Manfaat Buah Pisang

Khasiat Pisang

Manfaat Buah Pisang – Pisang merupakan jenis berry yang berbentuk bulat dan lonjong serta memiliki warna kuning, hijau atau coklat dengan daging buah yang empuk dan pada umumnya manis.

Batang dari tanaman ini lunak karena tidak berbentuk kayu.

Khasiat Pisang
Khasiat Pisang

Kandungan Pisang

Pisang merupakan salah satu buah tropis yang disukai oleh banyak orang. Buah ini dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman.

Selain itu, buah pisang juga memiliki banyak kandungan di dalamnya yang baik untuk kesehatan tubuh.

Pada umumnya buah yang satu ini memiliki rasa yang manis serta tekstur dagingnya yang lembut.

Berikut beberapa kandungan yang terdapat di dalam buah pisang.

  • Karbohidrat

Salah satu energi utama bagi tubuh kita yaitu karbohidrat. Buah pisang dapat dijadikan alat untuk mengisi energi cadangan yang biasanya habis sebelum jam makan utama tiba.

Jadi jika anda merasa kekurangan energi maka dapat mengkonsumsi pisang sebagai gantinya.

  • Vitamin C

Perlu diketahui jika satu buah pisang mengandung 10 mg vitamin C yang setara dengan 15 % vitamin C pada tubuh kita. Vitamin C pada pisang dapat menjadi peningkat system kekebalan tubuh kita.

  • Potassium

Potassium merupakan zat yang dapat menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh serta dapat menjegah kram otot saat berolahraga.

Buah pisang terkenal dengan kandungan potassiumnya karena satu buah pisang dengan ukuran sedang mengandung 400 mg potassium.

  • Serat

Serat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk membantu melancarkan pencernaan. Satu buah pisang mengandung 3 gr serat.

Cocok untuk orang yang sedang diet karena dengan memakan pisang perut akan terasa kenyang lebih lama lagi.

  • Vitamin B6

Vitamin B6 dapat digunakan untuk menumbuhkan sel-sel baru. 35 % kebutuhan harian vitamin B6 dapat dipenuhi dengan vitamin B6.

  • Mangan

Tahukah anda apa saja yang dikandung oleh masyarakatt mengandung mangan. Kandungan mangan di dalam tubuh akan dibutuhkan untuk kesehatan tulan dan membantu proses metabolisme.

Setiap harinya orang dewasa memerlukan kandungan mangan sebanyak 1,8 sampai 2,3 mg.

Selain kandungan yang sudah disebut tadi, buah pisang mengandung nutrisi lain seperti magnesium, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin  5, folat, karoten, serta asam amino.

Namun kandungan tersebut tidak sebanyak kandungan yang sudah dijelaskan diatas.

Kalori Pisang

Kalori Pisang
Kalori Pisang

Buah pisang memiliki kebaikan yang banyak di dalamnya. Selain itu buah pisang juga merupakan buah favorit bagi para atlet.

Jarang yang mengetahui berapa banyak kandungan kalori yang ada di dalam buah pisang. Ternyata setiap buah pisang memiliki jumlah kalori yang berbeda-beda.

Jumlah kalori ini dipengaruhi oleh ukuran atau besarnya buah pisang. Semakin besar ukuran buah pisang maka semakin besar pula kalori yang ada di dalamnya.

Berikut kandungan kalori dari satu buah pisang yang sesuai dengan ukurannya:

  • 1 ekstra kecil (Panjang kurang dari 15 cm) berjumlah 75 kalori
  • 1 kecil (Panjang 15 cm – 17,5 cm) berjumlah 90 kalori
  • 1 sedang (Panjang 18 cm – 20 cm) berjumlah 105 kalori
  • 1 besar (Panjang 20 cm – 22,5 cm) berjumlah 121 kalori
  • 1 ekstra besar (Panjang 23 cm atau lebih Panjang) berjumlah 135 kalori

Tak perlu khawatir untuk Anda yang tidak bisa mengukur kalori buah pisang karena kandungan kalori dalam buah pisang berkisar 72 – 135 kalori. Tetapi rata-rata setiap buah pisang mengandung 100 kalori.

