Pisang

Buah Pisang

Buah pisang merupakan buah yang mudah kita jumpai di berbagai tempat. Apalagi di pedesaan, Anda pasti akan menemukan pohon buah ini di sekitar rumah-rumah warga.

Buah dengan warna kuning ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Mengapa demikian? Karena ia dipercaya memiliki kandungan Karbohidrat, Vitamin B6, Vitamin C serta Potassium.

Pengertian Pisang

Pisang merupakan nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa dengan daun yang besar memanjang dari suku Musaceae.

Tumbuhan terna adalah tumbuhan dengan batang lunak serta tidak membentuk kayu.

Buah yang satu ini tersusun bertandan dengan kelompok yang tersusun menjari. Pada umumnya buah ini berwarna kuning ketika sudah matang. Tetapi ada juga yang berwarna merah, hijau, serta ungu.

Pisang Adalah

Buah ini merupakan buah yang sering dikonsumsi oleh masyarakat baik di kota ataupun pedesaan. Buah ini adalah jenis buah barry dengan bentuk yang bulat lonjong dan pada umumnya berwarna kuning, hijau ataupun coklat.

Selain itu daging buahnya empuk serta rasanya manis. Biji buah ini sangat halus jadi aman dimakan, tetapi ada juga biji yang besar.

Baca Juga : Manfaat Buah Pisang

Nama-Nama Pisang

Indonesia merupakan penghasil pisang terbesar di Asia Tenggara. Dan ternyata di Indonesia memiliki bermacam macam jenis.

Namun ada beberapa jenis yang menjadi komoditas unggulan sebagai berikut.

  1. Pisang Ambon

Jenis ambon ini ada dua jenis yaitu ambon lumut dan ambon kuning. Disebut pisang ambon lumut karena pisang ini berwarna hijau walaupun sudah matang, tetapi jika terlalu matang akan berwarna agak kekuningan dengan bercak coklat.

Pisang ambon

  1. Pisang Raja Bulu

Jenis ini sangat popular di Jawa, memiliki kulit yang tebal serta warna kulit kuning oranye ketika matang. Aroma dari jenis raja bulu ini harum.

Pisang raja bulu

  1. Pisang Raja Sereh

Jenis ini biasanya dikenal dengan pisang susu. Warna dari buah ini kuning kecoklatan dengan bintik-bintik hitam. Kulitnya tipis dan memiliki tekstur buah yang lembut, rasanya manis serta memiliki aroma yang khas.

Pisang raja sereh

  1. Pisang Barangan

Buah jenis barangan dikenal dengan sebutan buah pisang medan. Buah ini memiliki warna kulit kuning sampai kemerahan ketika matang dengan daging buah berwarna putih agak kekuningan,tidak berbiji, manis, kering serta beraroma.

Pisang Barangan

  1. Pisang Mas

Buah dengan warna kuning, mulus ini biasanya dihidangkan saat ada pesta atau hajatan dengan cara digantung dalam tandan.

Pisang Mas

  1. Pisang Mas Kirana

Bentuknya sama seperti jenis mas, tetapi ukurannya lebih besar serta lebih tahan lama jika dibandingkan dengan jenis mas yang cenderung mudah busuk.

Pisang Mas Kirana

  1. Pisang Nangka

Biasanya jenis ini diolah terlebih dahulu sebelum dimakan karena tekstur daging buahnya cenderung kenyal. Meskipun sudah matang kulitnya ini berwarna hijau.

Pisang Nangka

  1. Pisang Tanduk

Jenis tanduk sama seperti jenis nangka harus diolah terlebih dahulu sebelum di makan, kulitnya berwarna kuning dengan bintik-bintik hitam serta panjang buahnya mencapai 28 cm.

Pisang tanduk
Pisang tanduk
  1. Pisang Kepok

Jenis ini biasanya diolah dengan cara digoreng ataupun direbus.

