Manfaat Buah Melon

Manfaat Buah Melon

Kandungan Gizi Melon

Manfaat Buah Melon – Buah melon mengandung banyak nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Dalam 100gr buah melon terdapat beberapa gizi seperti :

  1. Karbohidrat 14,8 gr
  2. Protein 1,55 gr
  3. Lemak 0,5 gr
  4. Vitamin A 3300 IU
  5. Vitamin C 74,7 mg
  6. Potassium 546,7 mg
  7. Serat
  8. kalium
  9. Khasiat melon

Sebelum lebih jauh membahas mengenai buah melon, anda tentunya harus mengetahui manfaat atau khasiat yang ada pada buah melon itu sendiri.

Khasiat Buah Melon

Manfaat Buah Melon
Manfaat Buah Melon

Khasiat buah melon sebagai berikut :

  1. Mencegah naiknya tekanan darah, karena kandungan kalium yang berguna untuk menormalkan detak jantung sehingga dapat merasa lebih rileks.
  2. Melancarkan sistem pencernaan, karena kandungan air yang melimpah dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.
  3. Baik untuk wanita hamil. Anda bisa melihat penjelasan dibawah ini.
  4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  5. Manfaat buah melon untuk ibu hamil

Manfaat Buah Melon Untuk Ibu Hamil

Buah melon ternyata bisa untuk ibu hamil lho, apa saja manfaat yang ada didalam buah melon untuk ibu hamil ? Mari simak penjelasan dibawah ini.

  • Dapat mengatasi mual berlebih

Hal ini dikarenakan saat ibu hamil mengkonsumsi beberapa potong buah melon akan memberikan efek yang menyegarkan dan membuat perut sang ibu menjadi lebih nyaman.

  • Mencegah dehidrasi

Karena buah melon itu mengandung banyak air sehingga ibu hamil tidak akan merasa dehidrasi lagi dan ibu hamil memerlukan banyak air untuk mendukung proses perubahan metabolisme pada tubuh.

  • Menormalkan tekanan darah sang ibu hamil

Hal ini disebabkan karena buah melon mengandung banyak kalium. Kalium sendiri berfungsi untuk mengatur tekanan darah pada tubuh. Jika mengkonsumsi buah melon tekanan darah ibu hamil diharapkan akan stabil.

  • Mengatasi sembelit

Dengan adanya kandungan serat didalam buah melon bisa mengatasi sembelit, selain itu juga dapat membantu tubuh dalam penyerapan nutrisi sang ibu.

  • Mendukung proses pembentukan tulang dan gigi pada janin

Dengan adanya kalsium yang ada didalam buah melon maka dari itu buah melon bisa mendukung proses pembentukan tulang dan gigi pada janin.

Selain itu juga dapat membantu ibu hamil untuk mengurangi resiko kerapuhan tulang yang biasa terjadi pada wanita yang telah melahirkan anak.

  • Membantu pembentukan jaringan organ janin

Hal ini dikarenakan setiap 100 gr melon terdapat 0,5 fosfor yang berfungsi untuk membantu sang ibu pada saat proses persalinan berlangsung. Fosfor juga membantu memperbaiki fungsi jantung dan ginjal.

  • Membantu memproduksi sel darah merah

Hal ini dikarenakan melon yang mengandung zat besi dan zat besi itu sendiri fungsinya untuk memproduksi sel darah merah pada ibu hamil. Hal ini juga mencegah ibu hamil untuk mengalami anemia saat mengandung.

  • Mencegah pembekuan darah

Buah melon sangat berperan penting untuk mencegah pembekuan darah yang bisa mengakibatkan resiko keguguran atau cacat pada bayi.

  • Sumber dari vitamin B Kompleks

Hal ini dikarenakan buah melon membantu ibu untuk mempersiapkan semua jaringan asi yang kuat untuk bayi.

  • Sumber dari Vitamin C

Vitamin C sendiri brperan untuk membentuk sistem imun atau memperkuat sistem imun sang ibu agar terhindar dari berbagai jenis penyakit dan virus yang bisa saja menyerang ibu hamil.

  • Sumber dari Vitamin A

Vitamin A pada buah melon dapat membantu proses perkembangan kognitif pada bayi, mencegah berbagai kemungkinan lahir cacat pada bayi, dan berperan penting untuk pembentukan organ jantung, ginjal, mata, tulang dan paru paru janin.

  • Mencegah obesitas

Karena buah melon tidak mengandung kalori yang tinggi dan vitamin bisa mencegah kolesterol dalam darah yang bisa berakibat obesitas pada ibu hamil.

  • Membentuk sistem kekebalan tubuh

Karena buah melon mengandung karotenoid yang berfungsi untuk membentuk sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil dan juga janin, karotenoid juga dapat mencegah resiko kanker.