Baca Juga : Aneka Olahan Pisang

Khasiat Pisang

Buah pisang dapat digunakan sebagai sumber makanan karbohidrat alternative yang sehat selain nasi nasi. Pisang dapat menjaga perut tetap kenyang karena mengandung serat yang banyak.

Selain itu buah pisang juga cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang melakukan program diet karena memakan buah pisang dapat menjaga berat badan ideal serta dapat menurunkan berat badan.

Untuk lebih jelasnya berikut merupakan beberapa khasiat buah pisang yang bagus untuk kesehatan kita semua.

  • Menyehatkan jantung

Kandungan potassium yang tinggi di dalam buah pisang serta kandungan natrium yang rendah merupakan makanan terbaik untuk menjaga kesehatan jantung.

Jantung Sehat
Jantung Sehat

Dengan mengkonsumsi 1 buah pisang berukuran sedang dapat memenuhi 9 % kandungan potassium harian kita.

Sehingga sangat bagus untuk menjaga sel-sel tubuh kita agar berfungsi dengan baik, sebagai sumber energi serta untuk meningkatkan kontraksi otot (bisep) dan otot (jantung).

  • Meningkatkan imun tubuh

Mengkonsumsi satu buah pisang setiap hari dapat memenuhi 15 % kebutuhan vitamin C kita setiap hari.

Imunitas Tubuh Sehat Dengan Rutin Makan Pisang
Imunitas Tubuh Sehat Dengan Rutin Makan Pisang

Hal tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga system imun agar tetap prima atau sehat dalam melawan radikal bebas serta berbagai sumber penyakit.

  • Sebagai energi booster

Terkadang ketika kita melakukan aktifitas yang berat atau olahraga yang berat tiba-tiba kita merasa lapar. Nah Anda dapat memakan buah pisang karena dapat menambah energi dalam waktu singkat.

Pisang untuk boster energi
Pisang untuk boster energi

Terutama buah pisang hijau yang banyak mengandung gula serta karbohidrat, gula yang bersumber dari buah pisang akan langsung diserap oleh tubuh lalu masuk ke aliran darah.

Itulah yang menyebabkan pisang dapat menjadi sumber energi dalam waktu yang singkat.

  • Dapat membantu menurunkan berat badan

Kandungan serat soluble, insoluble serta pati resisten yang terdapat di dalam buah pisang dapat membantu menurunkan berat badan.

Kandungan serat soluble dapat memperlambat mencerna makanan, memperlambat rasa kenyang serta dapat mencegah gula darah naik.

Pisang untuk diet
Pisang untuk diet

Berbeda dengan serat soluble, serat insoluble sebagai sumber makanan bagi bakteri baik di dalam usus sehingga buang air besar akan menjadi lancar.

Sedangkan pati resisten berfungsi untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga berat tubuh akan menurun dan tubuh akan jadi mudah langsing.

  • Sebagai sumber nutrisi yang lengkap

Buah pisang banyak mengandung gizi vitamin esensial serta mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, mangan, zat besi, folat, niacin, vitamin B6, sampai riboflavin.

Semua kandungan tersebut berkontribusi besar dalam memaksimalkan fungsi tubuh serta menjaga agar tubuh tetap sehat.

  • Sebagai kecantikan

Selain untuk kesehatan tubuh, buah pisang juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan.

Pisang untuk kecantikan
Pisang untuk kecantikan

Seperti sebagai pelembab, mengontrol kelebihan minyak, mengatasi dan mencegah jerawat agar tidak datang lagi serta dapat menyamarkan bintik-bintik hitam atau bintik-bintik gelap dalam wajah.

Diet pisang

Wanita mana yang tidak mau memiliki tubuh yang langsing, pastinya semua mau dong. Semua wanita bahkan pria pasti menginginkan tubuh yang langsing dan ideal.

Buah pisang, salah satu buah yang menurut para ahli merupakan buah terbaik untuk menurunkan berat badan. Walaupun menurunkan berat badan itu bisa dengan berbagai cara.

Pemilihan makanan sehat yang tepat akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Selain itu untuk menjadikan diet sehat Anda perlu mengkombinasikan dengan cara olahraga secara teratur.

Pada intinya diet pisang ini mendororong Anda untuk makan buah saat lapar serta mengurangi porsi makan. Sebaiknya jika sedang diet tidak makan setelah jam 8.