  1. Pisang Cavendish

Kulit buahnya kuning mulus saat matang. Dagingnya lembut, padan dan berisi serta rasanya sedikit asam

Pohon Pisang

Pohon Pisang
Pohon Pisang

Siapa sih yang tidak tahu dengan pohon pisang.

Pohon dengan batang yang lunak dan tidak berbentuk seperti kayu serta memiliki daun yang besar memanjang.

Pohon buah ini banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Tingginya bisa mencapai 3 meter dan memiliki jantung yang merupakan bunga dengan warna merah keunguan.

Nama Latin Pisang

Nama latin dari buah ini yaitu Musa Paradisiaca. Dengan klasifikasi yaitu sebagai berikut: Kingdom (Plantae), Ordo (Zingiberales), Famili (Musaceae), Genus (Musa), Spesies (Musa Paradisiaca).

Deskripsi Buah Pisang

Buah ini merupakan buah yang popular di kalangan masyarakat.  Ia memiliki nama latin Musa Paradisiaca.

Bentuk buahnya bulat lonjong dengan rasa yang manis.

Pada umumnya buah ini memiliki warna kulit dengan warna kuning, tetapi ada yang berwarna hijau, ungu serta merah.

Tekstur dagingnya lembut serta memiliki biji yang sangat halus di dalamnya sehingga aman untuk dimakan.

Manfaat yang terkandung dalam buah ini bermacam-macam.

Kandungan yang terdapat di dalamnya juga banyak seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin D, potassium, fosfor dan masih banyak lagi.

Dengan kandungan yang banyak membuat buah ini baik dikonsumsi dan bagus untuk kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat dari buah  ini yaitu menjaga kesehatan jantung, membantu saluran pencernaan, menurunkan resiko penyakit kanker, menjaga kesehatan mata, meurunkan resiko gangguan ginjal serta menjaga kesehatan kulit.

Jenis Pisang

Pohon buah ini banyak tumbuh di Indonesia dan memiliki bermacam macam jenis dengan ciri khas masing-masing. Berikut merupakan jenis-jenis dari buah ini yaitu:

  1. Pisang raja molo

Buah jenis raja molo ini memiliki warna kuning kemerahan dan tidak berbiji. Dalam satu sisir biasanya terdiri dari 10-13 buah.

  1. Pisang kluai hong thong

Pelepah buah jenis ini berwarna merah jambu pucat. Ia ini mirip dengan pisang cavendish tetapi ukuran tandannya kecil.

  1. Pisang awak

Jenis awak ini bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan balita. Ketika sudah matang buah ini akan berwarna putih kekuningan.

  1. Pisang lampung

Buah jenis ini hampir sama dengan pisang mas, yang membedakan yaitu ujung dari buah jenis lampung ini yang lancip.

  1. Pisang raja uli

Buah ini masih satu spesies dengan jenis raja, cocok untuk olahan makanan karena rasanya yang manis serta aromanya yang harum.

  1. Pisang genderuwo

Dinamakan generuwo karena buah ini memiliki warna merah agak hitam dan buahnya besar. Nama asli dari buah jenis ini yaitu potho merah.

  1. Pisang kidang

Warna dari buah ini merah jingga dengan rasa manis dan aromanya yang harum. Buah kidang ini memiliki kulit agak tebal serta warna daging kuning agak putih atau crime serta memiliki 6 sampai 8 sisir tandan.

  1. Pisang badak

Jika sudah matang buah ini akan berwarna hijau kekuningan. Kulit buahnya yang tebal dan bentuk buahnya melengkung sedikit dengan ujung yang lancip.

  1. Pisang tongkak langit

Buah jenis ini banyak di temukan di daerah Maluku. Yang membuat unik dari buah ini yaitu karena tandannya menuju ke atas menjulang ke langit serta berukuran besar.

Masyarakat Maluku mempercayai bahwa buah ini sebagai buah kehidupan atau obat yang mujarab.

