimilikinya, kita layak untuk mengetahuinya.

Siapa tahu menginspirasi kita untuk menanamnya sehingga bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk kesehatan dan kecantikan kita.

Manfaat belimbing wuluh
Manfaat belimbing wuluh

Kegunaan Belimbing Wuluh

Ternyata belimbing yang rasanya masam ini memiliki begitu banyak manfaat.  Dengan kandungan zat-zat gizi yang dimilikinya, maka belimbing wuluh juga dapat memberikan manfaat bagi tubuh ketika kita mengkonsumsinya.

Apa saja kegunaaan belimbing wuluh ini?

  1. Sebagai bumbu masak

Daerah Jawa Timur termasuk daerah yang banyak menggunaan belimbing wuluh untuk bumbu masak.  Rasanya yang unik dan masam alami seringkali digunakan untuk menyegarkan masakan.

Masakan yang memiliki tasa manis dan masam, sangat sedap dinikmati.

  1. Sebagai bahan baku pengobatan herbal

Kandungan vitamin C-nya yang tinggi membuat buah sayur ini cocok dijadikan bahan dasar meningkatkan imunitas tubuh secara alami.  Caranya bisa dengan mencampurkannya ke dalam masakan, atau membuat jusnya.

Beberapa jenis penyakit yang dapat dibantu penyembuhannya dengan belimbing wuluh antara lain batuk, demam, diabetes, dll.

  1. Untuk membantu menurunkan berat badan (diet)

Vitamin C tingginya yang ada di dalam buah sayur ini dapat membantu tubuh untuk meluruhkan lemak yang terdapat di dalam tubuh.  Dengan lemak yang berkurang jumlahnya, maka berat badanpun akan menjadi lebih ringan.  Disinilah fungsi belimbing wuluh untuk diet.

Meskipun demikian tentu saja perlu diimbangi dengan aktifitas olahraga yang sesuai supaya proses pembakaran lemak dapat terjadi

  1. Sebagai bahan untuk mendapatkan kecantikan secara alami

Bukan hanya untuk kesehatan, belimbing wuluh pun ternyata dapat membantu perempuan Indonesia untuk tampil cantik alami.

Menggunakan masker belimbing wuluh akan memberikan manfaat-manfaat baik untuk wajah.

Khasiat Belimbing Wuluh

Dengan banyaknya kegunaan belimbing ini menunjukkan bahwa khasiat buah sayur ini memang banyak.

Secara umum khasiat yang dapat diperoleh dari belimbing wuluh adalah sebagai anti oksidan, anti inflamasi, mengurangi peradangan, serta peningkat imunitas tubuh.

Khasiat tersebutlah yang menjadikan belimbing ini memiliki begitu banyak kegunaan dan manfaat.

Cara Mengobati Gondongan Dengan Belimbing Wuluh

Gandongan adalah infeksi pada saluran air liur yang disebabkan oleh virus.  Orang yang menderita penyakit gandongan biasanya pada lehernya akan bengkak sebagai akibat dari proses infeksi yang sedang berlangsung.

Salah satu yang menyebabkan terjadinya infeksi pada saluran air liur ini adalah karena penurunan daya tahan tubuh yang menjadikan badan mudah diserang virus.

Kondisi lingkungan serta stres yang tinggi seringkali menurunkan imunitas tubuh.

Belimbing wuluh dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi dapat membantu tubuh untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Dengan imunitas tubuh yang membaik, maka virus yang menyerang saluran air liur pun dapat dikalahkan dengan mudah.

Selain itu, fungsi belimbing wuluh yang anti peradangan juga menjadi salah satu alasan lainnya kenapa buah ini cocok untuk mengobati penyakti gandongan.

Caranya anda dapat mengkonsumsinya secara langsung dan mengunyah-ngunyahnya seperti makan biasa.  Atau bisa juga anda buah jus sehingga lebih segar.

Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Wajah

Bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan, ternyata buah sayur ini juga memiliki khasiat untuk kecantikan.

Dengan mengetahui khasiat alaminya untuk kecantikan wajah, maka kita bisa memanfaatnya untuk merawat wajah.

Belimbing wuluh ini memiliki kemampuan untuk menghaluskan wajah.  Kandungan vitamin C-nya yang tinggi akan mengurangi kerutan halus di wajah.