  • Melon mencegah stres

Hal ini dikarenakan melon mengandung superoksida yang membuat tekanan darah ibu hamil normal dan bisa membuat saraf menjadi lebih santai atau tidak tegang.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Melon?

Bolehkan ibu hamil mengkonsumsi buah melon? Jawabannya adalah boleh.

Karena buah melon kaya akan manfaat yang membantu ibu hamil mengatasi mual, stres, sistem kekebalan tubuh yang cenderung menurun, mengurangi resiko dehidrasi dan lain sebagainya.

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan

Manfaat Melon Untuk Kesehatan
Manfaat Melon Untuk Kesehatan

Apa saja si manfaat buah melon untuk kesehatan?

Berikut manfaat buah melon untuk kesehatan tubuh anda.

  1. Mengandung vitamin C
  2. Tinggi kandungan kalium
  3. Baik untuk yang sedang diet
  4. Mengandung banyak vitamin B6
  5. Baik untuk ibu hamil
  6. Baik untuk pencernaan
  7. Mencegah kanker dan meningkatkan sistem imun tubuh
  8. Dapat mengurangi stress
  9. Meringankan masalah haid atau menstruasi
  10. Dapat mencegah insomnia

Manfaat Buah Melon Untuk Diet

Untuk anda para wanita yang sedang menjalankan program diet anda perlu tahu bahwa buah melon juga bisa membantu anda dalam program diet yang sedang anda jalani lho.

Mengapa buah melon bisa membantu anda dalam program diet anda?

Mari kita simak penjelasan dibawah ini.

Buah melon selain menyegarkan juga bisa untuk membantu anda yang sedang menjalankan program diet. Karena kandungan buah ini rendah sodium, kalori serta lemak dan kolesterol bebas.

Selain itu, kandungan air yang banyak juga membantu anda untuk bisa kenyang lebih lama. Lalu berhubungan dengan rasa manis yang dihasilkan buah melon dapat mengurangi rasa ingin anda untuk mengkonsumsi makanan ataupun minuman manis.

Setelah mengetahui bahwa buah melon ini dapat membantu program diet anda, anda bisa mencobanya dan menerapkannya dengan mengganti cemilan anda dengan buah melon agar mendapatkan hasil yang anda inginkan.

Manfaat Buah Melon Untuk Kecantikan

Buah melon ternyata juga bisa untuk kecantikan lho, selain enak di untuk di konsumsi juga bisa untuk kecantikan, selain bisa menghemat biaya buah melon yang ukurannya tidak kecil bisa untuk kecantikan lho. Manfaat apa saja dalam bidang kecantikan?

Mari kita simak penjelasan dibawah ini.

  1. Menghilangkan dan mencegah jerawat

Buah melon bisa dijadikan masker wajah, selain bisa di konsumsi. Cara membuat masker wajah adalah dengan menghaluskan buah melon beberapa potong lalu campurkan dengan perasan jeruk nipis.

Setelah itu aplikasikan ke wajah anda dan diamkan selama kurang lebih 15 menit, setelah itu bilas dengan air hangat.

Saat anda mendiamkan selama 15 menit itu ada kemungkinan anda akan merasakan sensasi panas karena efek dari buah melon tersebut yang sedang dalam proses detox karena efek penggunakan make up anda.

  1. Mencerahkan kulit wajah

Kulit wajah yang cerah tentunya dambaan setiap wanita. Namun tidak semua wanita akan melakukan perawatan yang mahal bukan.

Saya disini memiliki cara yang mudah untuk mencerahkan wajah, yaitu dengan memakai masker buah melon yang dihaluskan dan dicampur dengan perasan jeruk nipis.

Anda bisa mendiamkannya selama kurang lebih 20 menit. Anda mengaplikasikannya hingga leher, agar anda tidak hanya mendapatkan wajah yang cerah. Namun merata hingga ke leher anda.

  1. Melembabkan kulit dan mencegah penuaan dini

Cara ini sedikit lebih berbeda karena untuk mencerahkan kulit wajah anda pertama-tama haluskan beberapa potong buah melon dan campurkan dengan 2 sendok madu lalu campurkan hingga rata dan aplikasikan ke kulit wajah anda.

Anda harus membiarkannya semalaman atau agar tidak mengotori kasur serta bantal yang anda pakai saat tidur anda dapat memijat pelan kulit wajah anda saat sudah diolesi masker melon selama kurang lebih 15 menit.

Lalu setelah itu bilas dengan air bersih.