  1. Pisang kapas

Cocok sekali jika diolah menjadi makanan yang lezat. Ukuran dari buah kapas ini sedang serta memiliki kulit yang cukup tebal. Akan lebih nikmat jika buah jenis ini diolah menjadi gorengan, keripik dan lain sebagainya.

Pisang Uli

Jenis uli merupakan salah satu jenis raja. Bentuk dari buah ini bulat memanjang dengan ujung berwarna hijau serta lancip.

Kulitnya berwarna kuning kemerahan jika sudah matang. Daging buahnya juga memiliki warna kuning kemerahan dengan rasa yang manis serta aroma yang harum.

Panjang buah raja uli ini berkisar 15 sampai 18 cm. Sedangkan untuk beratnya berkisar 75 sampai 100 gram perbuahnya.

Setiap tandan jenis uli ini memiliki kurang lebih 100 sampai 160 buah dan setiap tandan kurang lebih ada sekitar 5 sampai 8 sisir.

Pisang Ambon

Jenis ambon merupakan salah satu buah yang sangat mudah kita temukan dipasaran. Pohon buah ini banyak tumbuh di daerah beriklim tropis.

Jadi tidak heran jika kita dengan mudah mendapatkan atau menemukan pisang di Indonesia. Rasa dari buah ambon yang enak membuat buah ini digemari oleh semua kalangan mulai dari bayi sampai orang dewasa.

Jenis ambon memiliki ciri ciri warna seperti pada umumnya yaitu warna kuning ketika sudah matang. Jika belum matang berwarna hijau.

Panjang dari buah pisang ambon yang sudah matang mencapai 25 cm. Bentuknya panjang dan bulat serta ujungnya yang lonjong dan agak lancip.

Kulit dari buah ambon ini agak tebal dan ketika sudah matang rasanya akan manis. Sehingga banyak orang yang menyukainya.

Pisang ambon lumut

Secara fisik bentuk dari ambon lumut ini lurus dengan pancang buah berkisar 15 – 17 cm dan dengan diameter sekitar  42 mm.

Uniknya walaupun sudah matang tetapi buah ini tetap saja berwarna hijau seperti tumbuhan lumut.

Namun jika buah jenis ini terlalu matang maka akan berubah menjadi kekuningan dengan bercak coklat disekitar buah. Selain itu ambon lumut ini memiliki aroma yang harum serta tanpa biji.

Buah ini memiliki rasa yang manis jadi sangat cocok untuk diolah menjadi makanan misalkan untuk membuat kue atau apa saja. Bisa juga sebagai hidangan penutup.

Pisang ambon kuning

Pisang ambon memiliki beberapa jenis salah satunya yaitu ambon putih. Dari beberapa jenis ambon, ambon kuning ini merupakan jenis yang memiliki ukuran jauh lebih besar.

Bentuk dari ambon kuning ini melengkung ke atas dengan kulit yang tipis. Ketika sudah matang daging buah akan berwarna kuning putih sedikit kemerahan.

Pohon ambon kuning dapat menghasilkan kurang lebih sebanyak 129 buah dalam satu tandan. Jika dibandingkan dengan jenis ambon yang lain hasil dari pisang ambon kuning terbilang cukup banyak.

Harga pisang ambon

Pisang merupakan salah satu buah yang menjadi komoditas pertanian yang banyak digemari oleh masyarakat.

Harga buah ini juga bervariatif sesuai dengan jenisnya. Biasanya di Indonesia buah ini diolah menjadi berbagai macam makanan ringan seperti pisang goreng, keripik pisang dll.

Harga buah ini dari berbagai daerah berbeda-beda. Jika anda suka ke pasar tradisional maka anda akan menemukan berbagai jenis buah ini disana.

Selain di pasar tradisional anda juga dapat menemukannya di supermarket, swalayan dan minimarket. Sekarang ini ada juga yang dijual di toko online.

Harga buah ini akan berubah ubah sesuai dengan musim dan keadaan. Harga pisang ambon Rp 40.000 per sisir, pisang kapok Rp 30.000 per sisir, pisang susu Rp 10.000 per sisir, pisang raja Rp 15.000 per sisir, pisang nangka Rp 8.000 per sisir, pisang mas Rp 15.000 per sisir.