Vitamin C juga memiliki fungsi sebagai anti oksidan sehingga ia akan dapat meregenerasi sel-sel kulit wajah supaya lebih terlihat awet muda.

Untuk anda yang memiliki kulit berminyak seringkali bermasalah dengan jerawat yang muncul.  Nah, menggunakan belimbing wuluh sebagai masker wajah dapat membantu anda untuk menyembuhkan jerawat dengan cepat.

Tidak hanya menyembuhkan jerawat, menggunakan buah sayur ini sebagai masker wajah pun ternyata memberikan bonus untuk memutihkan wajah sehingga wajah akan terlihat lebih cerah.

Kemampuan lainnya juga ia dapat mengecilkan pori-pori di wajah yang membuat wajah terlihat tidak halus.  Pori-pori yang besar juga membuat kotoran lebih lama tinggal di wajah termasuk menimbulkan komedo di sekitar hidung atau dahi.

Dengan menggunakan masker belimbing wuluh, komedo-komedo yang membandel itu dapat dibantu dibersihkan.

Setelah memiliki wajah yang bersih, halus, putih dan bersinar, tentu saja masih diperlukan bibir yang merah merona dan segar.

Dan ternyata, belimbing wuluh ini pun dapat membantu mendapatkan bibir yang segar itu.

Caranya adalah anda tinggal mengoleskan belimbing wuluh ini di permukaan bibir, maka anti oksidan yang terdapat di dalamnya akan membantu anda untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membuatnya tampil lebih sehat.

Menarik bukan?

Sehingga kini lengkaplah sudah penampilan anda mulai dari wajah dan bibir dengan manfaat yang diberikan oleh si kecil segar ini.

Khasiat Daun Belimbing Wuluh

Jika di atas kita banyak membahas tentang buah belimbing wuluh, maka di bab ini kita akan membahas manfaat daunnya.

Jadi ternyata bukan hanya buahnya saja yang memiliki begitu banyak manfaat, daunnyapun ternyata memiliki manfaat yang tidak kalah banyaknya.

Apa sajakah manfaat daun belimbing wuluh?

Berikut ini manfaat yang bisa kita dapatkan dari belimbing ini :

  1. Bisa untuk mengurangi rasa sakit pada penderita reumatik

Penderita reumatik seringkali mengalami rasa sakit di persendiannya.  Menggunakan tumbukan daun belimbing wuluh dapat membantu mengurangi rasa sakit yang dirasakan.

Anda cukup mencampurkan tumbuhan daun belimbing dengan sirih kemudian oleskan pada bagian tubuh yang terasa sakit.  Maka ramuan ini akan dapat mengurangi rasa sakit yang dirasakan.

  1. Mengurangi batuk yang diderita

Batuk seringkali menjadi penyakit yang mengganggu karena sulit sembuh dan lama.  Beraktifitas dengan disertai batuk sangatlah tidak nyaman.

Tidak perlu khawatir, karena kita dapat menggunakan ramuan daun belimbing wuluh untuk membantu kita mengurangi intensitas batuk yang kita derita.

Caranya mudah, anda tinggal memetik daun buah ini beserta bunga dan buahnya, kemudian rebus hingga mendidih.

Air rebusan tersebut dapat anda minum untuk mengurangi intensitas batuk yang anda derita.

  1. Menurunkan demam

Demam yang terlalu tinggi dapat berbahaya.  Untuk itu diperlukan upaya untuk menurunkannya supaya efek bahayanya dapat dihindari.  Tumbukan daun belimbing wuluh ini dapat membantu menurunkan panas dengan meletakkannya di dahi.

  1. Membantu menjaga kadar gula bagi penderita diabetes

Meminum rebusan daun belimbing wuluh dapat membantu untuk menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil.  Hal ini akan sangat membantu penderita diabetes menjaga kesehatannya.

  1. Mengurangi pegal linu di badan

Dengan cara yang sama seperti untuk mengurangi rasa sakit pada penderita reumatik, maka badan pegal-pegal karena kecapekan juga dapat dikurangi dengan tumbukan daun belimbing wuluh.

  1. Mengurangi gatal-gatal di badan

Gatal-gatal di badan bisa disebabkan oleh banyak faktor.  Salah satunya adalah jamur.  Jamur yang menyebabkan badan gatal-gatal ini ternyata dapat di hilangkan dengan mengoleskan tumbukan daun belimbing wuluh pada bagian tubuh yang gatal.