Berikut beberapa panduan yang digunakan untuk diet pisang.

  • Sarapan

Salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan yaitu dengan mengubah gaya hidup dengan cara sarapan pagi dengan makanan yang sehat stiap paginya karena sarapan itu penting.

Diusahakan Anda makan setelah bangun tidur dalam waktu 30 – 60 menit agar pembakaran lemak dapat berjalan dengan maksimal.

Dengan sarapan Anda juga tidak akan merasa lapar di siang hari. Pilihlah makanan yang mengandung pati resistant sehingga dapat membantu anda tetap kenyang serta membakar lebih banyak kalori pada tubuh salah satu makanannya yaitu pisang.

Pisang yang mengandung pati resisten selain harganya yang murah dan rasanya yang lezat juga memiliki manfaat yng banyak untuk kesehatan seprti melancarkan pencernaan, membantu menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah stroke ringan, menyediakan energi, serta sumber magnesium yang baik.

Jika anda sedang melakukan program diet dapat memakan pisang dan minum air putih, tetapi buah pisang jangan dimasak atau dibekukan terlebih dahulu. Namun jika anda masih lapar anda dapat memakan makanan setelah menunggu selama 15 – 30 menit.

  • Makan siang dan makan malam

Untuk diet pisang anda dapat mengkonsumsi makanan apapun yang diinginkan. Namun tetap saja jangan terlalu kenyang, anda harus berhenti saat merasa kenyang sekitar 80 % dari kebutuhan makanan anda.

  • Makanan ringan

Bagi orang yang sedang melakukan program diet disarankan untuk memakan makanan ringan satu kali setiap siang dan sore.

Setiap siang dan sore merupakan satu satunya waktu dimana anda dapat mengkonsumsi makanan yang manis. Namun tetap saja jika anda sedang berdiet perlu menghindari es krim, susu serta produk olahan turunannya.

  • Tidur yang cukup

Diet dengan menggunakan pisang ini dapat memastikan anda untuk fokus pada waktu tidur. Cukup dengan 7 jam sampai 9 jam setiap malam.

Jika anda kelelahan akibat kurang tidur maka kemungkinan untuk makan makanan yang berlebihan dan mengkonsumsi makanan yang kurang sehat akan meningkat.

Sehingga akan menyebabkan berat badan anda bertambah.

Diet pusang meriUpakan salah satu teknik diet yang baik untuk diterapkan di dalam gaya hidup anda.

Ketika anda dapat menerapkan teknik diet pisang ini maka akan memiliki manfaat dan kesempatan yang baik dalam jangka waktu yang panjang untuk menurunkan berat badan serta dapat meningkatkan kesehatan anda.

Jadi anda tidak perlu melakukan diet yang ekstrim yang dapat mengganggu kesehatan anda sendiri.

Untuk yang menderita obesitas, diet pisang dapat menjadi solusi yang baik.

Tetapi anda perlu konsultasikan kepada dokter jika anda memikiki kondisi medis tertentu yang mungkin membuat anda tidak dapat untuk mengkonsumsi buah pisang.

Selain itu anda juga harus tetap berolahraga secara teratur untuk diet maksimal setiap hari. Sehingga dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Makan Pisang

Jika kita membicarakan tentang buah pisang pasti semua orang mengenalnya. Buah yang banyak ditemukan di indonesia ini merupakan buah yang pada umumnya memiliki rasa yang manis.

Ada beberapa orang yang mempercayai bahwa pisang dapat menurunkan berat badan. Karena pisang dapat membuat kita kenyang.

Mereka hanya memakan buah pisang pada saat sarapan pagi ataupun untuk cemilan saat mereka terburu buru untuk pergi ke kantor.

Pisang kaya akan kalium, kalsium serta serat yang dapat membabtu meningkatkan energi serta mengurangi rasa lapar.

Makan pisang setiap hari akan membuat tubuh kita bergetar dan memiliki banyak energi untuk beraktifitas setiap hari.

2 tanggapan pada “Manfaat Buah Pisang”

  1. Pingback: Aneka Olahah Pisang : Berbagai Kreasi Cara Membuat Makanan Dari Pisang

  2. Pingback: Pisang : Pengertian, Deskripsi, Nama Latin, Pohon, Jenis Pisang Di Indonesia

Tinggalkan Balasan