Pisang susu

Buah jenis susu ini merupakan salah satu jenis buah yang memiliki ukuran yang cukup kecil seperti jenis mas.

Jenis ini memiliki kulit yang tipis dengan warna kuning serta berbintik bintik hitam.

Daging buahnya berwarna putih agak kekuningan dengan aroma yang harum dan rasa buah yang manis.

Tidak berbeda dengan jenis lainnya, pisang susu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Mengapa bermanfaat untuk kesehatan?

Karena ia mengandung berbagai nutrisi di dalamnya seperti potassium, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin B6, vitamin C, magnesium, karbohidrat, zat besi, tembaga, asam folat serta kalsium.

Dengan mengkonsumsi buah ini secara rutin maka akan menghasilkan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Pisang lilin

Jenis lilin merupakan salah satu dari berbagai macam jenis di berbagai tempat.

Jenis buah ini memiliki bentuk yang panjang dan agak besar, biasanya diolah menjadi gorengan, keripik, kue, kolak  dan olahan lainnya.

Buah ini termasuk dalam jenis raja yang sering disebut dengan pisang raja uli.

Ukuran dari jenis lilin ini sam dengan jenis mas, yang membedakan hanya ujungnya saja. Buah ini bentuk ujungnya lebih runcing serta langsing.

Rasa dari buah jenis lilin ini masam meskipun matang di pohon. Selain itu kulitnya terlalu tebal tetapi masih bisa dibuka walaupun dalam keadaan terlalu matang dan tandannya panjang.

Pisang kapas

Jenis kapas merupakan buah local yang mudah untuk ditanam serta tumbuh subur hampir di semua jenis tanah yang ada di berbagai tempat.

Ukuran dari buah ini sedang serta kulit buah yang cukup tebal. Tidak cocok dikonsumsi secara langsung meskipun  sudah matang.

Jika dimakan secara langsung maka akan terasa sepat dan rasanya tidak terlalu manis.

Buah jenis kapas  ini perlu diolah terlebih dahulu sebelum dimakan agar lebih nikmat.

Contohnya dapat dibuat menjadi gorengan atau dapat juga direbus.

Pisang berlin

Jenis buah berlin atau yang biasa disebut dengan berlian merupakan jenis buah meja dengan ukuran yang kecil.

Jenis berlin dengan Jenis emas hampir sama, yang membedakan yaitu warna kulit dan bentuk ujung dari buah tersebut.

Jenis buah ini memiliki kulit yang hijau kekuningan serta ujung buah yang lebih lancip daripada jenis emas. Selain itu, rasa dari jenis berlian ini berasa manis asam.

Bisa dimakan secara langsung tetapi bisa juga diolah menjadi makanan ringan seperti sale dan lain sebagainya.

Pisang siam

Pisang siam atau awak merupakan buah yang terkenal di Indonesia serta di Amerika.

Seperti buah pisang pada umumnya bahwa warna buahnya yang belum matang yaitu berwarna hijau serta di setiap tandan terdapat 10 sisir. Setiap sisir biasanya terdapat 16 buah.

Ujung dari buah ini runcing dan ketika ketika dikupas juga bentuknya runcing, sedangkan kulit buah tidak tebal juga tidak tipis. Untuk aroma buah ini tidak harum dan untuk rasa buahnya manis tetapi ada rasa asamnya.

Buah siam atau awak ini memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan seperti mengobati sakit lambung.

Kandungan di dalam buah jenis siam ini banyak sehingga dapat mencegah serta mengobati berbagai penyakit seperti liver, system pencernaan serta anemia.

Baca Juga : Aneka Olahan Pisang

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

1 tanggapan pada “Pisang”

  1. Pingback: Aneka Olahah Pisang : Berbagai Kreasi Cara Membuat Makanan Dari Pisang

Tinggalkan Balasan