  1. Mengobati bisul

Bisul seringkali muncul di bagian tubuh yang tidak diinginkan dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Apabila anda mengalami hal ini, maka anda dapat mencoba mengoleskan tumbukan daun belimbing wuluh ke bagian tubuh yang terkena bisul.

Rasanya memang biasanya agak perih, namun ia akan mempercepat proses penyembuhan bisul yang dialami.

Khasiat Bunga Belimbing Wuluh

Bunga belimbing wuluh memiliki khasiat dapat membantu proses pengobatan beberapa penyakit.  Beberapa diantaranya adalah untuk mengatasi obat batuk seperti yang telah diuraikan di atas.

Khasiat bunga belimbing wuluh yang lainnya adalah :

  1. Membantu mengurangi sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh radang tenggorokan.  Rasanya tidak nyaman dan dibeberapa kasus menyebabkan sulit menelan makanan.

Biasanya radang tenggorokan ini menjadi salah satu gejala flu yang mulai menyerang.

Meminum rebusan daun belimbing wuluh akan dapat mengurangi gejala sakit tenggorokan akibat radang.

  1. Mengurangi sesak akibat asma

Asma adalah penyakit saluran pernafasan yang mengakibatkan sesak nafas.  Ternyata rutin mengkonsumsi rebusan bunga belimbing wuluh dapat mengurangi gejala sesak nafas akibat asma ini.

  1. Mempercepat penyembuhan sariawan

Gunakan rebusan air bunga belimbing wuluh untuk berkumur di bagian sariawan.  Rasanya akan perih namun dapat membantu mempercepat pengeringan sariawan.

  1. Membantu mengobati bibir pecah-pecah

Bibir pecah-pecah terjadi karena ada panas dalam di saluran pencernaan.  Meminum air rebusan bunga belimbing wuluh dapat membantu mengatasi panas dalam.

  1. Membantu mengatasi gusi berdarah

Gusi berdarah bisa membahayakan.  Untuk bisa mempercepat penyembuhan gusi berdarah bisa dilakukan dengan mengkonsumsi vitamin C.  Dan bunga belimbing wuluh ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, sehingga dapat digunakan untuk membantu mengatasi gusi berdarah.

Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Kolesterol

Kolesterol sering menjadi penyebab begitu banyak penyakit.  Salah satunya adalah penyakit jantung.  Kolesterol adalah lemak jenuh yang mengendap di dinding pembuluh darah.

Adanya kolesterol yang mengendap di dinding pembuluh darah menyebabkan aliran darah menjadi kurang lancar.

Ketidaklancaran pembuluh darah ini menjadi pemicu berbagai penyakit seperti jantung koroner.

Yang menarik adalah, ternyata belimbing wuluh dapat membantu untuk meluruhkan lemak dan kolesterol jahat di dalam darah.  Kandungan flavonoid, saponin serta vitamin C yang terdapat di dalam belimbing wuluh dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Masker Belimbing Wuluh

Apabila di atas sering disebut-sebut tentang masker belimbing wuluh, maka tentunya anda akan bertanya-tanya, bagaimana sebenarnya cara membuatnya?

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat masker belimbing wuluh :

  1. Siapkah 4 buah belimbing wuluh
  2. Cuci belimbing wuluh hingga bersih
  3. Belimbing yang telah di cuci tumbuk hingga halus
  4. Campurkan 1 sdt garam dapur dalam tumbukan tersebut
  5. Aduk hingga merata
  6. Gunakan campuran garam dan belimbing wuluh tersebut untuk masker wajah. Tutup permukaan wajah kecuali mata dan lubang hidung dengan campuran tersebut.
  7. Biarkan selama 30 menit.
  8. Setelah 30 menit basuh wajah dengan air hangat dan bersihkan sisa-sisa masker.

Perhatikan saat menggunakan masker ini.  Pastikan bahwa wajah telah bersih dari sisa-sisa kosmetik sebelum menggunakan masker untuk menghindari adanya efek negatif pada wajah.

Yang perlu diingat pula, gunakan sesuai aturan, jangan terlalu sering karena justru dapat memberikan dampak buruk bagi wajah.

Tinggalkan Balasan