  1. Menyehatkan rambut dan kulit kepala

Untuk menyehatkan rambut dan kulit kepada anda bisa melakukan dengan cara menghaluskan buah melon secukupnya lalu tambahkan 2 sendok madu dan oleskan pada kulit kepada dan rambut lalu pijat halus selama 15-20 menit.

Setelah itu lakukan keramas dengan shampo seperti biasa. Agar mendapatkan hasil yang memuaskan anda bisa melalukannya 3 kali dalam seminggu.

Melon Untuk Asam Lambung

Karena kandungan buah melon yang kaya akan antioksidan dan serat sehingga sangat efektif untuk mencegah refluks asam dengan cara mempertahankan kadar lendir dalam lambung.

Dan karena kandungan air yang melimpah pada buah melon dapat membantu tubuh untuk menurunkan kadar pH dalam tubuh.

Melon Untuk Bayi

Tentunya pasti anda bertanya-tanya, apakah bayi boleh untuk memakan buah melon?

Bukannya bayi itu hanya meminum asi?

Bayi boleh untuk mengkonsumsi buah melon pada usia 7-8 bulan pertama baru boleh diperkenalkan dengan makanan penunjang asi. Walaupun pada dasarnya tetap asi lah yang menjadi makanan pokok untuk bayi.

Lalu apa manfaat buah melon untuk bayi?

Mari simak penjelasan dibawah ini. Buah melon yang kaya akan vitamin akan membuat seorang bayi terpenuhi kebutuhan vitaminnya.

Selain vitamin buah melon juga bisa untuk menyehatkan mata, sebagai suplai antioksidan bayi, memiliki khasiat antiinflamasi, dan masih banyak lagi.

Jika anda ingin memberikan buah melon kepada sanga bayi tentunya anda harus memilih buah melon yang bebas dari pestisida.

Hal ini bertujuan agar apa yang dikonsumsi bayi anda selalu aman dan higienis. Pilihlah buah melon yang aromanya segar dan tidak terlalu matang atau lembek. Karena jika terlalu lembek lebih cenderung berkurangnya rasa manis yang ada pada melon tersebut.

Manfaat Melon Kuning

Kandungan Melon Kuning

Buah melon kuning memiliki kandungan gizi yang melimpah. Buah melon kuning mengandung protein, lemak, berbagai vitamin, fosfor, kalium, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, natrium dan juga air yang melimpah.

Beberapa Manfaat Buah Melon Kuning

Dengan kandungan tersebut, buah melon memiliki beberapa manfaat yaitu sebagai berikut.

  1. Menyehatkan mata, seperti halnya manfaat buah melon untuk bayi. Buah melon kuning bermanfaat untuk kesehatan mata anda.
  2. Regenerasi kulit, buah melon kuning ini karena mengandung asam folat maka bermanfaat untuk mencerahkan dan menunda penuaan. Dengan melepas sel kulit mati yang berasa didalam kulit.
  3. Bermaanfaat bagi perokok, mengapa demikian? Hal ini dikarenakan buah melon yang mengandung vitamin A. Yang sejatinya untuk para perokok aktif akan kehilangan banyak vitamin A. Maka solusinya dapat mengkonsumsi buah melon secara rutin.
  4. Meningkatkan daya imun tubuh, dengan adanya vitamin C yang ada pada tubuh, maka anda dapat meningkatkan daya imun tubuh dengan rutin mengkonsumsi buah melon kuning.
  5. Meringankan sakit pada saat menstruasi, dengan adanya kandungan air yang melimpah dan juga kandungan potasium yang dapat meredakan rasa sakit pada saat menstruasi.
  6. Manfaat kulit melon

Tak ketinggalan ternyata kulit buah melon juga bermanfaat untuk tubuh lho. Terutama bagi laki-laki. Karena dapat meningkatkan stamina serta daya tahan tubuh  dan kestabilan tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mudah merasa lelah dan letih.

Efek Samping Buah Melon

Buah melon selain memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita ternyata jika kita mengkonsumsinya berlebihan akan menimbulkan efek yang sangat merugikan bagi tubuh.

Seperti halnya semua yang berlebihan pasti tidak akan baik. Berikut beberapa efek samping yang ditimbulkan jika mengkonsumsi buah melon secara berlebihan.

  1. Menaikkan kadar gula dalam darah, hal ini disebabkan karena kandungan gula yang melimpah dalam buah melon.
  2. Mengganggu saluran pencernaan
  3. Menyebabkan diare
  4. Mengganggu sistem metabolisme tubuh
  5. Menghambat tubuh untuk menerima nutrisi dari sumber makanan lain.

1 tanggapan pada “Manfaat Buah Melon”

  1. Pingback: Buah Melon : Pengertian, Pohon, Bunga, Daun, Dan Jenis Melon

Tinggalkan Balasan